oleh

Longsor di Panjalu Ciamis, 3 Rumah Rusak Parah

 
 

Berita Ciamis, galuh.id – Akibat longsor di Panjalu, Kabupaten Ciamis, 3 rumah milik warga Dusun Reumalega, Desa Kertamandala, rusak parah.

Tebing dengan tinggi 3 meter dan panjang 10 meter awalnya menyeret satu rumah warga pada Sabtu (4/4/2020).

Longsoran material tanah sekaligus rumah warga tersebut kemudian menimpa dua rumah yang ada di bawahnya.

Endang Sulaeman, tokoh pemuda di Desa Kertamandala, mengatakan, longsor terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Panjalu pada Sabtu kemarin.

“Dua pemilik rumah yang tertimpa longsor akhirnya mengungsi, rusaknya cukup parah,” terang Encang, Minggu (5/4/2020).

Kedua rumah warga yang rusak parah akibat diterjang longsor di Panjalu tersebut merupakan rumah milik Juhana. Rumah Juhana dketahui tertimpa material dan rumah di atasnya yang ikut terseret longsor.

“Satu lagi rumah yang rusak parah itu milik Ibu Omi, rumahnya ini yang ada di atas yang ikut terseret longsor. Kini semua penghuninya juga sama mengungsi,” terangnya.

Sementara, satu rumah lagi yang juga ikut tertimpa material longsor adalah rumah Asondi. Berbeda dengan dua rumah warga lainnya, kerusakan rumah Asondi akibat longsor tidak terlalu parah.

“Jadi rumah Ibu Omi itu terseret tebing yang longsor, lalu menimpa belakang rumah Pak Juhana dan juga Pak Asondi yang ada di bawahnya,” katanya.

Endang menambahkan, saat ini, baik keluarga Juhana maupun Omi terpaksa mengungsi karena kerusakan di rumah mereka cukup parah.

“Kalau untuk Pak Asondi masih menempati rumahnya, karena rumahnya masih bisa ditempati, tapi kondisinya sebenarnya sama dengan dua rumah lainnya, rusak, ” tandasnya. (GaluhID/Ndu)

Loading...
loading...

Penulis : K Putu Latief

Gambar Gravatar
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.

Komentar

BERITA SELANJUTNYA