Jumat, 18 Juni 2021
Jumat, 18 Juni 2021
BJB

PWI Ciamis Kutuk Kekerasan Terhadap Jurnalis di Palestina

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – PWI Ciamis bersama organisasi wartawan lainnya menggelar aksi solidaritas atas kekerasan terhadap jurnalis di Palestina, Kamis (20/5/2021).

Mereka mengawali aksi dengan longmarch dari Jalan Kaum menuju Alun-alun Ciamis. Para jurnalis ini lalu melakukan orasi di tengah jalan kawasan Alun-alun.

Dalam kegiatan tersebut, puluhan jurnalis dari berbagai media dan organisasi membawa rangkaian satu huruf yang bertuliskan “Save Journalist”.

Berlanjut tabur bunga di atas kamera dan ID card masing-masing media serta membacakan puisi.

Aksi solidaritas para jurnalis di Ciamis berjalan dengan aman dan lancar serta mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian.

Rizal Nurdiana selaku korlap sekaligus Anggota PWI Ciamis menyebut aksi ini sebagai bentuk kecaman kepada Israel yang mengebom kantor-kantor media.

Hal tersebut mereka nilai sebagai upaya pembungkaman. Apalagi banyak sensor terhadap pemberitaan kekerasan di Jalur Gaza.

Rizal mengatakan, aksi tersebut sebagai bentuk solidaritas kepada para jurnalis peliput di Palestina yang mendapat kekerasan.

“Kami mengutuk kekerasan terhadap jurnalis. Media dan juga warga sipil di Palestina,” tegasnya.

Pembungkaman media sebagai ujung tombak informasi dengan kekerasan menurut Rizal, adalah tindak kejahatan. Harus dipertanggung jawabkan ke mahkamah internasional.

Selan itu, pihaknya juga mendesak pemerintah untuk ikut aktif mendamaikan konflik Israel-Palestina.

Termasuk kata Rizal, turut aktif menghentikan kekerasan terhadap jurnalis dan warga sipil Palestina.

Tak hanya PWI, sejumlah jurnalis dari organisasi IJTI Galuh Raya juga ikut bergabung melaksanakan aksi tersebut.

Mereka menyerukan organisasi-organisasi dan komunitas internasional sama-sama melakukan langkah aktif serta solidaritas terhadap jurnalis. (GaluhID/Evi)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
253PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan