Senin, 21 September 2020
Senin, 21 September 2020
 
 

Penyebab Rambut Bercabang, Hindari Kebiasaan Ini

Penyebab rambut bercabang bisa berasal dari kebiasaan buruk terhadap rambut. Kerusakan pada rambut bercabang ditandai dengan kondisi rambut yang kusam, kering, bagian ujung terbagi menjadi dua bagian atau lebih.

Baca Juga: Rambut Bercabang? Begini Cara Mengatasinya!

Untuk menghilangkan masalah rambut, coba periksa apakah hal-hal ini ada di kehidupan sehari-hari? Waspada dengan kerusakan rambut! Karena jika sudah rusak, akan sulit memulihkannya kembali.

Penyebab Rambut Bercabang

Sebelum memperbaiki kondisi rambut, kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat merusak rambut perlu dihilangkan. Karena jika tidak dihilangkan maka masalah rambut akan datang lagi.

Kurangnya Perawatan

Kurang perawatan bisa menjadi penyebab rambut bercabang yang utama. Rambut perlu dirawat agar tetap sehat dan indah. Kurangnya perawatan menimbulkan berbagai masalah pada rambut.

Banyak orang hanya menggunakan shampo saja untuk membersihkan rambut dan kulit kepala. Namun, shampo yang beredar di pasaran umumnya mengandung bahan kimia yang dapat menghilangkan minyak alami dari kulit kepala.

Akibatnya, rambut cenderung lebih mudah kusut. Penggunaan conditioner setelah keramas dapat mencegah rambut kusut, karena conditioner menutrisi rambut, menggantikan minyak alami rambut yang hilang akibat shampo.

Selain conditioner, gunakan pula vitamin rambut. Produk vitamin rambut yang mengandung olive oil, aloe vera, dan argan oil dapat menghindarkan penyebab rambut bercabang.

Kebiasaan Buruk pada Rambut

Ada beberapa kebiasaan buruk yang memperparah kerusakan rambut. Salah satunya ketika selesai keramas, sering menggosok-gosokan handuk ke rambut dengan kasar dengan tujuan rambut basah cepat kering.

Terlalu sering menggosok-gosok rambut dengan handuk menjadi penyebab rambut bercabang, sehingga masalah yang dialami tak hanya ujung bercabang tetapi juga kerontokan.

Mulai sekarang hentikan kebiasaan buruk satu ini. Tepuk-tepuk handuk ke rambut dengan perlahan, agar folikel rambut tidak mudah rusak. Jangan terburu-buru menyisir rambut saat masih basah, tunggu hingga rambut setengah kering.

Jika Anda sering bepergian dengan sepeda motor, cuci helm secara rutin. Bakteri yang bersarang di helm bisa menyebabkan rasa gatal pada rambut dan cenderung mudah lepek. Menggunakan sarung bantal dengan bahan lembut juga dapat mencegah rambut rusak.

Terkena Panas Tanpa Perlindungan

Sama seperti kulit yang butuh tabir surya, rambut juga butuh perlindungan sebelum terkena panas. Beberapa jenis vitamin rambut ada yang bisa melindungi dari panas dari sinar matahari, tetapi akan jauh lebih efektif jika rambut ditutup dengan topi atau hijab.

Ketika menggunakan hair dryer, setel level panas medium dan gunakan dalam jarak sekitar 20-30 cm pada pangkal rambut. Biarkan bagian ujung kering secara alami agar tidak menjadi penyebab rambut bercabang.

Sebelum menggunakan alat catok, pastikan rambut telah diberi produk heat protection. Merk yang bisa Anda coba beberapa diantaranya adalah Tresemme Keratin Smooth Heat Protect Spray, Pantene Heat Primer, dan Lucido-L Heat Protection.

Terlalu Sering Terkena Bahan Kimia

Banyak orang suka mewarnai rambut untuk menutupi uban atau mempercantik diri. Sayangnya, cat rambut bersifat keras dan cenderung membuat rambut mudah kering. Penyebab rambut bercabang bisa jadi karena penggunaan bahan kimia yang keras, kemudian tidak dirawat dengan benar.

Selain itu, meluruskan rambut secara permanen juga melibatkan bahan kimia. Agar rambut tetap kuat dan sehat, gunakan perawatan secara rutin. Apalagi jika rambut sudah diwarnai dan diluruskan, produk perawatan sehari-hari akan sangat dibutuhkan.

Menggunakan hair mask atau masker rambut bisa memperbaiki kerusakan. Meski cara ini terasa rumit bagi sebagian orang yang tidak terbiasa, tetapi hasil yang diberikan cukup sepadan. Rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk merawat rambut. Seperti membilas rambut dengan air perasan lemon, mengumpulkan sendiri ekstrak lidah buaya, serta mengoleskan minyak zaitun sebelum keramas.

Rambut bercabang tidak terjadi dengan sendirinya. Kurangnya perawatan, kebiasaan buruk sehari-hari, sering terkena panas dan bahan kimia yang keras bisa jadi penyebab rambut bercabang. (GaluhID/Elsa)

Loading...

Artikel Terkait

Manfaat Toner Air Mawar, Wajah Cantik dan Terawat

Manfaat toner air mawar bagi wajah cukup banyak dan harganya terjangkau. Produk kecantikan yang terbuat dari sari-sari kelopak bunga mawar asli ini...

Menjaga Mata Tetap Sehat, Konsumsi Makanan Ini

Menjaga mata tetap sehat perlu dilakukan agar penglihatan terhindar dari rabun jauh dan rabun dekat. Jika mata menjadi rabun, maka Anda perlu...

Cara Meluruskan Rambut Secara Permanen

Cara meluruskan rambut bisa dilakukan dengan cara alami atau menggunakan produk khusus. Setiap metode yang dipilih memiliki kelebihan dan kekurangan, serta menghasilkan...

Temukan Kami

48,775FansSuka
191PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Video TikTok Guru Viral, Do’akan Murid Dicabut Nyawanya

Video TikTok Guru viral menjadi sorotan banyak warganet. Tidak heran lagi jika jaringan sosial dan platform asal Tiongkok tersebut akhir-akhir ini selalu...

Oppo Find X2 Pro Lamborghini, HP Mewah Berapa Harganya?

Oppo Find X2 Pro Lamborghini sudah resmi dirilis di negara asalnya yaitu China dan akan segera dipasarkan ke seluruh dunia. Seri lamborghini...

Film Peninsula: Tran to Busan 2, Kisah Zombie Korea yang Menegangkan

Film Peninsula merupakan sekuel kedua dari Train To Busan yang dirilis pada tahun 2016 silam. Train to Busan menjadi salah satu film...

Penjualan Daring Toyota, Peluang di Tengah Pandemi Covid-19

Penjualan Daring Toyota merupakan jalur pemasaran alternatif yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Hal ini dipicu pandemi Covid-19, sehingga strategi...

Penundaan Pencairan BLT BPJS Tahap 4, Ini Kata Menaker

Penundaan pencairan BLT BPJS tahap 4 diumumkan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Lantaran masih ada proses yang harus ditempuh. Menteri...