oleh

Kisah Mistis Dibalik Keindahan Pohon Bungur di Ciamis

Hubungi
 
 

Berita Ciamis, galuh.id – Bungur adalah pohon peneduh jalan dengan batang pohon yang kokoh dan terlihat keras. Pohon ini terlihat cantik ketika bunganya yang berwarna merah jambu keunguan mekar bersama-sama.

Selain itu, tanaman bungur juga kerap dimanfaatkan sebagai obat-obatan alami.

Loading...

Manfaat tanaman bungur diantaranya untuk mengobati kencing batu, kencing manis, darah tinggi, diare, disentri, kencing darah, serta terapi anti diabetes.

Daun bungur yang kaya antioksidan, juga diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Namun siapa sangka, dibalik kecantikan dan sejuta manfaatnya, pohon ini menyimpan cerita mistis yang membuat bulu kuduk merinding.

Cerita Mistis Pohon Bungur

Sekitar Tahun 1990, puluhan warga Dusun Puluhan, warga Dusun Puncak Asih, Desa Cisadap, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, meninggal secara misterius.

Hal itu terjadi pasca dipangkasnya dahan-dahan pohon Bungur yang berada di lingkungan desa setempat.

“Di tahun 1990, setiap harinya ada saja warga disini yang meninggal dunia. Dalam kurun waktu satu bulan, jumlah warga meninggal mencapai 20 orang,” kata Momon, Kepala Dusun Puncak Asih.

Konon menurut cerita turun temurun, diduga penyebab meninggalnya puluhan warga Dusun Puncak Asih tersebut karena diganggu makhluk halus penunggu pohon Bungur.

Makhlus halus tersebut, menurut kepercayaan masyarakat setempat, tidak rela jika tempat bersemayamnya diganggu.

“Beberapa hari setelah dahan-dahan pohon Bungur tersebut dipangkas, korban pun mulai berjatuhan, satu persatu warga desa meninggal dunia,” katanya.

Mengenai hal mistis penyebab meninggalnya puluhan warga tersebut, Momon mengatakan tidak tahu persis kebenarannya.

“Soal kebenaran cerita ini saya juga tidak tahu apakah benar warga di sini meninggalnya oleh makhluk halus atau memang ada penyebab lain, ya terserah kembali kepada kepercayaan masing-masing orang,” terangnya.

Momon menambahkan, sejak cerita tersebut mencuat di tengah masyarakat, sampai saat ini pohon tersebut masih berdiri tegak di tengah pemukiman warga, tidak ada satu orang pun yang berani menebangnya.

“Eyang saya bilang, pohon itu sudah berdiri sejak eyangnya masih muda, diperkirakan saat ini usia pohon Bungur berumur ratusan tahun,” pungkasnya. (GaluhID/Evi)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA