Spanduk ‘Ganyang Koruptor’ Terbentang di Kantor Desa Purwasari Ciamis, Ada Apa?

Banjarsari, galuh.id– Warga Desa Purwasari, Kecamatan Banjarsari, kabupaten Ciamis, memasang spanduk tuntutan agar menindak tegas koruptor. Pemasangan spanduk dilakukan di halaman kantor Desa Purwasari.

Spanduk tersebut bertuliskan ‘Ganyang Koruptor Kami Masyarakat Menuntut Keadilan’ dan tulisan ‘Selamatkan Dana Bumdes dari Orang yang Rakus Stop Korupsi Sekarang Juga’.

Ketua Badan Permusawaratan Desa BPD) Desa Purwasari, Kecamatan Banjarsari, Erlan Bahtiar, mengatakan, pemasangan spanduk tersebut diduga akibat kekecewaan warga terhadap pemerintah Desa yang lamban dalam menyelesaikan permasalahan yang melibatkan oknum perangkat desa.

“Oknum tersebut diduga telah menggelapkan uang Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) Purwasari tahun anggaran 2017,” ujar Erlan kepada Galuh ID saat ditemui di rumahnya Senin, (9/9/2019) malam.

Bahkan, kata dia, penggelapan dana yang diduga dilakukan oknum tersebut sudah jadi perbincangan masyarakat.

“Maka kami sebagai perwakilan masyarakat, kemudian menindaklanjuti keinginan masyarakat ke pihak pemerintahan Desa. Namun pemerintahan desa seakan membiarkan begitu saja. Ya wajarlah warga bereaksi,” ucap Erlan.

Erlan mengungkapkan, keinginan masyarakat kepada pemerintah desa sebenarnya sederhana, yakni agar oknum aparat desa tersebut mengundurkan diri dan mengembalikan uang tersebut.

“Oknum perangkat desa tersebut sebenarnya telah mengakui bahwa uang Bumdesa ada di dirinya. Namun ketika dipinta oleh pengawas Bumdesa supaya uang tersebut dikembalikan, oknum tersebut tidak bisa mengembalikannya,” terangnya.

Oknum tersebut, menurut Erlan, pernah didesak untuk segera mengembalikan dana Bumdesa. Namun, lantaran belum bisa mengembalikan saat itu, maka dibuatlah perjanjian di atas materai.

“Dalam isi surat perjanjian, si oknum perangkat desa ini siap mengembalikan uang di akhir bulan Agustus 2019, dan apabila dalam jangka yang telah ditentukan belum bisa mengembalikan, maka si oknum ini siap di proses hukum,” katanya.

Namun, kata Erlan, sampai bulan September oknum perangkat desa tersebut belum juga mengembalikan uang Bumdesa.

“Maka kemudian timbul reaksi dari masyarakat, berupa pemasangan spanduk di depan kantor Desa,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Desa Purwasari, Darus, saat ditemui Galuh ID, Selasa (10/9/2019) membenarkan ada anak buahnya yang diduga telah menggelapkan uang Bumdes tahun 2017.

Saat ini, pihaknya sedang berkonsultasi dengan kecamatan terkait langkah yang akan ditempuh selanjutnya untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Kami sedang berupaya, bagaimana langkah selanjutnya agar masalah ini cepat selesai dan sekarang kami sedang berkonsultasi dengan pihak kecamatan.
Kalau memang langkah pemecatan yang harus ditempuh, kami mengikuti saja,” katanya. (galuh.id/Uus)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,380FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Preview PSGC Ciamis vs Blitar United: Adu Mental untuk Meraih Angka

Berita PSGC, galuh.id - Duel PSGC Ciamis vs Blitar United sejatinya dihelat di Stadion Galuh, Ciamis, Kamis (27/6/2019) lalu. Namun, waktu itu...

Ratu Tisha Mundur dari Sekjen PSSI, Inikah Alasannya?

Berita Olahraga, galuh.id - Ratu Tisha Destria resmi mengundurkan diri dari jabatan Sekretaris Jenderal PSSI, yang didudukinya sejak tahun 2017, pada Senin...

Gunakan Masker dengan Benar, Jangan Dipakai di Dagu

Berita Nasional, galuh.id - Dalam masa pandemi Covid-19, gunakan masker menjadi barang penting untuk menghindari risiko penularan virus Covid-19 melalui hidung dan...

Liga 1 dan Liga 2 Dihentikan, PSSI Susun Ulang Jadwal Kompetisi

Berita Olahraga, galuh.id - PSSI susun ulang jadwal kompetisi setelah memutuskan untuk dihentikan sementara kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2...

RESMI: Indonesia Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia FIFA U20 Tahun 2021

Berita Olahraga, galuh.id - FIFA memutuskan menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Penunjukan itu dilakukan saat pertemuan Dewan FIFA...