oleh

Relawan Covid-19 Banjarsari Ciamis Gencar Berbagi dengan Warga

Hubungi
 
 

Berita Ciamis, galuh.id – Relawan Siaga Covid-19 Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis kian gencar memberikan berbagai bantuan kepada masyarakat dan pihak yang membutuhkan.

Koordinator Relawan, Apriyana, mengatakan, bantuan yang diberikan berbentuk 200 paket sembako, 100 pcs Hand Sanitizer dan 50 pcs Masker.

Menurutnya, bantuan yang diberikan kepada warga maupun berbagai pihak yang membutuhkan merupakan hasil dari swadaya masyarakat.

“Kami dari Karang Taruna merasa resah atas kondisi pandemi yang terjadi, maka kami membentuk relawan Covid-19 di desa,” ujar Sekretaris Karang Taruna Desa Cibadak tersebut kepada GaluhID. Minggu (26/04/2020).

Dia melanjutkan, secara formal, Gugus Tugas Covid-19 di tingkat desa telah dibentuk sesuai Surat Edaran Nomor 08 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa.

Namun, pihaknya mengakui, pada pelaksanaannya tetap dalam arahan Kepala Desa Cibadak dan bersinergi dengan Gugus Tugas yang ada.

“Kami tetap dalam satu koordinasi. Mengenai anggaran pun, karena keadaan mendesak, kami perlu gerak cepat daripada menunggu pencairan APBDes untuk penanggulangan Covid-19,” ungkapnya.

Di menambahkan, hasilnya di lapangan ternyata kepekaan masyarakat masih kuat. Pengumpulan dana kemudian digunakan untuk pengadaan paket sembako.

Setelah didata, tuturnya, tentu warga yang belum mendapat bantuan dari pemerintah lebih diprioritaskan untuk disuplai sembako.

Karang Taruna akan Gencar Berbagi dengan Warga

Sejurus dengan itu, Ketua Karang Taruna Desa Cibadak, Ilham Maulana Malik mengatakan, menghadapi bulan suci Ramadhan jangan sampai ada warga Cibadak yang masih cemas karena tidak bisa ikut Sahur.

Kendati demikian, pihaknya bersama Relawan Siaga Covid-19 akan terus gencar berbagi dengan warga. “Jangan sampai ada warga Cibadak yang takut besok Sahur bisa makan atau tidak,” ucapnya saat diwawancarai.

Ilham menuturkan, ke depan, pihaknya bersama relawan akan terus mendata mana saja warga yang masih membutuhkan bantuan. Sekaligus membagikan cairan disinfektan kepada warga.

“Pembagian sembako akan terus berlanjut dalam rangka menguatkan ketahanan pangan di tengah Pandemi,” terang Ilham.

Sekaligus, lanjutnya, nanti akan dibagi perbotol cairan disinfektan masing-masing per kepala keluarga di Desa Cibadak.

Di sisi lain, Kepala Desa Cibadak, Wahyudin mengungkapkan, inisiatif Karang Taruna patut diapresiasi.

“Semoga semangat Karang Taruna tetap konsisten. Tunjukkan bahwa pemuda itu memiliki tanggung jawab terhadap desanya sendiri. Dan sejauh ini Karang Taruna sudah melangkah jauh,” tandasnya. (GaluhID/Maulana)

Loading...
loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA