Senin, 27 September 2021
Senin, 27 September 2021

Selain Tempat Pembuangan Sampah, TPA Banjaranyar Ciamis Disulap Jadi Wahana Wisata Edukasi

Berita Ciamis, galuh.id – Berwisata di alam yang asri ataupun objek wisata buatan sudah hal lumrah. Tetapi bagaimana jika berwisata di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah? Tentu ini bukan hal biasa.

Seperti yang ada di Kabupaten Ciamis. Dinas Lingkungan Hidup setempat mengubah sebuah tempat pembuangan akhir di Kecamatan Banjaranyar menjadi objek wisata edukasi.

Wahana wisata ini sangat indah dengan taman yang asri. Sehingga di TPA ini tak ada lagi kesan bau ataupun kumuh. Bahkan terdapat juga area penangkaran burung dan kelinci.

Kadis DPRKPLH Ciamis Taufik Gumelar menuturkan, TPA Banjaranyar merupakan tempat pemrosesan akhir sampah dengan fungsi pengelolaan sampah menjadi Magot dan Bank Sampah.

Selain menjadi tempat pembuangan sampah, TPA ini juga ditata sedemikian rupa sebagai tempat wisata berbasis edukasi bagi masyarakat, pelajar maupun bagi pendidikan usia dini.

”TPA Banjaranyar setelah ditata tidak ada kesan bau dan kumuh, bahkan sekarang sangat bagus, ada taman edukasinya,” kata Taufik, didampingi Kabid Kebersihan Giyatno, Jumat (13/11/2020).

Fasilitas Wisata Edukasi Tempat Pembuangan akhir Akhir Banjaranyar Ciamis

Lebih lanjut Taufik menjelaskan bahwa di wahana wisata TPA Banjaranyar Kabupaten Ciamis terdapat taman buahan-buahan seperti pepaya, pisang, dan berbagai macam buah lainnya.

Selain itu, kata Taufik, di tempat pembuangan sampah akhir ini pun terdapat penangkaran burung dan kelinci. Kemudian wifi gratis melengkapi fasilitas wisata edukasi ini.

Meski wahana wisata edukasi di TPA Banjaranyar baru buka sekitar satu bulanan. Wisata edukasi ini sudah banyak pengunjung yang berdatangan, baik lokal maupun dari luar daerah.

”Wisata edukasi di TPA Banjaranyar Ciamis baru buka sekitar satu bulanan, tapi sudah banyak yang berkunjung. Pengunjung dari luar daerah juga banyak,” ucap Taufik.

Wahana wisata edukasi ini merupakan kerja sama Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis dengan Karang Taruna desa sekitar TPA.

Agar TPA berumur panjang, Taufik pun mengajak warga masyarakat Kabupaten Ciamis untuk memilah sampah dari rumah dan menabung sampah di Bank Sampah.

”Ayo kita sama-sama pilah sampah dari rumah. Nabung sampah di Bank Sampah,” pungkas Taufik. (GaluhID/Arul)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
276PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan