Jumat, 25 Juni 2021
Jumat, 25 Juni 2021
BJB

Meskipun Ada Security, Warga Perum di Ciamis Lakukan Ronda Malam

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Warga di salah satu perum di Ciamis melakukan ronda malam, meskipun di Perum tersebut sudah ada petugas keamanan atau security.

Seperti yang dijelaskan oleh Bidang Keamanan Perumahan Griya Amarta Handapherang, Uus Rustandy warga perum adakan ronda malam.

“Alhamdulllah warga di sini turut serta membantu tugas security menjaga keamanan lingkungan Perum,” jelas Uus, Kamis (7/5/2020).

Uus menambahkan keamanan lingkungan Perum bukan hanya menjadi tangung jawab security, tetapi menjadi tangung jawab seluruh warga Perum di Ciamis.

Pencurian Kian Marak

Ronda malam yang dilakukan, bukan hanya menjaga keamanan lingkungan dari ancaman kejahatan pencurian yang kian marak di berbagai daerah.

Sehingga warga diharuskan membantu petugas keamanan Perum untuk turut serta menjaga keamanan lingkungan dengan menggalakkan ronda malam.

Ronda malam tersebut dilakukan oleh warga secara bergiliran, jadi meskipun terdapat petugas keamanan atau satpam Perum, warga tetap ronda malam.

Dalam melaksanakan ronda malam dalam upaya menjaga keamanan lingkungan, Uus melakukan koordinasi dengan pihak keamanan Desa Handapherang.

Selain dengan pihak keamanan Desa Handapherang, menurut Uus dirinya berkoordinasi dengan Karang Taruna Desa Handapherang.

“Dalam melakukan penjagaan ini koordinasi dengan pihak keamanan dan Karang Taruna Desa Handapherang,” jelas Uus yang juga aktifis LSM GMBI.

Uus menambahkan selain menjaga lingkungan dari tindakan kejahatan, pihaknya juga memantau pergerakan masyarakat yang datang terutama yang dari zona merah.

Jika ada warga yang berasal dari zona merah menurut Uus, harus lapor pada tim penanggulangan Covid-19 terlebih dahulu.

“Kami koordinasi dengan pihak penanggulangan Covid-19 jika ada warga atau tamu yang datang dan berasal dari zona merah,” jelas Uus.

Makanya kami bersama dengan tim keamanan lingkungan desa Handapherang berkoordinasi dalam upaya pencegahan tindak kejahatan dan juga antisipasi penyebaran Covid 19.

Untuk mengantisipasi warga yang datang dari zona merah, keamanan Perum akan memeriksa identitas dan meminta tamu untuk menunjukan kartu identitas.

Selain itu tamu yang datang diwajibkan untuk cuci tangan dan wajib memakai masker, dan di pintu masuk terpampang protokol kesehatan yang harus dijalani.

Sementara itu salah seoran warga perum, Ebeg menyampaikan, dengan adanya ronda malam warga menjadi lebih tenang dan tidak was-was.

“Dengan ronda malam membuat kami lebih tenang, tidak was-was karena selain satpam terdapat juga warga yang berjaga secara bergantian,” jelasnya. (GaluhID/Ardiansyah)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
256PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan