Minggu, 19 September 2021
Minggu, 19 September 2021
spot_img

Fitur Terbaru Honda PCX 160, Intip Berbagai Keunggulannya

Honda PCX 160 kini telah hadir di Jepang untuk menggantikan Honda PCX 150 sebagai pendahulunya. Fitur terbaru Honda PCX 160 ini sangat menarik untuk dibahas.

Lantas fitur apa yang membedakan antara Honda PCX 160 dengan Honda PCX 150? Mungkin saja akan sama dengan versi Indonesia.

Fitur Terbaru Honda PCX 160

Desain

Ya, fitur terbaru pada Honda PCX 160 adalah desainnya. Secara umum desain Honda PCX tetap memiliki kesan yang elegan yang khas bahkan tampilan terbarunya tampak semakin atraktif.

Mesin

Selanjutnya, pada mesin pun terdapat pembaruan. Pembaruan pada bagian ini tentu sangat penting, Honda PCX 160 menggunakan All New Enginge berkode KF47E.

Baca Juga: Yamaha NMAX 160 versi 2021, Seperti Apa Spesifikasinya?

Mesin skuter matic ini menggunakan mesin eSP+ degan kubikasi sebesar 156,9 cc SOHC 4 Klep. Hal ini tentu berbeda dengan Honda PCX 150 yang menggunakan mesin dengan kubikasi 149 cc SOHC 2 klep.

Klaim dari penggunaan mesin eSp+ 156,9 cc 4 klep tanpa VTEC ini yaitu mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 16,0 HP pada 8500 rpm dan torsi maksimal pada mesin hingga 15 NM pada 6500 rpm.

Pembaruan mesin sebagai salah satu fitur terbaru Honda PCX 160 membuatnya semakin bertenaga karena meningkatnya tenaga dan torsi lebih baik.

Segitiga Ergonomi

Fitur yang tak kalah penting yaitu segitiga ergonomi pada Honda PCX 160 juga memilliki pembaruan. Dengan rangka yang baru ini pengendara semakin nyaman, baik berposisi tegak maupun selonjoran.

Headlamp

Desain headlamp pada fitur terbaru Honda PCX 160 pun tetap berkesan agresif, apalagi dengan penggunan DRL bersusun yang unik seperti boomerang. Low beam atau lampu dekat berposisi ganda pada bagian kanan dan kiri. Adapun hi beam atau lampu jauh pada motor ini masih menyatu dengan headlamp tengah.

Stoplamp

Tak hanya headlamp saja yang diperbarui, melainkan juga stoplamp atau lampu rem Honda PCX 160 telah diperbarui. Desain dari stopmlamp pun tentu khas bergaya ikonik apalagi jika terlihat langsung dari belakang.

Rem Depan

Sistem rem depan yang terpasang pada Honda PCX 160 versi jepang menggunakan sistem ABS Single Channel. Ini berarti bahwa roda depan saja yang memiliki rem cakram yang dijepit kaliper nissin 2 piston pada bagian kiri.

Baca Juga: Skutik Roda 3 Kymco Hadir dengan Fitur Serba Canggih

Tidak menutup kemungkinan Honda PCX 160 versi Indonesia akan hadir dengan sistem Non ABS, melainkan dengan sistem CBS (Combined Brake System) dengan rem depan menggunakan 3 kaliper nissin 3 piston.

Perbedaan yang cukup mencolok terletak pada velg dengan desain palang 10. Hal ini tentu membuat velg depan lebih lebar dan lebih keren.

Rem Belakang

Soal rem belakang ternyata skuter matic maxi ini menggunakan rem cakram yang dijepit dengan kaliper 1 piston nissin piston besar.

Meski velg depan sudah ada perbaruan menjadi lebih lebar, ternyata velg belakang lebih lebarlagi sehingga membuat motor semakin seimbang terutama ketika pengendara melakukan manuver.

Fitur HSTC

Honda PCX 160 versi Jepang mengusung fitur berupa turunan dari Honda SH150 dan Honda Forza 250. Fitur turunan tersebut berupa Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang berfungsi untuk mengurangi selip ketika akselerasi walau di medan jalan yang licin.

Tentunya fitur terbaru Honda PCX ini tetap unggul, karena fitur ini dapat hidup atau mati sesuai dengan kebutuhan. Fitur ini mampu menolong pengendara apabila terjebak dalam kondisi yang tidak diharapkan seperti terjebak dalam rumput, lumpur maupun hal lainnya.

Remote Keyless

Skuter matic ini masih mengusung fitur lama seperti fitur smart keyless. Meski demikian, fitur ini menggunakan remote jenis terbaru yang memiliki 2 tombol.

Belum ada informasi mengenai penyematan fitur alarm, namun demikian fitur ini dirasa masih akan ada beserta dengan immpobilizer.

Speedometer

Perubahan desain pun terjadi pada speedometer, namun tanpa tachometer. Fitur pada speedometer pun semakin lengkap dengan dilengkapinya indicator aki dan beberapa indikator lain. Tambah nyaman dengan adanya indikator lampu sein yang dibuat lebih lebar sehingga mudah dipantau.

Itulah beberapa bahasan mengenai fitur terbaru Honda PCX 160 yang semakin unggul. Motor maxi ini sudah mendaparat di Thailand, harganya jika dalam rupiah Rp 40 jutaan. (GaluhID/Dianti Rahayu)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
274PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan