Jembatan Gantung Nyaris Putus, Warga Kertabumi Ciamis Rehab dengan Swadaya

Cijeungjing, galuh.id– Warga Dusun Nagrog, Desa Kertabumi, Cijeungjing Ciamis gotong royong merehab jembatan gantung yang nyaris putus dengan dana swadaya.

Gotong royong yang dimulai sejak Rabu (05/11/2019) ini murni menggunakan dana swadaya, karena kondisi jembatan yang sangat memprihatinkan.

Menurut penggagas rehab tersebut, Suhara, yang juga merupakan ketua RT 28, kondisi jembatan yang menghubungkan Desa Kertabumi dengan Desa Pamalayan ini kondisinya sudah rusak.

“Titian yang terbuat dari bambu sudah lapuk, dan kawat tumpuan bagian bawah sudah putus sehingga akan membahayakan bagi yang melintas,” jelas Suhara.

Jembatan gantung yang melintasi Sungai Cibuyut ini memiliki panjang 30 meter dan lebar 1,4 meter, dan taksiran biaya yang dibutuhkan sekitar Rp. 10 juta.

Menurut Suhara, biaya tersebut sebagian digunakan untuk membeli kawat sling baja kualitas ekspor dan tiang pancang menggunakan coran.

“Mengingat jembatan ini merupakan akses yang sangat penting karena menghubungkan 2 desa, maka kami pun berupaya dengan dana swadaya agar jembatan ini dapat kembali digunakan,” jelas Suhara.

Untuk waktu pengerjaan, menurut perkiraan akan memakan waktu selama 17 hari karena menunggu tiang pancang yang dicor kering.

Jembatan ini sering digunakan oleh warga, karena jika melalui jalan aspal untuk menuju Desa Pamalayan harus berputar dan memakan waktu.

Dengan jembatan yang menghubungkan wilayah RT 28 RW 13 , Dusun Nagrog, Desa Kertabumi dengan RT 39 RW 15 Dusun Majaprana, Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing.

“Semoga rehab ini berjalan lancar dan selesai sesuai dengan rencana awal, agar masyarakat kembali dapat menggunakan jembatan tersebut,” jelas Suhara. (GaluhID/YP)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,380FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Liverpool Juara Liga Inggris 2020, Setelah 30 Tahun Menanti

Berita Olahraga, galuh.id - Liverpool juara Liga Inggris 2020, Berkat hasil Liga Inggris pada Jumat (26/6/2020) dini hari WIB tadi, akhirnya merebut...

Wabup Ciamis Buka Turnamen Bola Basket Bina Pratama Tingkat Pelajar

Ciamis, galuh.id - Wakil Bupati Kabupaten Ciamis, Yana D Putra membuka secara resmi Turnamen Bola Basket Bina Pratama tingkat pelajar SMP dan...

Motor Honda Pispot C50: Motor Langka yang Diburu para Kolektor, Harganya Selangit

Berita Otomotif, galuh.id - Motor Honda Pispot C50 sampai C68 saat ini sedang dicari oleh para kolektor dan pecinta otomotif lainnya.

Kurangi Plastik, Pedagang Ayam di Lumbung Ciamis Gunakan Pipiti Sebagai Bungkus

Lumbung, galuh.id - Pedagang ayam di Lumbung, Kabupaten Ciamis menggunakan pipiti untuk bungkus ayam goreng atau ayam bakar yang mereka jual, apa...

Lantaran Sistem Zonasi, SMAN 3 Ciamis Kekurangan Murid Baru

Ciamis, galuh.id - Sistem zonasi yang diterapkan pemerintah untuk Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada awal ajaran tahun 2019 memberi dampak...