Kamis, 23 September 2021
Kamis, 23 September 2021
spot_img

Mengapa Virus Corona Tidak Masuk ke Indonesia? Ini Alasannya

Kesehatan, galuh.id – Penyebab virus corona belum masuk Indonesia menjadi perbincangan hangat.Hampir 30 negara di dunia telah mengonfirmasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Termasuk beberapa negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Australia. Namun uniknya, sampai saat ini virus yang ditemukan pertama kali di Wuhan, China itu belum terdeteksi menghampiri Indonesia.

Dilansir dalam laman CNN Indonesia, dokter spesialis paru RSPI Sulianti Saroso, Adria Rusli mengatakan, penyebaran virus corona yang belum menghampiri Indonesia menjadi pertanyaan yang susah sekali untuk dijawab karena harus didukung dengan beberapa bukti.

“Apakah benar kekebalan orang Indonesia tinggi? Atau virulensi virus corona berkurang di Indonesia?” terangnya dalam Sosialisasi Penyakit Virus Corona. Jum’at (14/02/2020) bertempat di CT Corp Jakarta.

Menurutnya mengapa hingga saat ini belum diketahui secara pasti alasan virus corona belum ke Indonesia diperlukan penelitian mendalam untuk memperoleh jawabannya.

Sejurus dengan kondisi saat ini, Adria menyandingkan dengan temuan menarik yang terjadi saat wabah virus MERS–yang juga disebabkan oleh virus keluarga corona- merebak.

“Kala itu, MERS juga tak menyerang orang yang tinggal di Indonesia, dari 2009 juga tidak ada MERS CoV di Indonesia,” ucap Adria.

Beberapa Alasan Penyebab Virus Corona Belum Masuk ke Indonesia

Di sisi lain, dokter spesialis paru Erlina Burhan, menjelaskan kemungkinan mengapa virus corona belum menjangkiti Indonesia.

Pertama, menurutnya, wabah virus corona belum terbawa oleh orang yang sudah terinfeksi ke Indonesia.

Dia melanjutkan, alasan kedua, penyebab virus corona belum masuk ke Indonesia, karena suhu dan kelembapan di Indonesia yang cukup tinggi dengan matahari sepanjang tahun. Kondisi ini dapat membunuh virus.

Ketiga, dia menambahkan, kekebalan tubuh yang kuat dapat menjadi alasan, walaupun dibutuhkan studi lebih lanjut soal ini.

Dia mengatakan bahwa antara tubuh dan pelbagai kuman berkaitan dengan kekebalan atau daya tahan tubuh seseorang.

Namun, harus sudah terpapar kuman terlebih dahulu. “Harus terpapar dulu dari keluarga yang sama,” katanya.

Sementara itu Adria pun menegaskan, dibutuhkan banyak penelitian untuk mendapatkan jawaban ilmiah mengapa virus corona belum ke Indonesia. (GaluhID/Maulana)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
275PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan