Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Lingga Permana, TKI Asal Ciamis Jadi Pembalap Juara Dunia

Ciamis, galuh.id– Hidup adalah pilihan, dimana kita harus memilih salah satu keputusan. Seperti halnya yang dilakukan pria asal Lakbok Ciamis Jawa Barat ini, dia adalah Lingga Permana.

Pria berusia 24 tahun asal Nambo Lakbok Jawa Barat yang menentukan pilihan untuk menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Taiwan.

Lingga harus rela meninggalkan negara tercintanya Indonesia dan rela meninggalkan keluarga serta hobinya yaitu balap.

Pria yang di KTPnya beralamat di Dusun Banjar Harja, Desa Kertajaya, Lakbok, Ciamis, Jawa Barat bekerja pada salah satu perusahaan handle pintu di Changhua Taiwan.

Pada awalnya Lingga beraktifitas layaknya TKI yang lainnya. Namun suatu waktu terdapat gelaran FIM Asia Supermoto, dan karena ada kesempatan Lingga pun menonton gelaran tersebut.

“Karena dekat dengan asrama dan ini hobi saya maka saya pun menyempatkan untuk menonton,” jelas Lingga melalui pesan WA.

Hasratnya untuk kembali merasakan lintasan sirkuit pun muncul kembali dan semakin kuat. Lingga akhirnya memberanikan diri untuk mencari informasi agar bisa latihan di sirkuit tersebut.

Meskipun terbatas dalam hal komunikasi, berkat dorongan hasrat yang kuat dan dengan dibantu oleh sang kakak, Lingga Permana berhasil memperoleh informasi.

Lingga pun akhirnya bisa merasakan kembali hobinya di sirkuit tempat berlangsungnya gelaran FIM Asia Supermoto.

“Alhamdulillah sekedar melepas rindu saja, meskipun hanya latihan dan mengisi waktu luang serta melepas rasa penat setelah bekerja,” jelas Lingga.

Baca Juga: Di Taiwan, Pembalap Asal Lakbok Ciamis Harumkan Indonesia

Tidak lama bagi Lingga untuk beradaptasi dengan sirkuit tempat dia latihan. Karena memang sejatinya Lingga adalah pembalap yang sudah merasakan berbagai sirkuit di Indonesia. Dari mulai sirkuit dadakan dan sirkuit permanen.

Apalagi sirkuit tempat dirinya latihan di Taiwan merupakan sirkuit permanen, sehingga mudah bagi Lingga untuk menemukan racing line pada setiap titik di sirkuit tersebut.

Tidak terbersit pada pikirannya akan mengikuti balap resmi. Karena pria yang juga “mencuri” ilmu dari pembalap ternama Indonesia Wawan Hermawan, hanya sebatas latihan tidak lebih.

Namun tanpa disadarinya tim Motoheart dari Taiwan memperhatikan saat dirinya latihan. Dan tanpa diperkirakan sebelumnya Lingga ditawari untuk menjadi pembalap pada tim tersebut.

Tim Motoheart adalah tim yang pernah menjadi juara, sehingga Lingga pun merasa tertantang untuk kembali menjadi juara.

“Tim ini pernah juara, semoga saja nempel juga ke saya juaranya,” kata Lingga.

Motor yang digunakan Lingga pada gelaran balap ketahanan selama 4 jam adalah MH155 buatan China yang berkapasitas 155cc.

Nampaknya sang pemilik tim dan sponsor sudah merasa cocok, meskipun keterbatasan komunikasi. Terbukti Lingga mendapatkan wearpack/racing suit terbaik yang ada di Taiwan.

“Alhamdulillah tim baru wearpack baru semangat pun baru,” kata Lingga. (GaluhID/YP)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,357FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.