Sabtu, 28 November 2020
Sabtu, 28 November 2020
 
 

Pemerasan di Pesantren Ciamis, 2 Pria Ngaku Agen KPK Minta Rp 20 Juta

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Kepolisian berhasil menangkap 2 orang pria diduga pelaku pemerasan di pesantren Ciamis. Untuk melancarkan aksinya pelaku mengaku sebagai Agen KPK pada tanggal 25 Agustus 2020. Kedua pelaku ini berhasil diamankan berkat laporan korban yang diperas oleh kedua tersangka.

Kedua tersangka ini menggunakan nama instansi KPK untuk melakukan pemerasan kepada yayasan rehabilitasi narkotika. Yayasan yang bertempat di Dusun Bojong, Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis tersebut didatangi kedua tersangka untuk memerasnya.

Kepolisian Ciamis langsung melakukan konferensi pers pada hari senin 31 Agustus 2020 di halaman Mapolres Ciamis. Konferensi pers pun dilakukan dengan menggunakan protokol kesehatan yang berlaku di masa pandemi Corona.

Pada tanggal 25 Agustus 2020 pukul 20.17 WIB, modus operandi tersangka adalah tersangka mengaku sebagai agen KPK. Kedua tersangka mengaku mendapatkan data dana bantuan dari BNN Pusat pada tahun 2016.

Yayasan Arrahmaniyah adalah target korban kedua tersangka ini untuk melakukan pemerasan. Kedua tersangka menggunakan istilah 20 rantang untuk meminta uang yang artinya 20 juta rupiah.

Kronologis Penangkapan Pelaku Pemerasan di Pesantren Ciamis

Korban didatangi oleh kedua tersangka di Ciamis tepatnya di daerah Cikijing dan mengaku sebagai anggota KPK. Kedua tersangka itu meminta nominal uang Rp 20 juta karena memiliki data terkait keuangan dari BNN pusat.

Korban yang tidak berdaya terpaksa memberikan uang sebesar 2,7 juta saja karena tidak memiliki uang lagi. Merasa keberatan akan hal itu pihak yayasan langsung melaporkan kejadian tersebut kepada kepolisian.

Mendapat laporan tersebut, Kepolisian langsung melakukan gerak cepat untuk melakukan olah TKP. Polisi langsung melakukan penyelidikan di tempat kejadian perkara di desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing.

Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra mengungkapkan bahwa timnya telah menangkap 2 tersangka berinisial EW dan AS. Ia pun menyatakan bahwa selain tersangka, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti uang sebesar Rp 2,7 juta.

Tak hanya uang tunai, pihak kepolisian juga mengamankan berbagai barang bukti lain yang digunakan tersangka. Dua buah handphone, satu buah lencana LAKRI (LSM) dan satu unit kendaraan roda 4 yang digunakan tersangka. 

Setelah dimintai keterangan ternyata kedua pria ini tidak memiliki identitas di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kapolres Ciamis juga mengungkapkan bahwa data dari BNN yang dijadikan ancaman itu tidak pernah ada.

Pasal yang Dilanggar

Kedua tersangka ini akan dijerat dengan pasal 369  ayat 1 KUHP. Pasal 361 adalah mengenai ancaman untuk menguntungkan diri sendiri, hukumannya adalah 4 tahun penjara.

Tersangka juga bisa melanggar pasal 378 KUHP yaitu menggunakan nama palsu dan kebohongan untuk keuntungan diri sendiri. Jika yang digunakan pasal ini maka hukumannya juga sama yaitu 4 tahun penjara.

Kedua tersangka pelaku pemerasan pesantren di Ciamis yang mengaku sebagai agen KPK ini harus mempertanggung jawabkan yang telah dilakukannya. Kasus ini masih akan terus dilanjutkan oleh pihak Polres Ciamis. (GaluhID/Putra)

Loading...

Artikel Terkait

Reses Anggota DPRD di Sagalaherang Ciamis, Masyarakat Kesulitan Air

Berita Ciamis, galuh.id - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ciamis dari Fraksi Demokrat Iyan Sofyan menggelar reses di Desa Sagalaherang, Kecamatan...

Gerakan Tanam Padi Organik, Bupati Ciamis: Manfaatkan SDA dengan Baik

Berita Ciamis, galuh.id - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya hadiri Gerakan Tanam Padi Organik poktan (Kelompok Tani) Tirta Pusaka di Desa Pamokolan, Kecamatan...

Kelurahan Ciamis Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW Secara Terbatas

Berita Ciamis, galuh id - Kelurahan Ciamis menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hjiriah secara terbatas, di Aula Kelurahan Ciamis,...

Temukan Kami

48,648FansSuka
214PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Harga iPhone 12 Mini, Sesuai Dengan Spek yang Ditawarkan

Harga iPhone 12 mini jadi yang paling murah daripada seri lain dari iPhone 12. Apple mengklaim, iPhone 12 Mini merupakan ponsel 5G...

Cetak Rekor Menang Beruntun, AS Roma Beneran Jago di Liga Eropa?

AS Roma berhasil mengamankan satu tempat di babak 32 besar Europa League pada musim 2020/2021 ini. Hal ini mereka...

Daftar Lengkap Pemenang AMI Awards 2020, Noah Sabet 3 Penghargaan

Daftar lengkap pemenang AMI Awards 2020 telah penyelenggara umumkan. Banyak penyanyi dan musisi terbaik negeri ini yang kembali mendapatkan pengahargaan.

BTS Dapat Nominasi Grammy Awards 2021, Jungkook Dkk : ARMY Membuat Keajaiban

BTS dapat nominasi Grammy Awards 2021. Ini adalah kali pertama grup KPOP mampu menembus nominasi Best Performance. Grammy Awards...

Reses Anggota DPRD di Sagalaherang Ciamis, Masyarakat Kesulitan Air

Berita Ciamis, galuh.id - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ciamis dari Fraksi Demokrat Iyan Sofyan menggelar reses di Desa Sagalaherang, Kecamatan...