Jumat, 17 September 2021
Jumat, 17 September 2021
spot_img

Rumah Warga di Sukadana Ciamis Jebol Diterjang Longsor

Berita Ciamis, galuh.id – Rumah warga milik Rian Mulyana (27) warga Dusun Margasari, Desa Margajaya, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis jebol tertimpa tebing longsor.

Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materil saja karena rumah rusak.

“Tak ada korban jiwa. Hanya saja rumah rusak. Sehingga saya harus mengungsi ke rumah kerabat sambil merapikan dan mengamankan barang-barang berharga,” ucap Rian.

Kepala Dusun Margasari Kecamatan Sukadana, Agus Fitri membenarkan adanya kejadian longsor tebing setinggi 5 meter yang menimpa rumah salah seorang warganya.

Dari keterangan korban, peristiwa tersebut terjadi pada Selasa (5/1/2021) dini hari pukul 03.00 WIB.

Ketika sedang tidur pulas, tiba – tiba rumah bergetar. Kemudian Rian dan keluarganya langsung keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

”Korban tidak sampai tertimpa longsoran. Hanya dinding tembok rumah jebol dan tanah masuk ke dalam rumah merusak barang-barang,” jelasnya.

Khawatir terjadi susulan longsor dan rumah rusak, Rian sekeluarga lalu mengungsi ke rumah kerabatnya. Sambil menunggu warga lainnya membereskan puing-puing rumah.

Agus juga mengatakan bahwa di wilayahnya sering terjadi bencana alam. Apalagi pada musim hujan banyak rumah yang terkena longsor.

”Saya mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada saat cuaca ekstrim seperti ini,” ucapnya.

Anggota Tagana Ciamis, Cepi Indragunawan, menyampaikan pihaknya mendapat laporan bahwa ada longsor menimpa rumah warga di daerah Sukadana.

Kemudin pihaknya langsung berangkat ke lokasi untuk mengecek dan memastikan kejadian longsor di daerah tersebut.

“Ternyata benar. Ada 1 rumah rusak parah tertimpa longsor. Penghuninya pun terpaksa harus ngungsi ke rumah saudaranya agar lebih aman,” tuturnya.

Pada musim hujan, lanjut dia, masyarakat harus benar – benar waspada karena rawan akan bencana.

“Harus waspada dan jangan lengah. Bila ada kejadian mencurigakan cepat lapor aparat setempat. Lalu mengungsi terlebih dahulu menunggu situasi aman,” jelasnya. (GaluhID/Aldi)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
274PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan