oleh

Jalan di Banjarsari Ciamis Terancam longsor, Warga Minta Pemda Turun Tangan

Hubungi
 
 

Jalan di Banjarsari Ciamis Terancam longsor, Warga Minta Pemda Turun Tangan

Berita Banjarsari, galuh.id – Sebuah jalan yang berada di bibir anak sungai Cikaso, tepatnya di lingkungan Dusun Cibeureum, RT 34 RW 08, Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis terancam longsor.

Loading...

Jalan tersebut terancam longsor lantaran air sungai anak Cikaso debit airnya tinggi hingga menggerus badan jalan.

Ade Ngadri (51) warga setempat mengatakan, tingginya debit air anak sungai Cikaso mengakibatkan jalan yang berada di lingkungannya terancam longsor.

“Pada hari Sabtu kemarin, wilayah Banjarsari diguyur hujan deras. Sehingga debit air sungai Cikaso meninggi, bahkan meluap ke jalan yang mengakibatkan jalan di Dusun Cibeureum RT 34/08 ini tergerus derasnya air sungai,” ujarnya kepada Galuh ID, Kamis (5/3/2020).

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, jalan lingkungan ini ditutup untuk sementara waktu.

“Karena khawatir terjadi sesuatu hal, jadi jalan ini untuk sementara ditutup dulu. Lantaran kalau tetap digunakan sewaktu-waktu bisa membahayakan pengguna jalan. Coba kalau longsor, kan bisa berbahaya,” jelasnya.

Ia berharap, Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis segera turun tangan untuk menangani masalah ini.

“Saya berharap Pemda Ciamis melalui Dinas terkait segera menangani masalah ini dengan membuat Tebing Penahan Tanah ( TPT),” harapnya.

Sementara itu Tokoh Pemuda Cibadak, Gani Adam, menyebutkan, jalan lingkungan ini sudah terancam longsor sejak tahun kemarin. Pembangunan TPT pun sudah diajukan sejak tahun 2019.

“Mungkin akibat gerusan air terus-menerus, jadi rusak terparahnya di tahun ini,” katanya.

Sementara pembangunan TPT jalan tersebut, kata dia, akan direalisasikan pada tahun 2020.

“Alhamdulillah, informasi yang saya terima barusan saat dihubungi via telepon, dari salah satu petugas UPTD PUPR wilayah Banjarsari, ajuan pembuatan TPT akan direalisasikan tahun 2020 ini,” kata Gani. (GaluhID/Uus)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA