Minggu, 28 Februari 2021
Minggu, 28 Februari 2021
 
 

Jabar Bergerak Ciamis Beri Bantuan Sembako dan Wastafel

Berita Ciamis, galuh.id – Jabar Bergerak Kabupaten Ciamis melakukan aksi kemanusiaan dengan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak Covid-19. Senin (13/4/2020).

Bantuan tersebut diberangkatkan dari Gedung Pakuan Bandung yang berisi 2 jenis bantuan. Yakni, wastafel portabel dan paket sembako.

Sebanyak 5 wastafel portabel dan 100 paket sembako akan disebar ke beberapa titik di wilayah kabupaten Ciamis.

Pesan Cinta dan Kesetiakawanan

Ketua Jabar Bergerak Kabupaten Ciamis, Agus Irpan mengatakan, kedua jenis bantuan tersebut sekaligus membawa dua pesan penting.

Pertama, adalah pesan cinta. Kedua, adalah pesan kesetiakawanan.

Agus menerangkan, pesan pertama merupakan bukti cinta untuk masyarakat dari Atalia dan Ridwan Kamil, selaku bagian dari keluarga besar Jabar Bergerak.

Sementara pesan kedua, Jabar Begerak ingin menyampaikan pesan penting bahwa di saat penerapan Social Distancing, masyarakat tak boleh melupakan Social Solidarity (kesetiakawanan).

“Adanya social distancing tak lantas membuat kita lupa akan kesetiakawanan sosial,” terang Agus kepada sejumlah awak media.

Menurutnya, pandemi ini tak hanya sekedar memukul aspek kesehatan, tapi juga meruntuhkan kehidupan ekonomi sebagian besar warga Jawa Barat, terutama warga kelas menengah ke bawah.

“Melalui bantuan sederhana ini, kita ingin menginisiasi warga agar warga punya kepedulian pada sesama,” sambung Agus.

Semua bantuan tersebut, kata Agus, bukan berasal dari APBD, melainkan dana hasil penggalangan donasi yang dikumpulkan dari sejumlah dermawan.

Rencananya, bantuan sembako akan diberikan kepada warga yang kesulitan atau pendapatannya berkurang akibat terdampak corona.

Mereka diantaranya tukang ojek, tukang becak, dan pedagang kaki lima.

“Kita coba beri sedikit perhatian kepada mereka yang kesulitan dengan kondisi yang ada saat ini,” tandas Agus Irpan.

Sementara untuk wastafel, akan dipasang di tempat-tempat umum. Seperti pasar, terminal, taman, dan alun-alun.

Jabar Bergerak sendiri merupakan organisasi nonprofit berbasis kemanusiaan yang telah banyak membantu isu-isu kemanusiaan, terutama dalam hal kebencanaan.

Sebagai organisasi nonprofit berslogan KolaborAksi, Jabar Bergerak sangat terbuka bagi semua pihak yang ingin bergabung dan memiliki dedikasi untuk berempati terhadap masyarakat luas.

Jabar Bergerak telah berdiri sejak tahun 2019 dan dipimpin oleh Atalia Praratya Kamil sebagai Ketua Umum. (GaluhID/Evi)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Tersapu Angin Kencang, Puluhan Rumah di Pamarican Ciamis Rusak

Berita Ciamis, galuhi.id - Hujan deras serta angin kencang dan petir di Pamarican Ciamis pada Sabtu (27/2/2021) sore mengakibatkan puluhan rumah rusak. FK Tagana Ciamis...

Di Puncak Jalumarat Ciamis, Pejuang Indonesia Intai Tentara Belanda

Berita Ciamis, galuh.id - Puncak Jalumarat di Ciamis menjadi saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia saat perang kemerdekan melawan penjajah Belanda. Berada di atas ketinggian Dusun...

PKH Shop di Ciamis Menjadi Salah Satu Upaya Untuk Lebih Mandiri

Berita Ciamis, galuh.id - PKH Shop di Ciamis merupakan salah satu upaya Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Ciamis untuk menjadikan KPM PKH lebih mandiri. Keluarga...

Temukan Kami

47,929FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya