Selasa, 22 Juni 2021
Selasa, 22 Juni 2021
BJB

Motor Listrik FST-T8 Seharga Beat, Mirip Yamaha XMAX?

spot_img

Motor listrik FST-T8 merupakan salah satu produk motor dari FST Moto yang berasal dari Tiongkok. Spesifikasi dari motor ini tentu saja cukup membuat penasaran, apalagi konon memiliki harga yang murah pula.

Motor ini disebut memiliki kemiripan dengan Yamaha XMAX, namun tahukah anda bahwa harga motor tersebut setara dengan harga 1 unit Honda Beat ?

Selain itu, penggunaan motor listrik untuk kendaraan pun menunjukan peningkatan di beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Yamaha Mio Jadul Naik Daun, Harga Tembus Belasan Juta Rupiah

Nilai lebih ketika menggunakan kendaraan bertenaga listrik pun tentu akan lebih ramah lingkungan atau memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Sehingga tak heran jika beberapa perusahaan berlomba-lomba dalam mengembangkan motor listrik.

Motor Listrik FST-T8

Lalu seperti apakah motor lisytrik yang digadang-gadang memiliki desain yang mirip Yamaha XMAX namun harga setara dengan Honda Beat?

Desain

Salah satu motor listrik yang dikembangkan oleh pabrik Tiongkok adalah motor listrik FST-T8 yang dirancang dengan teknologi bahan bakar listrik.

Dalam hal tampilan, motor listrik ini mirip dengan Yamaha XMAX. Hal ini tampak pada bagian depan dengan desain headlamp runcing bergaya mata elang yang membuat kesan agresif.

Kesan sporty pun tentu muncul pada motor listrik FST-T8 ini karena lengkap dengan windshield yang cukup besar seperti motor-motor touring. Keuntungan terpasangnya windshield pada motor adalah untuk memecah angin dari arah depan ketika sedang berkendara.

Beralih pada jok, memiiki diameter luas yang cukup untuk membuat duduk nyaman ketika berendara sendiri maupun boncengan.

Baca Juga: Harga Yamaha XMAX Terbaru, Cek Spesifikasi Lengkapnya!

Salah satu nilai tambah pada motor ini adalah memiliki senderan pada bagian belakang, hingga membuat nyaman yang dibonceng.

Bagasi yang melengkapi motor pun tampak sangat luas, hingga mampu memuat banyak barang.

Soal pijakan kaki pengendara juga memiliki desain yang sangat baik, sehingga pengendara tetap rileks namun fokus baik di posisi kaki tegak atau posisi kaki santai.

Bergeser ke arah samping, tarikan desain motor listrik besutan Tiongkok ini mirip dengan mayoritas skutik Yamaha Maxi yang berkesan agresif.

Baterai

Tipe baterai dalam motor listrik FST-T8 adalah Lead Acid dengan kapasitas 72 V 20 Ah. Waktu untuk pengisian baterai hingga penuh sekitar 6 hingga 8 jam.

Dalam sekali melakukan charging baterai, motor listrik ini mampu menempuh jarak hingga 60 hingga 160 km. Hal ini pun tergantung dengan kecepatan tempuh ketika berkendara.

Estimasi waktu untuk pengisian baterai terbilang cukup lama, mungkin hal ini dapat menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian. Apalagi jika motor akan digunakan untuk berkendara dengan jarak yang cukup jauh.

Performa

Soal performanya, motor listrik FST-T8 ini memiliki daya maksimal hingga 3 kW atau setara dengan 4 dk dengan klaim kecepatan tempuh maksimal hingga 85 km/jam.

Kecepatan motor listrik ini terbilang cukup bagus, terutama untuk berkendara sehari-hari dengan jarak tempuh tidak terlalu jauh.

Fitur

Fitur yang melengkapi motor listrik ini pun tentu sangat modern dan sudah pasti menarik. Dari lapu yang terpasang di bagian depan dan belakang pun sudah jelas menggunakan LED.

Apalagi dengan rem cakram yang terpasang pada bagian depan dan belakang. Dan lebih aman lagi bahwa rem bagian belakang sudah lengkap dengan sistem ABS.

Harga

Dengan berbagai kecanggihan motor listrik FST-T8, ternyata harganya cukup mencengangkan. Bandrol harga motor tersebut sebesar 1150 Dollar AS, jika dalam rupiah yaitu sekitar Rp 16,5 jutaan saja. Tentu saja harga tersebut belum termasuk dengan ongkos kirim dari Tiongkok.

Dengan harga Rp. 16,5 jutaan, di pasar Indonesia sekarang ternyata setara dengan harga motor matic Honda Beat. Harga Honda Beat OTR Jakarta berada di kisaran Rp. 15, 45 jutaan hingga Rp. 17,15 jutaan.

Bagaimana Anda tertarik dengan motor listrik? Mungkin saja motor listrik FST-T8 asal Tiongkok bisa menjadi salah satu pilihan. Cukup sediakan budget Rp 16,5 jutaan beserta dengan ongkirnya. (GaluhID/Dianti Rahayu)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
254PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan