Senin, 30 November 2020
Senin, 30 November 2020
 
 

Kontribusi PAD Ciamis Kecil, Perusda Kelola Limbah Medis Bisa Jadi Solusi

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Kontribusi PAD Ciamis terhadap pendapatan daerah pada masa kepemimpinan Bupati Ciamis sebelumnya sampai dengan tahun 2019 hanya mencapai 9,06 persen.

Pengamat sosial politik Endin Lidinillah mengatakan, dengan kepemimpinan Herdiat Sunarya sebagai Bupati Ciamis saat ini, tentu harus ada kemajuan signifikan terkait kontribusi PAD.

”Karena beliau pernah memimpin di dinas terkait. Ditambah kepala BPKD sekarang Dr. H. Kurniawan, merupakan sosok yang sudah makan asam garam dalam mengelola keuangan daerah,” kata Endin, Sabtu (21/11/2020).

Baca Juga: Potensi PAD, DPRD Ciamis Dorong Pemda Kelola Limbah Medis Secara Mandiri

Menurut Endin, setidaknya ada 3 alasan yang menjadi penyebab kontribusi PAD Ciamis terhadap pendapatan daerah kecil. Pertama, sistem pemungutan PAD yang belum efektif efisien.

Kedua, sumber PAD dari tahun ke tahun relatif tidak berubah. Ketiga, data potensi PAD belum akurat.

Solusi yang pertama kata Endin, tentu sistem pemungutan PAD harus lebih efektif efisien. Salah satunya beradaptasi dengan era 4.0 dimana pemungutan dilakukan secara digital.

”Contoh pemungutan beradaptasi dengan era 4.0 adalah mengelola perparkiran dengan e-parking,” ucap Endin.

Gagasan Perusda Kelola Limbah Medis Harus dengan Riset

Kemudian solusi kedua, kata Endin, harus melakukan upaya ekstensifikasi sumber PAD. Terakhir solusi ketiga, dengan akurasi pendataan potensi Pendataan Asli Daerah.

Dalam konteks solusi kedua dan ketiga di atas, menurut dia, gagasan pembentukan perusahaan daerah (perusda) yang mengelola limbah medis menjadi relevan.

Karena selama ini Endin menilai BUMD Ciamis yang telah ada belum memberikan kontribusi besar bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan berbagai alasan.

“Gagasan perumda pengelolaan limbah medis bisa menjadi alternatif BUMD dengan kontribusi PAD yang lebih besar,” kata Endin.

Tetapi, tentu saja implementasi gagasan perumda pengelolaan limbah medis harus terlebih dahulu dengan riset dari berbagai perspektif, khususnya perspektif ekonomi.

Kalau hasil riset menunjukan hal positif dan menguntungkan, sambung Endin, maka layak untuk mengimplementasikan gagasan tersebut.

”Sebaliknya kalau menunjukan hal negatif tidak menguntungkan, maka tidak perlu melanjutkan, karena hanya akan membebani keuangan daerah,” pungkas Endin. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis Gandeng Komunitas Mobil Untuk Promosi Wisata

Berita Ciamis, galuh.id - Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis melakukan promosi wisata dengan menggandeng beberapa komunitas mobil berbagai type dan merk, Minggu (29/11/2020).

Didi Sukardi Apresiasi Kebijakan Bupati Ciamis Larang ASN ke Luar Kota

Berita Ciamis, galuh.id - Anggota DPRD provinsi Jabar Didi Sukardi mengapresiasi keputusan Bupati Ciamis yang sudah mengeluarkan kebijakan baru soal larangan ASN...

Pengurus Hamida Koordinator Wilayah 3 Ciamis Dilantik, Ini Pesan Wabup

Berita Ciamis, galuh.id - Tantangan dakwah di era perkembangan teknologi harus dilakukan dengan memanfaatkan potensi digitalisasi informasi untuk memperluas ekspansi dakwah. Demikian...

Temukan Kami

48,648FansSuka
215PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Vaksinasi Covid-19 Gratis Bagi Klub Liga 1 dan Liga 2

PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi sepak bola Indonesia, akan menanggung biaya vaksinasi Covid-19 klub-klub Liga 1 dan Liga 2.

Listrik Gratis Bulan Desember 2020, Klaim di www.pln.co.id

Listrik gratis bulan Desember 2020 bisa segera Anda klaim melalui situs resmi PLN di www.pln.co.id. Seperti halnya pada awal...

Profil Olivia Allan, Resmi Dinikahi Aktor Denny Sumargo

Profil Olivia Allan sedang mencuri perhatian netizen. Pasalnya ia baru saja menikah dengan seorang pebasket sekaligus aktor, Denny Sumargo.

Saat Alaves Permalukan Real Madrid, Zinedine Zidane Khawatirkan Ini!

Alaves permalukan Real Madrid pada Minggu (29/11/2020) dini hari WIB. Pada saat itu Real Madrid bermain dalam laga kandang.

Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis Gandeng Komunitas Mobil Untuk Promosi Wisata

Berita Ciamis, galuh.id - Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis melakukan promosi wisata dengan menggandeng beberapa komunitas mobil berbagai type dan merk, Minggu (29/11/2020).