Minggu, 26 September 2021
Minggu, 26 September 2021

Pertama, Pelantikan Kepala Desa di Ciamis Digelar di Stadion Galuh

Berita Ciamis, galuh.id – Pelantikan Kepala Desa di Ciamis berlangsung di Stadion Galuh, Rabu (3/2/2021). Pelantikan di stadion ini merupakan yang pertama kalinya.

Di stadion Galuh, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya melantik dan mengambil sumpah jabatan 143 Kepala Desa terpilih periode 2021-2027.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Herdiat pun menyampaikan ucapan selamat kepada para kepala desa (Kades) yang baru selesai pelantikan.

“Selamat untuk 143 Kades. Semoga dapat mengemban tugas dan amanah sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Herdiat pun mengingatkan agar para Kepala Desa dalam menjalankan tugasnya harus tertib administrasi, terutama tata kelola keuangan.

“Saya harapkan para Kades untuk dapat tertib dalam pengelolaan administrasi keuangan. Sesuai dengan perundang-undangan,” katanya.

Menurutnya, anggaran keuangan desa saat ini cukup besar. Bahkan lebih besar dari SKPD. Oleh karena itu, Kades harus tertib mengelolanya karena masyarakat mengawasi dan memantau.

Kadang anggaran APBDes, kata Herdiat, lebih besar dan tidak kurang dari 2 milyar. Bahkan ada juga yang lebih sehingga harus ada ketelitian.

“Jangan lupa, kita ini bekerja diawasi. Masyarakat sekitar memantau dan oleh semuanya. Saya tidak mau bila sampai ada yang terjerat hukum,” ujarnya.

Herdiat pun mengajak para Kepala Desa untuk sama-sama membangun dan menata desa masing-masing agar menjadi lebih baik dan lebih maju.

“Bekerjalah dengan semangat, tulus serta ikhlas. Kita akan mampu dan bisa apabila berjalan bersama-sama seirama untuk memajukan Tatar Galuh Ciamis,” ucapnya.

Herdiat juga berpesan kepada para kades terpilih yang agar dapat melupakan proses Pilkades yang telah lalu dan lebih fokus untuk membangun desa.

Menurut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Ciamis, Ika Darmaiswara, pelantikan itu sebagai bentuk legalitas formal untuk menjalankan tugas jabatan Kepala Desa.

Sebanyak 142 Kepala Desa menjalani pelantikan secara langsung oleh Bupati Ciamis. Sedangkan satu orang lainnya mengikuti pelantikan secara virtual.

Ia juga menyampaikan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kepala Desa di Stadion Galuh Ciamis telah memenuhi protokol kesehatan. (GaluhID/Evi)

Editor : Evi

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
275PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan