Sabtu, 5 Desember 2020
Sabtu, 5 Desember 2020
 
 

Selain Tempat Pembuangan Sampah, TPA Banjaranyar Ciamis Disulap Jadi Wahana Wisata Edukasi

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Berwisata di alam yang asri ataupun objek wisata buatan sudah hal lumrah. Tetapi bagaimana jika berwisata di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah? Tentu ini bukan hal biasa.

Seperti yang ada di Kabupaten Ciamis. Dinas Lingkungan Hidup setempat mengubah sebuah tempat pembuangan akhir di Kecamatan Banjaranyar menjadi objek wisata edukasi.

Wahana wisata ini sangat indah dengan taman yang asri. Sehingga di TPA ini tak ada lagi kesan bau ataupun kumuh. Bahkan terdapat juga area penangkaran burung dan kelinci.

Kadis DPRKPLH Ciamis Taufik Gumelar menuturkan, TPA Banjaranyar merupakan tempat pemrosesan akhir sampah dengan fungsi pengelolaan sampah menjadi Magot dan Bank Sampah.

Selain menjadi tempat pembuangan sampah, TPA ini juga ditata sedemikian rupa sebagai tempat wisata berbasis edukasi bagi masyarakat, pelajar maupun bagi pendidikan usia dini.

”TPA Banjaranyar setelah ditata tidak ada kesan bau dan kumuh, bahkan sekarang sangat bagus, ada taman edukasinya,” kata Taufik, didampingi Kabid Kebersihan Giyatno, Jumat (13/11/2020).

Fasilitas Wisata Edukasi Tempat Pembuangan akhir Akhir Banjaranyar Ciamis

Lebih lanjut Taufik menjelaskan bahwa di wahana wisata TPA Banjaranyar Kabupaten Ciamis terdapat taman buahan-buahan seperti pepaya, pisang, dan berbagai macam buah lainnya.

Selain itu, kata Taufik, di tempat pembuangan sampah akhir ini pun terdapat penangkaran burung dan kelinci. Kemudian wifi gratis melengkapi fasilitas wisata edukasi ini.

Meski wahana wisata edukasi di TPA Banjaranyar baru buka sekitar satu bulanan. Wisata edukasi ini sudah banyak pengunjung yang berdatangan, baik lokal maupun dari luar daerah.

”Wisata edukasi di TPA Banjaranyar Ciamis baru buka sekitar satu bulanan, tapi sudah banyak yang berkunjung. Pengunjung dari luar daerah juga banyak,” ucap Taufik.

Wahana wisata edukasi ini merupakan kerja sama Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis dengan Karang Taruna desa sekitar TPA.

Agar TPA berumur panjang, Taufik pun mengajak warga masyarakat Kabupaten Ciamis untuk memilah sampah dari rumah dan menabung sampah di Bank Sampah.

”Ayo kita sama-sama pilah sampah dari rumah. Nabung sampah di Bank Sampah,” pungkas Taufik. (GaluhID/Arul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Nakes Terpapar Corona, Pelayanan RSUD Ciamis Tutup 3 Hari

Berita Ciamis, galuh.id - Pelayanan RSUD Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tutup 3 hari. Penutupan ini akibat banyaknya tenaga kesehatan di rumah sakit yang terpapar...

Gara-gara Tanam Pisang, Warga Ciamis Ini Dapat Hadiah Domba

Berita Ciamis, galuh.id - Tanam pisang di Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing, salah satu warganya mendapatkan hadiah domba dari panitia, Rabu (02/12/2020). Pasalnya warga...

Operasi Yustisi di Banjarsari Ciamis, 60 Pelanggar Kena Sanksi Sapu Jalan

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 60 warga terjaring operasi yustisi di depan alun - alun Banjarsari Ciamis. Mereka kedapatan tidak memakai masker saat berkendara. Satgas...

Temukan Kami

48,332FansSuka
214PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Listrik Gratis Bulan Desember Terbaru, Dapatkan via WhatsApp atau www.pln.co.id

Listrik gratis bulan Desember terbaru bisa kembali masyarakat dapatkan melalui pesan WhatsApp maupun situs PLN www.pln.co.id. Seperti yang telah pemerintah janjikan sebelumnya, bantuan stimulus berupa...

Jadwal Liga Inggris Pekan ke-11: Big Match Tottenham vs Arsenal

Jadwal Liga Inggris pekan ke-11 musim 2020-2021 kembali bergulir Sabtu-Senin (5-7/12/2020), namun satu pertandingan harus ditunda antara Aston Villa vs Newcastle United. Alasan tertundanya laga...

Nakes Terpapar Corona, Pelayanan RSUD Ciamis Tutup 3 Hari

Berita Ciamis, galuh.id - Pelayanan RSUD Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tutup 3 hari. Penutupan ini akibat banyaknya tenaga kesehatan di rumah sakit yang terpapar...

Serdy Ephy Fano: Striker Timnas Indonesia U-19 Kembali Bikin Malu

Serdy Ephy Fano ternyata belum bisa benar-benar berubah. Sebelumnya, Serdy dicoret sebelum berangkat TC bersama Timnas Indonesia U-19 ke Kroasia karena Indisipliner. Kini ia...

Cristiano Ronaldo Raih Golden Foot 2020, Bagaiamana dengan Messi?

Cristiano Ronaldo raih Golden Foot 2020 yang menandakan pemain asal Portugal tersebut semakin menajamkan persaingannya dengan Lionel Messi. Pemain bintang yang kini berseragam Juventus tersebut...