Kamis, 3 Desember 2020
Kamis, 3 Desember 2020
 
 

Puting Beliung di Pamarican Ciamis, 252 Rumah Warga dari 6 Desa Rusak

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Sebanyak 252 rumah warga rusak akibat hujan deras dan angin puting beliung yang menerjang wilayah Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020 ) lalu.

Selain itu, juga merusak 3 fasilitas umum dan 1 kandang ayam tempat usaha warga Pamarican.

Anggota Tagana Kabupaten Ciamis, Baehaqi Efendi menyebutkan, hujan deras dengan angin puting beliung di Pamarican terjadi Jumat (13/11/2020 ) sekitar pukul 16.00 WIB.

“Kejadiannya begitu cepat. Pada saat kejadian, banyak pohon tumbang yang menimpa rumah. Selain itu atap rumah pun banyak yang beterbangan akibat hembusan angin puting beliung,” katanya, Minggu (15/11/2020).

Tagana Ciamis mencatat sebanyak 252 rumah warga rusak. Kemudian 1 kandang ayam tempat usaha warga dan 3 fasilitas umum seperti Mushola, Poskesdes dan Balai Dusun juga mengalami kerusakan.

Beki, sapaan dari anggota Tagana Ciamis ini menuturkan, ada 6 desa yang di Kecamatan Pamarican yang terkena musibah angin puting beliung, mulai dari kerusakan ringan, sedang hingga parah.

Enam desa yang terdampak musibah tersebut diantaranya Desa Sukajaya, Desa Bantarsari, Desa Margajaya, Desa Pasirnagara, Desa Neglasari dan Desa Sidamulih.

Desa Terdampak Puting Beliung di Pamarican Ciamis

Dari keenam desa yang mengalami kerusakan, lanjut Beki, yang paling parah adalah Desa Sukajaya. Beruntung tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam peristiwa tersebut.

Masyarakat setempat beserta Pemdes, Polisi, TNI, BPBD, Tagana Ciamis, GSR, dan relawan bergotong royong mengevakuasi pohon-pohon tumbang dan membersihkan puing-puing bangunan.

“Alhamdulillah semuanya telah selesai Sabtu (14/1/2020) kemarin,” terang Beki.

Adapun rincian kerusakan dampak dari angin puting beliung yaitu Desa Sukajaya sebanyak 113 rumah rusak dan 2 fasilitas umum seperti Poskesdes serta Balai Dusun rusak.

Berikutnya, kerusakan di Desa Bantarsari 86 rumah, Desa Margajaya 24 rumah, Desa Neglasari 7 rumah, dan Desa Sidamulih 4 rumah.

Sementara kerusakan di Desa Pasirnagara 18 rumah, 1 kandang ayam tempat usaha warga dan 1 mesjid.

Saat ini kata Beki, korban terdampak angin puting beliung sangat mengharapkan adanya bantuan dari pemerintah daerah Kabupaten Ciamis. Selain itu juga dari para agnia.

“Mari sama-sama ulurkan tangan kita. Demi meringankan beban saudara kita yang terkena musibah angin puting beliung di Kecamatan Pamarican,” ucap Beki. (GaluhID/Uus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Gara-gara Tanam Pisang, Warga Ciamis Ini Dapat Hadiah Domba

Berita Ciamis, galuh.id - Tanam pisang di Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing, salah satu warganya mendapatkan hadiah domba dari panitia, Rabu...

Operasi Yustisi di Banjarsari Ciamis, 60 Pelanggar Kena Sanksi Sapu Jalan

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 60 warga terjaring operasi yustisi di depan alun - alun Banjarsari Ciamis. Mereka kedapatan tidak memakai masker...

11 Warga Positif Corona, Kantor Desa Sukajadi Ciamis Tutup 3 Hari

Berita Ciamis, galuh.id - Kantor Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, tutup 3 hari. Penutupan kantor desa itu lantaran kasus Covid-19 di...

Temukan Kami

48,648FansSuka
215PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Jin BTS Dapat Penangguhan Wajib Militer, Kabar Gembira Untuk ARMY

Jin BTS dapat penangguhan wajib militer dari Badan Administrasi Militer Korea Selatan. Hal tersebut atas pertimbangan pelbagai prestasi yang BTS peroleh.

Zanziman Ellie Manusia Hutan Dari Afrika, Mowgli ‘The Jungle Book’ di Dunia Nyata

Zanziman Ellie manusia hutan dari Afrika kini tengah ramai jadi sorotan. Pasalnya ia memiliki kemiripan dengan karakter Mowgli dalam film The Jungle...

Prediksi Boruto Chapter 53, Jougan Boruto Aktif dan Kawaki Mendapatkan Kembali Kekuatan Karmanya

Prediksi Boruto Chapter 53 sepertinya masih akan berkutat pada pertempuran epik antara Naruto melawan Isshiki. Hal ini pastinya membuat...

Spesifikasi HP Samsung Galaxy A12 Mampu Menarik Perhatian Berbekal Quad Kamera

Spesifikasi HP Samsung Galaxy A12 memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat pada pasar Indonesia. Banyak orang yang mengetahui brand asal Korea Selatan...

Gara-gara Tanam Pisang, Warga Ciamis Ini Dapat Hadiah Domba

Berita Ciamis, galuh.id - Tanam pisang di Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing, salah satu warganya mendapatkan hadiah domba dari panitia, Rabu...