Kamis, 9 Juli 2020
Kamis, 9 Juli 2020
 
 

Salat Jumat Ganjil Genap, DMI Ciamis Tegaskan Tak Akan Ikuti Aturan

Berita Ciamis, galuh.id – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Ciamis menyatakan tidak akan mengikuti edaran dari DMI Pusat mengenai salat Jumat ganjil-genap berdasarkan nomor ponsel.

“Memang edaran DMI Pusat, tapi jangan digeneralisir. Itu untuk daerah mana. Untuk Ciamis saya pastikan tidak bisa. Karena masjid masih cukup. Lagipula salat Jumat itu satu sif,” ujar Ketua DMI Ciamis, Wawan S Arifien, Kamis (18/6/2020).

Kebijakan itu dinilainya hanya akan menambah rumit. Karena pekerjaan Takmir akan bertambah banyak, selain mengecek suhu tubuh dan memastikan jarak antar jemaah.

“Yang sebetulnya mudah kenapa dipersulit? Masa harus mengecek nomor handphone. Bagaiman jika nomornya ada 2 dan itu ada ganjil dan genapnya,” katanya.

Meski saat ini sudah mulai memasuki New Normal dan masjid dibuka, namun ternyata jemaah yang datang ke masjid belum begitu banyak. Sebab, masih ada masyarakat yang belum berani ke masjid.

Salat Jumat Ganjil Genap Berdasarkan Nomor Ponsel

Menurut Wawan, banyak cara untuk mengatasi hal itu tanpa harus menerapkan aturan ganjil genap jemaah berdasarkan nomor handphone. Misalnya, jemaah ditampung dalam satu kali gelombang.

Kemudian, apabila dalam satu gelombang tersebut sudah penuh, maka jemaah salat Jumat bisa memanfaatkan halaman masjid.

”Kondisi normal saja yang ke masjid cukup menampung. Apalagi sekarang new normal,” kata dia.

Lebih lanjut, Wawan memberi saran kepada DMI Pusat agar bekerjasama dengan MUI dan membuat fatwa mengenai salat Jumat tersebut. Meski edaran dari DMI Pusat, DMI Ciamis akan bersikap realistis.

“Jemaah salat kok diatur ganjil dan genap. Macam kendaraan yang melintas di Jalan Sudirman Jakarta saja. Sekali lagi, yang bisa mudah kenapa harus dibikin sulit,” pungkas Wawan.

Sebelumnya, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Pusat mengeluarkan aturan tentang tata cara salat Jumat. Jemaah salat Jumat ganjil genap dibuat dua gelombang. Didasarkan pada nomor ponsel jemaah.

Aturan itu tercantum dalam Surat edaran (SE) Nomor 105-Khusus/PP-DMI/A/VI/2020. Edaran itu ditandatangani Ketum DMI Jusuf Kalla dan Sekjen DMI Imam Addaraqutni pada Selasa (16/6/2020).

Kebijakan itu dibuat karena masih ada masjid yang memiliki keterbatasan ruang untuk salat. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

TNI/Polri Panen Raya Ikan Gurame di Purwadadi Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Dandim 0613/Ciamis dan Kapolres Ciamis bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti panen raya ikan gurame, Selasa (7/7/2020).

Diduga Terjatuh dari Pohon Pinang, Warga Pamarican Ciamis Meninggal di Area Pemakaman

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang warga dari Dusun Angsara RT 28, RW 7, Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, ditemukan meninggal di...

Potensi Wisata Kecamatan Banjaranyar Ciamis, Dari Kampung Madu Sampai Air Terjun

Berita Ciamis, galuh.id - Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis merupakan pemekaran dari Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Banjaranyar sendiri saat ini baru menginjak usia...

Temukan Kami

49,405FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Bupati Ciamis Terpilih 2019 Tidak Akan Bedakan Pendukung Maupun Bukan Pendukung

KPU Kabupaten Ciamis akhirnya menetapkan paslon bupati bupati dan wakil bupati nomor urut 1, Herdiat-Yana sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ciamis periode 2019-2024. Hal...

Rapat Exco PSSI, Liga 2 Bakal Dilanjut?

Info Liga 2, galuh.id - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) kemungkinan bakal melanjutkan kompetisi Liga 2 2020 pada Oktober mendatang.

Nazar Indra Sjafri dan Tekad Timnas Cetak Sejarah di Final SEA Games 2019

Berita Olahraga, galuh.id - Kapten tim nasional Indonesia U-23 Andy Setyo Nugroho bertekad mencetak sejarah untuk timnya di partai puncak SEA Games...

Pemdes di Ciamis Diminta Segera Mendata Penerima BLT Dana Desa

Berita Ciamis, galuh.id - Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) harus segera disiapkan untuk pencairan bulan Agustus, September dan Oktober.

Blackline: Sholat Dulu, Teriak Lantang Kemudian

CIAMIS - Ada pemandangan berbeda pada pertandingan uji coba PSGC Ciamis melawan Tunas Betawi FC yang diselenggarakan pada tanggal 28 Januari 2018, sekelompok remaja...