Minggu, 12 Juli 2020
Minggu, 12 Juli 2020
 
 

Konsumsi Ayam Goreng Berlebih Dapat Mempersingkat Umur

Kesehatan, Galuh.id – Sebuah studi terbaru merilis bahwa satu porsi ayam goreng atau ikan goreng menyebabkan resiko kematian lebih tinggi dari penyakit apapun, kecuali kanker. Berdasarkan penelitian tersebut, konsumsi ayam goreng berlebih dapat mempersingkat umur.

Penelitian yang melibatkan para perempuan lanjut usia di Amerika ini menyebutkan bahwa wanita yang menikmati ayam goreng satu kali atau lebih dalam sehari memiliki resiko kematian 13% lebih tinggi dibandingkan wanita yang tidak mengkonsumsi ayam goreng. Hal ini berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis BMJ.

Selain itu, wanita yang memakan ikan goreng ataupun kerang setiap hari memiliki resiko kematian 7% lebih besar. Peneliti Studi tersebut mengklaim bahwa dengan membatasi konsumsi makanan yang digoreng, terutama ayam dan ikan dapat meningkatkan kesehatan.

“Kita tahu konsumsi makanan yang digoreng merupakan suatu yang umum di Amerika Serikat maupun di seluruh dunia,” kata Wei Bao, peneliti utama studi tersebut seperti dikutip dari New York Daily News.

“Sayangnya, yang kita tahu sangat sedikit tentang efek kesehatan jangka panjang dari konsumsi makanan yang digoreng,” terang Wei Bao.

Sementara itu, penelitian sebelumnya menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi berlebihan makanan yang digoreng dan peningkatan resiko penyakit jantung dan diabetes.

Sebuah penelitian tahun 2017 menemukan bahwa orang yang memakan kentang goreng dua kali atau lebih dalam seminggu memperbesar resiko kematian dini dibandingkan dengan mereka yang menghindari kentang goreng.

Wei Bao meneliti kebiasaan makan hampir 107.000 wanita Amerika antara usia 50 dan 79 tahun dari mulai tahun 1993 sampai 1998 yang kemudian ditindaklanjuti selama sekitar 18 tahun.

Data menunjukkan makan ayam goreng memiliki resiko 13% lebih besar untuk meninggal lebih awal, sementara 12% lainnya meningkatkan resiko kematian akibat penyakit jantung.

“Walaupun ada peningkatan resiko kematian ketika mengkonsumsi ayam goreng berlebih, tetapi resiko akan lebih rendah jika frekuensi konsumsi makanan yang digoreng dibatasi” pungkas Bao.

(K. Putu Latief)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Skincare untuk Wajah Kering, Kulit Kenyal dan Awet Muda

Agar wajah tetap lembab, kita memerlukan skincare untuk wajah kering. Jenis kulit kering lebih peka pada perubahan cuaca dan suhu. Apabila suhu...

Skincare untuk Wajah Berjerawat, Muka Kembali Mulus

Merawat kulit tak lengkap rasanya jika tidak membahas skincare untuk wajah berjerawat. Masalah jerawat bisa terjadi pada siapa saja, terutama pada kulit...

Skincare untuk Wajah Berminyak, Muka Bersih Tanpa Kusam

Bagi Anda yang sedang mencari informasi seputar skincare untuk wajah berminyak, inilah beberapa produk yang direkomendasikan. Kulit berminyak sangat...

Temukan Kami

49,380FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Terdegradasi ke Liga 2, Semen Padang Siap Berbenah

Info Liga 2, galuh.id - Liga 2 2019, sudah berlalu, Semen Padang harus terdegradasi kembali ke Liga 2. Berstatus tim promosi mereka...

Balita Laki-laki Ditelantarkan Ibunya di Pasar Banjarsari Ciamis

Banjarsari, galuh.id - Seorang anak laki-laki berusia 3 tahun terlantar di Pasar Banjarsari Ciamis. Dugaan sementara, anak laki-laki tersebut sengaja ditinggal begitu saja oleh...

Karena Frustasi, Perempuan Paruh Baya di Panjalu Ciamis Nekat Gantung Diri

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang perempuan paruh baya berinisial AH, di Kecamatan Panjalu kabupaten Ciamis, nekat menghabisi nyawanya dengan cara gantung diri,...

Arsenal VS Leicester City, Unjuk Gigi Striker Terbaik Liga Inggris

Arsenal VS Leicester City pada Rabu (8/7/2020) dini hari tadi, merupakan ajang yang membuktikan striker terbaik di liga Inggris antara Aubameyang dan...

Warga Ciamis Bisa Tunda Perpanjangan SIM Sampai Bebas Wabah Corona

Berita Ciamis, galuh.id - Bagi warga yang SIM masa berlakunya habis, biasanya bila seminggu sebelumnya tak memperpanjang maka harus membuat SIM baru.