oleh

Makanan Penangkal Corona, Cegah Virus Masuk Tubuh

Hubungi
 
 

Semakin meningkatnya kasus COVID-19 membuat kita harus mengkonsumsi makanan penangkal Corona. Penyakit COVID-19 disebabkan oleh virus Corona yang menyerang sistem imun. Sehingga apabila imun sedang lemah, maka tubuh bisa dengan mudah terinfeksi.

Ketika seseorang terinfeksi virus Corona, dia bisa menunjukkan gejala dan bisa juga tidak. Gejala-gejala umum terserang Corona adalah sesak napas, batuk, dan demam.

Pada kasus tertentu bisa berkembang hingga pneumonia (penumpukan cairan di paru-paru). Sedangkan orang yang tidak menunjukkan gejala bisa menularkan virus ke orang terdekat.

Berbagai Makanan Penangkal Corona

Anda bisa menerapkan pola makan sehat untuk mencegah terpapar virus Corona. Salah satunya dengan menambah asupan makanan bergizi peningkat imun tubuh ke dalam menu sehari-hari, agar kita sekeluarga tetap sehat di masa-masa pandemi ini.

Buah-buahan Jenis Citrus

Buah-buahan berjenis citrus meliputi jeruk dan lemon mengandung vitamin C yang bisa melindungi tubuh dari stress oksidatif dan menjadikan tubuh lebih kebal terhadap virus.

Penelitian menunjukkan bahwa stress oksidatif terjadi ketika antioksidan dan zat-zat berbahaya tidak seimbang. Stress oksidatif juga sering dikaitkan pada kondisi pasien dengan resiko stroke, kanker, dan diabetes.

Sebagai antioksidan, vitamin C bertugas melawan radikal bebas dan menjaga kestabilan sistem imun tubuh. Sebisa mungkin konsumsi buah-buahan ini secara utuh tanpa pengolahan. Karena vitamin C sensitif terhadap panas, jika dimasak nutrisi yang diserap tubuh akan semakin berkurang.

Makanan Laut dengan Omega-3

Makanan penangkal Corona lainnya adalah makanan laut yang mengandung Omega-3. Kandungan omega-3 bisa kita temukan dalam berbagai macam ikan, meliputi salmon, sarden, dan tenggiri. Menurut konsultan gizi dari Spise Wellness, omega-3 dapat meningkatkan fungsi dari sistem imun.

Selain itu, makanan laut tersebut juga mengandung DHA yang baik untuk kestabilan sel darah putih, bagian dari sel imun. Walaupun tidak memberi hasil yang signifikan, tetapi ilmuwan sepakat bahwa mengkonsumsi ikan-ikan ini akan menunjukkan perubahan positif dalam sepekan.

Sumber Protein

National Institutes of Health (NIH) mengemukakan bahwa zinc dan protein yang berasal dari daging bekerja sama memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini terbukti dari beberapa tipe sel imun, termasuk sel darah putih, tidak bisa bekerja efektif tanpa zinc.

Protein yang berasal dari tumbuhan seperti tahu dan tempe dapat memberi manfaat sama. Salah satunya untuk menjadikan tubuh Anda lebih sehat dan bertenaga. Pastikan sumber protein dari makanan penangkal Corona ini selalu dikonsumsi setiap hari, ya.

Baca Juga: Buah Penambah Imun Agar Tidak Terserang Corona

Untuk menjadikan menu makanan lebih sehat, pilih daging tanpa lemak. Protein tanpa lemak mengandung 55 kalori dengan 2 hingga 3 gram lemak per sajian.

Contohnya, jika ingin menyantap 1 ons ayam maka kulitnya bisa dihilangkan. 1 ons sapi panggang atau keju rendah lemak juga bisa memberi protein tinggi dengan lemak maksimum 3 gram.

Dark Chocolate

Sistem kekebalan tubuh terdiri dari banyak komponen, terdiri dari antibodi, limfosit, dan makrofag yang sama-sama bekerja melawan virus.

Berbagai macam vitamin dan mineral dibutuhkan untuk membangun sistem kekebalan tubuh, terutama magnesium.

Penelitian menunjukkan bahwa magnesium pada makanan penangkal Corona ini dapat membantu limfosit mengeluarkan ancaman berupa radikal bebas dan virus dari tubuh, sehingga mencegah kerusakan antibodi.

Berdasarkan data dari The Cleveland Clinic, makanan tinggi magnesium bisa berupa biji labu, bayam, alpukat, dan beras merah. Tetapi, Anda juga bisa mendapatkan magnesium dari coklat hitam.

Coklat hitam yang terbuat dari 70-85 persen kakao memiliki berat 65 mg per ons. Kebutuhan harian magnesium adalah 420 mg, maka dengan mengkonsumsi 1 ons coklat hitam Anda bisa memenuhi kebutuhan magnesium sebanyak 15 persen dari kebutuhan harian. Perlu diingat bahwa konsumsi coklat tidak boleh melebihi batas.

Setelah mengetahui beberapa jenis makanan yang baik untuk mencegah virus Corona, selanjutnya Anda bisa menerapkan pola hidup sehat.

Daftar makanan penangkal Corona di atas bisa bantu menguatkan sistem imun, sehingga Anda bisa tetap bugar di tengah wabah COVID-19. Ada baiknya pola makan ini dibarengi dengan tidur cukup supaya sistem imun tidak melemah. (GaluhID/Elsa)

Loading...
loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA