Jumat, 22 Januari 2021
Jumat, 22 Januari 2021
 
 

Kasus Covid-19 Meningkat, ASN di Ciamis Dilarang ke Luar Daerah

Berita Ciamis, galuh.id – Pemkab Ciamis berupaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 dengan mengeluarkan SK Bupati tentang larangan bagi para ASN yang hendak ke luar daerah.

Hal tersebut menindaklanjuti terkait penambahan kasus Covid-19 di Ciamis. Sebelumnya, masih ada toleransi ASN di Ciamis dinas ke luar daerah apabila ada izin dari atasan.

“Sekarang sama sekali tidak boleh. Bila melanggar maka ada sanksi ada risiko,” tegas Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, dalam rapat Satgas Covid-19, di Aula Setda, Jumat (27/11/2020).

Herdiat juga mengungkapkan, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Ciamis dalam kurun waktu satu bulan mencapai lebih dari 100 orang.

Dengan kondisi sebaran Corona yang meningkat, lanjut Herdiat, perlu ada penanganan cepat dari mulai level kabupaten sampai tingkat desa.

Salah satunya dengan melakukan sosialisasi dan sanksi bagi yang melanggar protokol kesehatan (prokes).

“Kita harus betul-betul menyikapi dan menindaklanjuti. Bagaimana caranya memutus mata rantai Covid-19. Yang setiap hari terus ada penambahan,” katanya.

24 ASN di Ciamis Terpapar Covid-19

Herdiat melanjutkan, berdasarkan update data ada beberapa klaster baru yang menjadi pemicu penyebaran Covid-19 di Ciamis, diantaranya klaster perkantoran.

Pada hari Rabu (26/11/2020) pemkab Ciamis telah melakukan swab test kepada 300 orang. Hasilnya, 24 orang tenaga ASN di Ciamis terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kita akan berupaya secepatnya menurunkan penyebaran Covid-19. Apalagi kita mempunyai target pesta demokrasi. Yaitu pelaksanaan pilkades,” ucap Herdiat.

Sementara itu, Wakapolres Ciamis Kompol Rendy Setia Permana mengatakan, dalam penanganan Covid-19 perlu ada konsistensi penerapan kedisiplinan tentang prokes.

Karena menurutnya, masyarakat saat ini terlihat abai. Dengan banyaknya kerumunan – kerumunan dan kegiatan yang menyerap banyak massa.

“Kita harus lebih konsisten dalam penerapan prokes. Kita siap melakukan operasi yustisi. Sebagai upaya pencegahan Covid-19 di Kabupaten Ciamis,” ujarnya.

Kasdim 0613 Ciamis Mayor Inf Nurohman, pun menegaskan pihaknya siap mendukung kebijakan pemkab dan siap terjun ke lapangan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Evaluasi PPKM di Ciamis, Penanganan Covid-19 Membaik

Berita Ciamis, galuh.id - Satgas Penanganan Covid-19 Ciamis menggelar rapat evaluasi terkait pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Rapat evaluasi tersebut berlangsung di Sekretariat Satgas...

Parkir Tahunan Ditolak, Ciamis Akan Audensi ke Pemprov Jabar

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis merencanakan adanya retribusi parkir tahunan bagi pemilik kendaraan bermotor. Namun, pemprov Jabar menolak kebijakan itu. Padahal, kebijakan retribusi parkir...

Hari ke-10, Satgas Covid-19 Banjarsari Ciamis Gencar Sosialisasi PPKM

Berita Ciamis, galuh.id - Satgas Covid-19 Banjarsari Ciamis gencar melakukan sosialisasi dan edukasi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak hari pertama. Sosialisasi dan edukasi tersebut...

Temukan Kami

48,118FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya