Senin, 1 Maret 2021
Senin, 1 Maret 2021
 
 

Kiprah Atlit Senam Artistik Termuda Asal Ciamis di Kualifikasi Porda Jawa Barat

CIAMIS- Siapa sangka Kabupaten Ciamis memiliki calon atlit nasional cabang olah raga senam artistik. Sebut saja, Saleh Agung Kurniawan Iskandar, atlit cilik kelahiran Bandung Barat, 1 Maret 2009 ini memiliki banyak prestasi.

Kiprahnya memang masih terbilang baru, tetapi torehan prestasi Saleh Agung sangat mentereng, berawal dari Juara satu Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (OOSN) dua tahun berturut turut di tingkat Kabupaten Bandung Barat tahun 2016 dan 2017, Juara Kedua O2SN tingkat Provinsi Jawa Barat, Juara Serba (All around) Festival Gymnastic 2017, pada festival ini Saleh meraih empat medali emas kategori bidang lantai, ring, pomel, dan papan. Festival yang dilaksanakan di Jakarta ini diikuti oleh negara-negara ASEAN seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Indonesia, dan Philipina.

Pengalamannya pun menghantarkan Saleh menjadi peserta termuda senam artistik pada Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (PORDA) Provinsi Jawa Barat tahun 2017. Dibalik prestasi gemilangnya, Saleh Agung memiliki banyak cerita unik. Pesenam artistik cilik ini memiliki kedekatan emosional dengan Kabupaten Ciamis. Kedua orang tua Saleh, Serda Elan Budiawan dan Sri Nurhayati, Spd lahir dan besar di Banjarsari Kabupaten Ciamis. Mereka pindah dan menetap di Bandung Barat dikarenakan tuntutan tugas yang harus diemban ayah Saleh sebagai Prajurit TNI Komando Pasukan Khusus.

Ketika Galuh.Id menemuinya di sela waktu road show Klub Senam Artistik di Pangandaran, ibunda Saleh, Sri Nurhayati menuturkan bakatnya justru ditemukan ketika berlibur ke rumah kakeknya di Banjarsari Kabupaten Ciamis. Saat usia empat tahun, Saleh sang pesenam cilik tidak pernah diam, sering melakukan loncat naik tiang pagar, pintu, lemari, meja, kursi dan lain-lain.

“Jujur pada saat itu saya merasa keteteran dengan keaktifan Saleh, tetapi ketika saya berkonsultasi dengan orang tua saya, beliau menyarankan agar Saleh diarahkan kepada olahraga senam artistik.” Sri pun akhirnya mencari sanggar senam di jalan Tera Bandung dan menemui pelatih yang disarankan orang tuanya.

“Alhamdulilah berkat semua jasa orang-orang yang mensupport terutama pelatih di klub senam Arena Bandung, Saleh bisa memiliki prestasi seperti sekarang. Terima kasih Ciamis kami memiliki kenangan yang banyak di Ciamis. Semoga kelak Saleh bisa membanggakan Ciamis, Bandung Barat, Jawa Barat dan Indonesia” tutur Sri Nurhayati.

Yanyan Iskandar (GALUH ID)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Tersapu Angin Kencang, Puluhan Rumah di Pamarican Ciamis Rusak

Berita Ciamis, galuhi.id - Hujan deras serta angin kencang dan petir di Pamarican Ciamis pada Sabtu (27/2/2021) sore mengakibatkan puluhan rumah rusak. FK Tagana Ciamis...

Di Puncak Jalumarat Ciamis, Pejuang Indonesia Intai Tentara Belanda

Berita Ciamis, galuh.id - Puncak Jalumarat di Ciamis menjadi saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia saat perang kemerdekan melawan penjajah Belanda. Berada di atas ketinggian Dusun...

PKH Shop di Ciamis Menjadi Salah Satu Upaya Untuk Lebih Mandiri

Berita Ciamis, galuh.id - PKH Shop di Ciamis merupakan salah satu upaya Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Ciamis untuk menjadikan KPM PKH lebih mandiri. Keluarga...

Temukan Kami

47,927FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya