Kamis, 22 April 2021
Kamis, 22 April 2021
BJB

Menjaga Mata Tetap Sehat, Konsumsi Makanan Ini

Menjaga mata tetap sehat perlu dilakukan agar penglihatan terhindar dari rabun jauh dan rabun dekat. Jika mata menjadi rabun, maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter spesialis mata dan harus membeli alat bantu penglihatan yang harganya tidak murah.

Biaya pemeriksaan ke dokter mata berkisar antara 100 hingga 350 ribu sekali kunjungan. Jika sudah mengalami gejala mata minus, Anda harus memeriksakan mata minimal setahun sekali. Angka minus pada mata bisa berubah seiring dengan pertambahan usia dan pola kehidupan sehari-hari.

Menjaga Mata Tetap Sehat, Perbaiki Kebiasan Anda

Kebiasaan sehari-hari dapat mempengaruhi mata. Orang yang sehari-hari bekerja di depan komputer lebih mungkin terkena mata minus ketimbang orang yang berjualan di pasar. Ini dikarenakan layar monitor mengeluarkan sinar radiasi yang berpengaruh pada mata.

Hentikan Kebiasan Buruk

Untuk menjaga mata tetap sehat, Anda harus menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk. Menggunakan smartphone di ruangan gelap berpotensi mengakibatkan mata rabun, karena layar hp mengeluarkan radiasi yang tidak baik untuk mata.

Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan hp dengan pencahayaan ruangan yang cukup. Lebih bagus lagi jika Anda tidak mengecek hp ketika lampu kamar dimatikan, karena kondisi ruangan yang gelap membuat mata tersiksa saat memelototi layar hp.

Jika Anda melihat layar komputer setiap hari, gunakan kacamata antiradiasi. Penggunaan kacamata antiradiasi dimaksudkan untuk meminimalisir efek negatif dari monitor, sehingga mata tidak akan cepat kering.

Selain itu jika Anda suka menonton TV, atur jarak dari layar televisi agar tidak terlalu dekat. Semakin besar ukuran layar TV, maka jarak yang diperlukan semakin jauh. Sama seperti layar hp dan monitor, TV juga mengeluarkan radiasi yang membuat mata kering.

Tips Mengatasi Mata Kering

Gejala mata kering bisa berupa mata merah, mata perih, dan cepat lelah. Jangan mengucek mata dengan tangan karena cara ini semakin menyakiti mata. Sebaiknya gunakan obat tetes mata ringan seperti Cendo Lyteers yang bisa Anda beli di apotek tanpa resep.

Obat tetes mata ringan perlu dimiliki oleh pekerja kantoran atau orang-orang yang sering berada di depan komputer setiap hari. Karena obat tetes mata ringan berfungsi sebagai pelembab untuk mata, terutama saat produksi air mata berkurang.

Kurangi penggunaan hp untuk menjaga mata tetap sehat. Jangan sampai Anda membuka sosial media atau bermain game selama berjam-jam, terutama jika itu tidak ada hubungannya dengan pekerjaan, batasi maksimal 30 menit per hari.

Membatasi waktu untuk sosial media dan game membuat Anda lebih sering berinteraksi dengan manusia di sekitar Anda. Mata tetap sehat, kehidupan sosial lebih berkualitas.

Konsumsi Makanan yang Baik untuk Mata

Telur adalah salah satu makanan yang bisa menjaga mata tetap sehat. Selain mengandung protein yang berfungsi sebagai cadangan energi dan pembentuk otot, telur juga mengandung vitamin A, Zinc, Lutein, dan Vitamin B12.

Konsumsi telur di pagi hari sebagai menu sarapan untuk mengawali hari Anda. Menu sehat mengkombinasikan telur dengan roti gandum dan sayuran. Sementara untuk Anda yang ingin karbohidrat lebih besar, bisa mengkombinasikan telur dengan nasi merah.

Bayam mengandung lutein, zeaxanthin, dan vitamin C yang bisa mencegah mata dari glaukoma. Penyakit glaukoma disebabkan oleh cairan mata berlebih atau tersumbatnya saluran pembuangan cairan. Penyakit ini tidak memperlihatkan gejala selain menghilangnya penglihatan secara perlahan.

Selain bayam, sayuran yang bisa menjaga mata tetap sehat adalah wortel. Sayuran yang berwarna oranye ini cukup unik karena bisa dijadikan minuman jus bersama buah-buahan lain. Wortel kaya akan beta-karoten yang dapat membentuk vitamin A.

Makanan lain yang ternyata baik untuk mata adalah tomat. Mengandung vitamin A, vitamin C, dan Lycopen yang tak hanya baik untuk mata tetapi juga menyehatkan kulit! Konsumsi tomat setiap hari agar kulit ternutrisi dari dalam.

Menjaga mata tetap sehat dimaksudkan untuk mencegah gangguan penglihatan. Jika mata sudah terganggu, biaya pemeriksaan ke dokter mata dan pengobatannya tidak murah. Selain itu mata yang sudah rabun akan menjadi ketergantungan pada alat bantu. (GaluhID/Elsa)

 
 
Loading...

Artikel Terkait

Temukan Kami

47,715FansSuka
241PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya