Sabtu, 15 Agustus 2020
Sabtu, 15 Agustus 2020
 
 

Saat PSBB, Uang Palsu Rp 2,9 M Berhasil Disita Polres Tasikmalaya

Berita Tasikmalaya, galuh.id – Saat diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Polres Tasikmalaya berhasil menyita Uang Palsu (Upal) sebesar Rp 2,9 miliar, Senin malam (11/5/2020).

Sebanyak 2.900 lembar uang palsu pecahan 100 ribu rupiah berhasil diamankan dari 4 orang tersangka oleh jajaran Polres Tasikmalaya.

Empat orang tersangka tersebut berasal dari Bogor dan Jakarta. Mereka diamankan setelah kedapatan membawa uang palsu. Uang palsu tersebut jika dihitung mencapai Rp. 2,9 miliar.

Menurut Kapolres Tasikmalaya AKBP Hendria Lesmana, S.I.K, uang yang diduga palsu tersebut berhasil diamankan jajarannya di Pos Pengamanan (Pospam) Cikunir saat PSBB.

“Kami mengamankan pelaku di Pospam Cikunir saat melaksankakan Operasi Ketupat Lodaya serta Pembatasan Sosial Berskala Besar,” jelas Kapolres, Rabu (13/5/2020).

Saat itu lanjut Kapolres, petugas mencurigai kendaraan roda 4 dengan nomor polisi luar daerah yaitu Bogor dengan 4 orang penumpang.

Menurut Kapolres, awalnya petugas mengira 4 pelaku tersebut pemudik, namun setelah dilakukan pemeriksaan serta penggeledahan ditemukan uang palsu.

“Petugas mengira pelaku adalah pemudik, namun setelah diperiksa dan digeledah ditemukan 2 tas besar yang berisi uang palsu,” jelas Kapolres.

Pelaku menjelaskan di hadapan petugas bahwa uang palsu tersebut milik temannya bernama Erwin, dan pelaku sengaja membawa uang palsu tersebut.

Selain itu pelaku mengakui bahwa uang palsu yang sengaja dibawa tersebut, sudah dibawa keliling Jawa selama 3 bulan.

Meskipun Tidak Untuk Diedarkan Pelaku Terancam 10 Tahun Penjara

Anehnya menurut pengakuan pelaku, uang tersebut bukan untuk diedarkan melainkan untuk disempurnakan agar dapat digunakan untuk transaksi atau jual beli.

Sehingga pelaku mencari orang pintar yang bisa mewujudkan keinginan pelaku menyempurnakan uang palsu agar bisa digunakan untuk jual beli.

Pelaku berencana akan mendatangi orang pintar di kawasan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, namun sebelum sampai yang dituju pelaku berhsil diamankan.

“Mereka mencari paranormal untuk mewujudkan agar dapat disempurnakan menjadi uang palsu,” jelas Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP Siswo Tarigan.

Siswo menambahkan menurut keterangan pelaku, uang palsu tersebut telah dibawa keliling Jawa sampai daerah Surabaya, dengan tujuan mencari paranormal.

Meskipun pelaku belum mengedarkan uang tersebut, pelaku tejerat Undang Undang KUHP pasal 36 ayat 2 no. 7 Tahun 2017.

Pelaku yang membawa uang palsu terancam hukuman 10 tahun penjara, meskipun dia tidak mengedarkan uang palsu tersebut.

Bank Indonesia Pastikan Uang Tersebut Palsu

Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya memeriksa setiap lembar uang yang dibawa pelaku. Perwakilan BI memutuskan bahwa uang yang dibawa oleh pelaku seluruhnya palsu.

Hal tesebut berdasarkan uji analisis tingkat keaslian barang bukti yang ada, dan pada uang palsu tersebut tidak memiliki ciri-ciri keasliannya.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Perwakilan BI Tasikmalaya Heru Saptadi, yang menyatakan bahwa uang tersebut seluruhnya palsu.

“Dari kualitas hasil cetaknya mengcover securitais yang ada cetak timbun, tidak ada securitis filer logo bank Indonesia,” jelas Heru.

Selain itu menurut Heru, uang palsu tersebut dibuat dari kertas biasa sedangkan uang asli menggunakan serat kapat.

Adanya kejadian tersebut, Heru menyampaikan keprihatinannya di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) yang tengah terjadi saat ini.

“Saya prihatin masih terdapat pihak-pihak yang mencari keuntungan dengan cara menimbun dan menyimpan uang palsu pada pandemi Covid-19,” jelas Heru.

Selain itu Heru menyampaikan apresiasi pada jajaran Polres Tasikmalaya yang telah berhasil sejak dini mengindikasikan serta meminimalisir peredaran uang palsu.

Kemudian Heru berharap agar masyarakat bisa mengetahui mana uang palsu dan mana yang asli, agar peredaran uang palsu semakin menurun. (GaluhID/Ardiansyah)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Razia Pungli ‘Sair’ Agustusan di Tasikmalaya, Anak-anak Ikut Terjaring

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Pungli dalih Agustusan mulai marak jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI, berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan sumbangan.

Tempat Nongkrong di Tasikmalaya Untuk yang Mulai Bosan di Rumah Aja

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Tempat nongkrong di Tasikmalaya berada di lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh transportasi umum. Tempat nongkrong menjadi tujuan...

Petugas Gabungan Satuan Tugas Covid-19 di Tasikmalaya Razia Masker

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Petugas Gabungan Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat menggelar razia masker. Razia tersebut dilaksanakan...

Temukan Kami

49,109FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Sinopsis Film Annabelle, Boneka Pembawa Malapetaka

Sinopsis film Annabelle terinspirasi dari boneka nyata yang diyakini berhantu. Film Annabelle merupakan bagian dari waralaba film The Conjuring, yang sama-sama menampilkan...

Harga Redmi 9A Hanya 1 Jutaan, Spesifikasi Unggul

Harga Redmi 9A menjadi salah satu pertanyaan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki HP terbaru dari Xiaomi ini. HP Xiaomi Redmi 9A...

Pilkades Ciamis Ditunda, Apdesi: Banyak Calon Kades Jatuh Sakit

Berita Ciamis, galuh.id -.Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Ciamis akhirnya pasrah pada putusan penundaan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak....

Spesifikasi Redmi Note 8 Pro, HP Xiaomi Murah untuk Gaming Lancar

Spesifikasi Redmi Note 8 Pro dengan berbagai fitur khusus yang bisa membuat pengalaman gaming anda begitu mengesankan. Ya, smartphone...

Spesifikasi Redmi 9A, HP Terbaru Xiaomi Harga di Bawah 2 Juta

Spesifikasi Redmi 9A menarik untuk diulas. HP terbaru dari Xiaomi ini dirilis 13 Agustus 2020 dengan banderol harga kurang dari Rp 2...