Kamis, 3 Desember 2020
Kamis, 3 Desember 2020
 
 

Sanksi Tak Pakai Masker di Ciamis, Disuruh Nyanyi Indonesia Raya

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Bagi warga Ciamis yang kedapatan melanggar protokol kesehatan tak pakai masker saat operasi yustisi, akan kena sanksi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Pelanggar protokol kesehatan harus menyayikan lagu Indonesia Raya jika terjaring dalam operasi yustisi oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Ciamis.

Tak hanya itu saja, bagi pelanggar protokol kesehatan (Prokes) yang kedapatan tak memakai masker juga akan kena sanksi dengan membacakan Teks Pancasila.

Satpol PP Ciamis menggelar operasi yustisi untuk mengingatkan warga agar patuh protokol kesehatan dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 pada sejumlah tempat keramaian.

Kabid Trantib Satpol PP Ciamis, Muhamad Iskandar, mengatakan pihaknya menggelar operasi yustisi untuk mengingatkan masyarakat agar tetap patuh protokol kesehatan.

”Ini untuk mengingatkan warga agar patuh protokol kesehatan. Karena Satpol PP merupakan bagian dari Satgas Covid-19 dalam penanganan penyebaran virus Corona,” kata Iskandar, Rabu (4/11/2020).

Dalam operasi yustisi ini, pihaknya pun masih menjumpai warga yang kedapatan tidak menggunakan masker. Alasan yang mereka sampaikan pun bermacam-macam.

“Mereka beralasan lupa. Saat kami tanya kenapa tidak memakai masker,” ucapnya.

Sanksi Tak Pakai Masker di Ciamis Untuk Efek Jera

Bagi warga yang terjaring operasi yustisi, akan kena sanksi untuk memberikan efek jera. Yakni harus menyanyikan lagu Indonesia Raya dan harus hapal teks Pancasila.

“Untuk memberikan efek jera. Bagi warga yang melanggar protokol kesehatan kami suruh membacakan teks Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya,” jelasnya.

Iskandar pun melanjutkan, saat masa pandemi Covid-19 ini Satpol PP terus mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dengan melakukan 3M.

Karena dengan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) ini menurutnya bisa menjadi upaya untuk mencegah dari penyebaran virus Corona atau Covid-19.

“Biasakan memakai masker saat berada keluar rumah. Sering cuci tangan dengan sabun. Kemudian yang terakhir, harus menjaga jarak,” terang Iskandar.

Iwan (21), salah seorang warga yang terjaring dalam operasi yustisi Satpol PP Ciams mengaku lupa tidak membawa masker. Karena ia terburu-buru saat keluar dari rumah.

“Tadi dari rumah saya terburu-buru. Jadi lupa tak pakai masker,” katanya. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Gara-gara Tanam Pisang, Warga Ciamis Ini Dapat Hadiah Domba

Berita Ciamis, galuh.id - Tanam pisang di Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing, salah satu warganya mendapatkan hadiah domba dari panitia, Rabu...

Operasi Yustisi di Banjarsari Ciamis, 60 Pelanggar Kena Sanksi Sapu Jalan

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 60 warga terjaring operasi yustisi di depan alun - alun Banjarsari Ciamis. Mereka kedapatan tidak memakai masker...

11 Warga Positif Corona, Kantor Desa Sukajadi Ciamis Tutup 3 Hari

Berita Ciamis, galuh.id - Kantor Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, tutup 3 hari. Penutupan kantor desa itu lantaran kasus Covid-19 di...

Temukan Kami

48,648FansSuka
215PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Jin BTS Dapat Penangguhan Wajib Militer, Kabar Gembira Untuk ARMY

Jin BTS dapat penangguhan wajib militer dari Badan Administrasi Militer Korea Selatan. Hal tersebut atas pertimbangan pelbagai prestasi yang BTS peroleh.

Zanziman Ellie Manusia Hutan Dari Afrika, Mowgli ‘The Jungle Book’ di Dunia Nyata

Zanziman Ellie manusia hutan dari Afrika kini tengah ramai jadi sorotan. Pasalnya ia memiliki kemiripan dengan karakter Mowgli dalam film The Jungle...

Prediksi Boruto Chapter 53, Jougan Boruto Aktif dan Kawaki Mendapatkan Kembali Kekuatan Karmanya

Prediksi Boruto Chapter 53 sepertinya masih akan berkutat pada pertempuran epik antara Naruto melawan Isshiki. Hal ini pastinya membuat...

Spesifikasi HP Samsung Galaxy A12 Mampu Menarik Perhatian Berbekal Quad Kamera

Spesifikasi HP Samsung Galaxy A12 memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat pada pasar Indonesia. Banyak orang yang mengetahui brand asal Korea Selatan...

Gara-gara Tanam Pisang, Warga Ciamis Ini Dapat Hadiah Domba

Berita Ciamis, galuh.id - Tanam pisang di Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing, salah satu warganya mendapatkan hadiah domba dari panitia, Rabu...