Minggu, 24 Januari 2021
Minggu, 24 Januari 2021
 
 

Kawanan Babi Hutan Turun Gunung, Rusak Lahan Warga Panawangan Ciamis

Panawangan, galuh.id – Kawanan Babi hutan yang terdapat di Kaki Gunung Madati, Desa Mekarbuana, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis kerap turun dan merusak lahan milik warga setempat. Alhasil, warga pun geram dan berinisiatif membuat jebakan dari kawat berduri.

“Warga sudah sangat resah dan mengalami kerugian dengan turunnya hama tersebut. Babi merusak lahan pertanian dan tanaman palawija, seperti talas dan singkong. Luas lahan pertanian yang rusak akibat ulah kawanan babi hutan diperkirakan mencapai 30 hektar,” kata Kaur Ekbang Anda Lesmana, Rabu (16/10/2019).

Anda mengatakan, pemasangan kawat berduri itu berasal dari dana desa anggarannya sebesar Rp. 27 juta. Pagar dipasang selama 1 minggu dilakukan bertahap, tahap awal 500 meter, dilanjut 700 meter. Saat ini baru terpasang 1,2 kilometer. Tinggi pagar kawat ini 1,5 meter menggunakan tiang besi.

“Tujuan pemasangan kawat berduri ini supaya babi tak lagi masuk ke area pertanian warga. Karena selama ini pertanian masyarakat rusak dan sangat merugikan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Resort Wilayah XX Gunung Sawal Bidang KSDA Ciamis, Warid mengatakan, turunnya babi hutan disebabkan berbagai faktor, seperti akibat musim kemarau sehingga makanan di gunung berkurang. Atau karena kurangnya hewan predator di lokasi itu seperti macan, membuat populasi babi hutan meningkat.

“Kalau kemarau itu makanan berkurang seperti cacing dam beuti-beutian (Biji-bijian). Turun itu bisa mencari makan atau populasi meningkat. Babi itu tidak dilindungi silahkan saja warg menangkapnya,” pungkasnya. (GaluhID/Arul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Tercantum di E-Form, Warga Ciamis Kecewa Tak Dapat BLT UMKM

Berita Ciamis, galuh.id - Penerima BLT UMKM warga Ciamis kecewa lantaran bantuan yang seharusnya diterima tidak cair. Padahal namanya tertera dalam e-form BRI. Nama Dodah...

Terkena Banjir, Lansia 90 Tahun di Banjarsari Ciamis Dievakuasi

Berita Ciamis, galuh.id - Hujan dengan intensitas tinggi pada Jumat (22/1/2021) sore menyebabkan sebagian wilayah Banjarsari Kabupaten Ciamis terkena banjir. Seperti halnya, Dusun Cibeureum RT...

Sampah di TPA Banjaranyar Ciamis Capai 12 Ton per Hari

Berita Ciamis, galuh.id - Sampah yang masuk ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Banjaranyar Ciamis setiap hari capai 12 ton. Sampah itu berasal dari perumahan...

Temukan Kami

48,108FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya