oleh

Karang Taruna di Ciamis Berperan Aktif dalam Pencegahan Virus Corona

 
 

Berita Ciamis, galuh.id – Karang Taruna di Ciamis melakukan melakukan penyemprotan disinfektan ke Kantor Desa, Masjid, Pondok Pesantren dan fasilitas umum lainnya.

Penyemprotan tersebut dilakukan oleh Karang Taruna Bina Bhakti di beberapa dusun, Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Rabu (01/04/2020).

Kegiatan ini bekerja sama dengan Unit Pengelola Zakat (UPZ), Pemerintahan Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kepala Dusun dan seluruh RT/RW yang ada di wilayah Desa Bojongmengger.

Adapun tujuh dusun tempat dilakukan penyemprotan oleh Karang Taruna Desa Bojongmengger diantaranya yakni Dusun Bojong, Sukasenang. Selain itu juga Cimengger, Cisihung, Karanglayung, Sodong, dan Cikawung.

Selain penyemprotan disinfektan, Karang Taruna Bina Bhakti juga sekaligus mengadakan Sosialisasi Sanitasi dan mmembagikan 2000 masker kepada warga.

Ketua Karang Taruna Bina Bhakti Desa Bojongmengger, Mawar Granadha mengatakan, awalnya ide dan inisiatif Karang Taruna Desa menanggapi penyebaran wabah Covid-19 agar tetap menjadi garda terdepan dalam menyikapi permasalahan yang terjadi di lingkungannya.

“Tujuan utama dari kegiatan ini mencoba memutus mata rantai peredaran virus dengan cara penyemprotan disinfektan. Sosialisasi sanitasi dan pembagian masker gratis kepada seluruh warga Desa Bojongmengger,” ujar Mawar saat diwawancarai.

Mawar berharap kegiatan ini menjadi awal bangkitnya kesadaran hidup sehat pada seluruh warga umumnya dan generasi muda Bojongmengger pada khususnya.

Sinergitas Karang Taruna Jaga Lembur

Sementara itu, di tempat terpisah, Wakil Ketua II Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Andy Ali Fikri, membenarkan bahwa karang taruna turut berperan aktif membantu pemerintah dalam upaya pencegahan pandemi Covid-19 di Kabupaten Ciamis.

Menurutnya, karang taruna desa dan kelurahan akan mengikuti kebijakan dan ketentuan pemerintah dalam hal protokol pencegahan Covid-19.

Dia melanjutkan, Karang Taruna akan patuh terhadap ketentuan yang di tetapkan oleh pemerintah. Karena Karang Taruna merupakan bagian dari sistem itu sendiri.

Apalagi, tuturnya, tagline Karang Taruna Jaga Lembur menjadi spirit gerakan sukarelawan sosial dari tingkat Dusun, Desa, Kecamatan dan Kabupaten.

Andy menegaskan, tagline jaga lembur ini agar dari setiap elemen Karang Taruna memiliki ikatan emosional kedaerahan.

“Bersama-sama harus bisa membangun sinergitas beserta lingkungan,” pungkasnya. (GaluhID/Maulana)

Loading...
loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA