Senin, 26 Juli 2021
Senin, 26 Juli 2021
BJB

Idul Adha Tanpa Sampah di Ciamis, Daging Kurban Tak Pakai Kantong Plastik

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Dalam pelaksanaan Idul Adha tanpa sampah di Ciamis, pemkab mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan kantong plastik saat pembagian daging kurban.

Sebagai alternatif, pembagian daging kurban dapat menggunakan wadah dari daun maupun besek.

Penggunaan wadah yang dapat dikomposkan tersebut sebagai upaya pengurangan sampah plastik.

Kebijakan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) No 658.1/1032-DPRKPLH.03 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha tanpa sampah.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Gubernur Jabar Sarankan Jual Beli Hewan Kurban Secara Online

Edaran yang ditandatangani Bupati Ciamis tanggal 28 Juli 2020 tersebut menindaklanjuti SE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tanggal 16 juli 2020 No SE.8/PSLB.3/PS/PLB.0/7/2020.

Kebijakan juga merujuk SE Menteri Agama RI No 18/2020 tentang penyelenggaraan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban 1441 H/2020. Menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19.

Idul Adha Tanpa Sampah di Ciamis

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar pelaksanaan hari raya Idul Adha bebas tanpa sampah di Ciamis, sebagaimana tertuang di dalam Edaran Bupati Ciamis.

Edaran tersebut mengimbau dan mengajak kepada seluruh panitia pembagian daging kurban untuk tidak menggunakan kantong plastik saat pembagian daging kurban.

Tak hanya panitia, masyarakat juga diimbau tak memakai kantong plastik untuk digunakan sebagai wadah daging kurban.

Masyarakat diimbau untuk membawa wadah sendiri yang dapat dipakai ulang untuk mewadahi pembagian daging kurban.

Daging Kurban Bisa Pakai Daun atau Besek

Alternatif yang dapat dipergunakan sebagai wadah daging kurban adalah dengan menggunakan daun, seperti daun pisang atau daun jati. Kemudian menggunakan wadah anyaman bambu (besek).

Masyarakat juga dapat memakai wadah lain yang tersedia di masing-masing daerah, yang dapat digunakan ulang atau dapat dikomposkan dan tidak menimbulkan sampah plastik.

Panitia pembagian daging kurban menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan sampah, seperti tempat sampah terpilah, di lokasi pelaksanaan Idul Adha dan pembagian daging kurban.

Kemudian melaksanakan pengumpulan, pengangkutan sampah di lokasi pelaksanaan salat Idul Adha dan pembagian daging kurban.

Selain itu, menyediakan satuan tugas (satgas) khusus di lapangan, yang menangani sampah.

Satuan tugas khusus ini juga sekaligus sebagai tenaga kampanye dan edukasi publik dalam pengurangan sampah plastik. (GaluhID/Evi)

Artikel Lainnya

Loading...

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan