oleh

Musim Kemarau, Pernikahan di Ciamis Meningkat

 
 

Ciamis, galuh.id – Musim kemarau tidak menghalangi keluarga untuk menikahkan anak-anaknya. Hal ini terlihat dari pendaftaran pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis yang mengalami peningkatan pada bulan Agustus 2019.

Kepala KUA Kecamatan Ciamis H. Jamaludin, S.Ag. M.Pd.I membenarkan adanya peningkatan pendaftaran pernikahan di wilayah Kecamatan Ciamis, sampai saat ini sudah 161 pasangan menikah di bulan Agustus.

“Di bulan Agustus ini juga bertepatan dengan bulan Islam (Hijriah) yaitu bulan haji, biasanya di bulan haji ini banyak masyarakat yang melakukan pernikahan setiap tahunnya,” ujar Jamaludin kepada Galuh ID, Jumat (30/8/2019).

Jamaludin mengatakan bulan haji yang bertepatan dengan bulan Idul Adha di masyarakat Sunda dikenal dengan nama Rayagung, yaitu hari raya yang agung atau hari raya besar, karena pada bulan ini umat Islam selain merayakan Hari Raya Idul Adha, juga bulan berangkat berhaji ke tanah suci Mekkah dan Medinah.

“Mungkin dianggapnya bulan baik sehingga diramaikan dengan banyaknya pasangan pengantin yang menikah dengan harapan mengambil momen yang agung di bulan Rayagung,” katanya

Menurutnya, masyarakat meyakini bulan Haji merupakan bulan baik, sehingga banyak dimanfaatkan untuk melakukan pernikahan di Ciamis.

Jamaludin menyampaikan rata-rata pernikahan dalam setahun ada sekitar 850 pasangan menikah, dan di tahun 2019 sampai bulan Agustus 2019 sudah 645 pasangan yang melakukan pernikahan di KUA Kecamatan Ciamis.

“Di tahun ini sampai bulan Agustus yang melakukan pernikahan meningkat dibanding dengan tahun lalu, dengan meingkatnya pernikahan, ini menurut saya sangat baik untuk menghindari perilaku-perilaku yang dilarang oleh norma-norma agama,” paparnya.

Selain bertepatan dengan bulan Haji, Jamaludin menambahkan saat ini sedang musim kemarau sehingga banyak wilayah ciamis mengalami kekeringan dan krisis air.

“Mungkin sedikit menjadi kendala bagi masyarakat yang akan melakukan hajat pernikahan karena pasti membutuhkan air yang banyak untuk acara di pernikahannya,” ucapnya. (galuh.id/Arul)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA