Kamis, 16 September 2021
Kamis, 16 September 2021
spot_img

Potensi Budidaya Ikan Koi Ciamis di Masa Pandemi Covid-19

Berita Ciamis, galuh.id – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan budidaya ikan koi Ciamis merupakan potensi luar biasa di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Hal itu ia sampaikan saat menerima silaturahmi dari AMplus dan Pembudidayaan Ikan Koi Ciamis di Joglo Barat Kantor Bupati Ciamis, Senin (28/12/2020).

Menurutnya, meskipun masih dalam situasi pandemi, masyarakat harus lebih kreatif dan inovatif.

“Potensi sumber daya alam Ciamis sangat luar biasa. Memungkinkan untuk usaha pembudidayaan ikan koi,” kata Herdiat.

Ia pun menyarankan dalam pengembangan budidaya ikan koi bekerja sama dan berkolaborasi dengan pengusaha. Agar proses breading dan pemasarannya berjalan baik.

“Semoga ikan koi Ciamis bisa go internasional,” tutur Bupati Herdiat.

Presdir AMplus, Ari Mirza, menjelaskan tujuan silaturahmi tersebut untuk mengenalkan ikan koi dari segi pemberdayaan masyarakat dan prospek keuntungannya.

Pihaknya menyampaikan kepada Bupati Ciamis terkait pemberdayaan Bumdes melalui budidaya ikan koi. Selain itu, memberikan hasil produksi ikan koi binaan AMplus.

”Selain untuk pemberdayaan masyarakat, budidaya ikan ini juga upaya bangkit dari masa keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19,” jelas Ari.

AMplus pun telah membina 15 Bumdes dalam pembudidayaan ikan koi. Antara lain di beberapa Desa Kecamatan Cipaku, Baregbeg, Panumbangan, Kawali dan Lumbung.

“Kita bekerja sama dengan Bumdes. Tahun 2021 kita menargetkan ada 30 Bumdes yang bekerja sama dengan AMplus untuk pembudidayaan ikan ini,” terangnya.

Ia pun mengharapkan ikan koi Ciamis bisa menguasai pangsa pasar Indonesia dan target untuk ekspor keluar negeri.

“Kita sudah memiliki investor. Saat ini sedang menyiapkan untuk ekspor,” katanya.

Bagi Bumdes yang berminat gabung kemitraan dengan AMplus, syaratnya yaitu harus memiliki direktur dan kepala desa, menyertakan fakta integritas, dan penyertaan modal.

Pada kesempatan tersebut, Ari juga mengumumkan bahwa pada tanggal 7 Maret 2021 mendatang akan ada panen raya dengan bazar selama 2 hari.

Dalam kegiatan itu akan ada kontes ikan koi antar Bumdes, kemudian akan ada pula kontes kategori umum dengan merebutkan Piala Bupati. (GaluhID/Evi)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
274PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan