Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Meski Sudah Minta Maaf, Ridwan Saidi Enggan Cabut Pernyataannya

Berita Ciamis, galuh.id – Budayawan Betawi, Ridwan Saidi ini sudah meminta maaf kepada masyarakat Ciamis. Namun Babe Saidi enggan mencabut pernyataan “Galuh artinya brutal’.

Hal itu diyakini Babe Saidi sesuai hasil kuitipan dari kamus Armenia. “Kalau ada yang saya kutip, misalnya tentang arti Galuh itu dari kamus Armenia, kamusnya itu sendiri tidak bisa saya rubah. Saya minta maaf karena telah mengutip itu,” tuturnya.

Babe Saidi mengatakan bahwa dirinya tidak mencari sensasi sejarah, melainkan merekonstruksi sejarah.

“Saya minta maaf kalau misalnya apa-apa yang saya ungkapkan itu tidak berkenan, khususnya dalam konteks ini masyarakat Ciamis berkenaan dengan kerajaan Galuh,” terangnya.

Saat dimintai tanggapannya terkait Bupati Ciamis yang berencana untuk melakukan somasi ke jalur hukum, Ridwan mengaku pasrah.

“Ya silakan terserah, saya ini orang kecil tidak punya pangkat apa-apa. Mau diapain juga saya terima, pasrah aja,” ujarnya.

Bupati Ciamis Akan Laporkan Ridwan Saidi ke Polisi

Diberitakan sebelumnya, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan jika masyarakat Ciamis merasa terusik atas statement Babe Saidi yang menerangkan tidak ada indikator ekonomi di Ciamis sehingga disimpulkan olehnya tidak ada kerajaan Galuh.

Selain itu yang membuat geram masyarakat Ciamis adalah pernyataannya yang menyebut Galuh berarti brutal. Saidi pun menyebut Galuh berasal dari bahasa Armenia yang artinya negatif.

“Masyarakat Ciamis merasa terusik atas pernyataan Babe Saidi. Kita tidak ujug-ujug ada Galuh, para ilmuwan yang telah meneliti, bahkan peninggalannya pun ada,” ujar Herdiat saat menghadiri aksi bersama elemen masyarakat Ciamis menanggapi pernyataan Babe Said di Alun-alun Ciamis, Kamis (14/2/2020).

Herdiat pun mempertanyakan maksud dari pernyataan Ridwan Saidi tersebut. Selama ini masyarakat Ciamis dikenal sebagai masyarakat yang tenang. Namun dengan adanya statement itu, ketenangan masyarakat Ciamis jadi terusik.

Herdiat menambahkan, dirinya akan berembug bersama para sesepuh dan seniman Ciamis, juga para akademisi untuk menuntut Babe Saidi secara hukum.

“Kalau perlu kita tuntut Ridwan Saidi secara hukum,” tegasnya, diiringi tepuk tangan riuh dari ratusan peserta aksi.

Meskipun begitu, Herdiat mengimbau agar masyarakat Ciamis tidak arogan dan melakukan tindakan-tindakan brutal.

“Kita tidak boleh brutal. Tidak boleh arogan. Kita akan upayakan tuntut secara hukum,” tandasnya. (GaluhID/Arul)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,360FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.