Sabtu, 8 Mei 2021
Sabtu, 8 Mei 2021
BJB

Karaha Bodas Tasikmalaya, Destinasi Wisata Alam dengan Perpaduan Menarik

spot_img

Berita Tasikmalaya, galuh.id – Karaha Bodas merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Tasikmalaya yang menyajikan pemandangan kawah putih yang memiliki kawah belerang dan air panas.

Asal mula kawah putih ini dari gunung api muda yang menghasilkan denomena solfator dan fumarole.

Sederhanyanya, fenomena alam tersebut memiliki potensi untuk menghasilkan panas bumi, jadi tak perlu heran jika di area wisata ini mencium bau belerang.

Keunikan dan Pesona Karaha Bodas Tasikmalaya

Hal yang menjadi perpaduan unik di obyek wisata Karaha Bodas yaitu suguhan pemandangan kebun pinus yang eksotis di sekitar area kawah putihnya.

Meskipun kawah yang biasa terkenalnya panas, namun pohon pinus yang berada area kawah tumbuh cukup rimbun.

Ternyata obyek wisata Karaha Bodas ternyata ada destinasi wisata lainnya yang bisa dikunjungi yaitu Talaga Bodas yang jaraknya terbilang cukup berdekatan.

Karena obyek wisata ini memiliki potensi untuk menjadi sumber panas bumi, maka Pertamina Geothermal pun menjadi pengelola.

Area kawah Karaha Bodas Tasikmalaya, terdapat sumber air panas yang dapat digunakan untuk sekedar mencuci muka atau merendam kaki.

Kegiatan tersebut seolah terapi sambil menikmati pemandangan di sekitarnya yang begitu eksotis.

Lokasi

Objek wisata karaha bodas berlokasi di Desa Kadipaten, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya.

Untuk mencapai lokasi tersebut, jalurnya adalah jalur Tasikmalaya yang menuju ke arah Nagreg dan langusng memasuki Kecamatan Kadipaten.

Patokannya, yaitu pada papan yang bertuliskan Pertamina Geothermal yang kemudian masih harus menempuh jarak sekitar 5 KM untuk mencapai obyek wisata Karaha Bodas.

Setelah memarkir kendaraan, pengunjung masih harus berjalan kaki untuk menuju area kawah sekitar 700 meter.

Kawasan wisata Karaha Bodas Tasikmalaya ini terletak konsensi hutan yang pengelolaannya oleh pihak Perhutani Provinsi Jawa Barat unit III.

Konsep tempat wisata ini berupa destinasi wisata hutan dan potensi geothermal, adapun konsep intinya berupa wana wisata dan geowisata.

Pengunjung pasti tidak akan kecewa karena pemandangan barupa hamparan putih yang luas. Selain itu juga dengan cuaca yag sejuk dapat memberikan kesan santai dan juga nyaman.

Jangan lupa mengabadikan moment wisata karena pemandangan tempat wisata ini begitu instagramable.

Tiket Masuk

Untuk memasuki area wisata Karaha Bodas Tasikmalaya, harga tiket masuknya hanya 5 ribu saja per-motornya. Harga tersebut biasanya hanya untuk biaya parker saja.

Namun jika ingin mengunjungi area wisata selanjutnya yaitu Talaga Bodas, pengunjung hanya perlu membayar tiket sekitar Rp 26 ribu untuk per-motornya pada akhir pekan.

Itulah pembahasan mengenai objek wisata Karaha Bodas Tasikmalaya. Wisata ini menyuguhkan pemandangan kawah putih yang terhampar luas dan kebun pinus rindang yang menyejukan. (GaluhID/Dianti Rahayu)

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Temukan Kami

47,640FansSuka
244PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya