Selasa, 22 Juni 2021
Selasa, 22 Juni 2021
BJB

Idul Adha, Bupati Ciamis Ingatkan Teladan Nabi Ibrahim

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Bupati Ciamis mengatakan, perayaan Idul Adha mengingatkan teladan pengorbanan para Nabi. Salah satunya pengorbanan Nabi Ibrahim atas ketaatannya kepada Allah swt.

Menurutnya, Idul Adha mengajak umat islam untuk menjalin hubungan baik antar sesama. Terutama masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan.

Baca Juga: Idul Adha Tanpa Sampah di Ciamis, Daging Kurban Tak Pakai Kantong Plastik

Makna kurban memberikan pelajaran kepada umat muslim untuk taat kepada Allah SWT dan meningkatkan kepekaan dalam membantu sesama.

“Makna kurban memberi kita pelajaran. Untuk taat kepada Allah SWT. Mengingatkan untuk saling berbagi. Meningkatkan kepekaan untuk membantu sesama,” ujar Herdiat, usai salat Ied, Jumat (31/7/2020).

Herdiat juga mengatakan, pemerintah daerah (pemda) dituntut untuk pengorbanan kepada masyarakat demi keberhasilan pembangunan di Kabupaten Ciamis.

”Semoga kita dikuatkan dalam membangun Ciamis lebih baik lagi,” kata Herdiat.

Pemerintah Kabupaten (pemkab) Ciamis menggelar shalat Ied 1441 Hijriah secara berjamaah di Lapang Tenis belakang Pendopo Bupati Ciamis, Jumat (31/7/2020).

Pelaksanaan shalat Ied berjamaah dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Ciamis beserta keluarga, dan pejabat di lingkungan Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis.

Idul Adha Digelar di Masa Pandemi

Perayaan hari raya kurban dilaksanakan umat islam meskipun di masa pandemi yang menimpa di berbagai pelosok dunia.

Ketua penyelenggara pelaksanaan shalat Idul Adha Toto Marwoto menerangkan, shalat Ied dilakukan di lapang tenis. Karena saat ini di Ciamis masih dalam masa transisi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Hal itu sesuai dengan edaran Bupati Ciamis nomor 461.661-Kesra yang menyatakan tidak diselenggarakan Shalat Idul Adha 1441 H di tingkat Kabupaten Ciamis.

Edaran tersebut juga meniadakan pelaksanaan shalat Ied di Masjid besar Kecamatan yang terletak di pinggir jalan raya. Atau yang berpotensi didatangi jamaah dari luar.

Toto juga mengingatkan untuk tidak menganggap enteng pandemi Covid-19. Masyarakat harus tetap waspada dengan mengikuti pedoman protokol kesehatan dan jaga jarak aman.

”Pandemi ini jangan dianggap enteng. Tapi kita harus waspada. Tetap patuhi protokol kesehatan dan jaga jarak aman,” kata Toto, yang juga menjabat sebagai Plh Sekda Kabupaten Ciamis. (GaluhID/Evi)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

Temukan Kami

47,551FansSuka
254PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan