Minggu, 4 Desember 2022
Minggu, 4 Desember 2022
More

    Mata Air Cibarani Ciamis Punya Khasiat Sembuhkan Penyakit

    Berita Ciamis, galuh.id – Mata Air Cibarani Ciamis yang berada di Hutan Pasarean, dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Air dari Cibarani ini bersumber dari pohon berusia ratusan tahun.

    Uniknya lagi, air tersebut tidak akan keruh meski disimpan lama di dalam botol.

    Iklan

    Lokasi mata air Cibarani terletak di tengah Hutan Pasarean. Tepatnya, di Desa Nagarapageuh, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis.

    Di sekitar mata air, terdapat makam Pangeran Undakan Kalangan Sari, yang merupakan salah satu tokoh di daerah tersebut.

    Kini, Hutan Pasarean sudah ditetapkan sebagai hutan lindung dan Situs Cagar Budaya.

    Baca Juga: Curug Gumawang Banjaranyar, Potensi Wisata Alam Baru di Ciamis

    Iklan

    Saat ditemui di lokasi, Amil Desa Nagarapageuh Samin Setiawan pun mengisahkan awal mula keberadaan dari mata air Cibarani ini.

    Mata Air Cibarani Ciamis Tumpahan dari Air Zam-Zam

    Dari cerita orang tua dulu, munculnya mata air tersebut bermula ketika sesepuh bernama Eyang Kura Haji Jayanana datang ke Nagarapageuh dari Mekah.

    Dari Mekah, Eyang Kura Haji Jayanana membawa oleh-oleh air zam-zam, yang kemudian ditumpahkan di lokasi mata air Cibarani.

    ”Ada juga sebagian cerita menyebutkan, mata air ini pertemuan dari beberapa mata air. Yaitu Kejayaan, Cikahuripan, Cikamayan dan Cibarani,” ujar Samin, Kamis (30/7/2020).

    Air dari Cibarani ini memiliki keistimewaan. Air tersebut tidak pernah kumer atau keruh meski telah disimpan di dalam botol dalam waktu yang cukup lama.

    Keistimewaan lainnya, mata air Cibarani dapat menyembuhkan penyakit. Konon, bila mandi di tempat ini, penyakit yang diderita bisa sembuh.

    Sudah Ada Peziarah yang Merasakan Khasiat Mata Air Cibarani Ciamis

    Kata Samin, untuk pengobatan, ada beberapa peziarah yang telah merasakan khasiat dari mata air ini.

    ”Gimana kehendakNya. Yang penting jangan menyekutukan Allah SWT. Berdoa tetap kepada yang maha pencipta. Bukan kepada yang lain,” ujar dia.

    Air dari Cibarani ini juga cukup menyegarkan. Karena airnya langsung bersumber dari pohon berusia ratusan tahun yang ada di sekitar lokasi mata air.

    Samin menambahkan, jika berziarah ke lokasi mata air, jangan menyebut permintaan. Namun berdoa semata-mata untuk mencari ridha Allah.

    Selain dipercaya memiliki khasiat, mata air Cibarani di Hutan Pasarean Ciamis juga dimanfaatkan warga sebagai salah satu sumber air. (GaluhID/Evi)

    Iklan

    ARTIKEL TERKAIT

    Iklan
     
     

    TEMUKAN KAMI

    185,500FansSuka
    41,532PengikutMengikuti
    0PengikutMengikuti
    384PengikutMengikuti
    6,452PelangganBerlangganan