oleh

Tambah Truk Sampah, Bupati: Saya Ingin Ciamis Bersih, Masa Bodoh dengan Adipura

Hubungi
 
 

Ciamis, galuh.id – Pemerintah Daerah melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis menambah truk sampah dan motor roda tiga pengangkut sampah untuk penanganan sampah di wilayah Ciamis.

Mobil dan motor sampah tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya didampingi oleh Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra di halaman Pendopo Bupati Ciamis setelah apel pagi, Jumat (27/12/2019).

Loading...

Bupati Herdiat sempat mengetes motor sampah roda tiga dengan membonceng petugas kebersihan mengelilingi Alun-alun Ciamis.

Herdiat mengatakan dengan penambahan mobil sampah ini, dia menegaskan ingin sampah di Ciamis tertangani lebih maksimal.

“Saya ingin Ciamis bersih, tak peduli dengan penilaian Adipura, mau dapat Adipura atau tidak itu bukan urusan, masa bodoh dengan Adipura, yang jelas saya ingin Ciamis bersih dan masyarakat sehat,” ujarnya.

Herdiat menegaskan, ini bukti keseriusan pemerintah Kabupaten Ciamis dalam penanganan sampah supaya lingkungan wilayah Ciamis bersih, sehat dan nyaman.

“Kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan dan biasakan membuang sampah pada tempatnya,” ucapnya.

Tahun depan, kata Herdiat, Pemkab akan menganggarkan kembali pengadaan mobil sampah, agar nantinya seluruh wilayah Kabupaten Ciamis bisa terlayani.

“Kita benar-benar akan fokus dalam penanganan sampah sehingga akan terus ditambah armada pengangkut sampah sekaligus penambahan personilnya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas DPRKPLH Kabupaten Ciamis, Erwan Dermawan menuturkan armada sampah tersebut terdiri dari 2 unit mobil dump truk, 1 unit Amrol, 5 unit Roda 3, 5 unit Roda 3 bantuan Provinsi, 1 unit mobil carry bak bantuan provinsi dan 6 unit kontainer.

“2 unit Dump truk dan 1 unit Amrol itu dari Pemda Ciamis, yang lainnya ada bantuan provinsi dan ada bantuan dari kementerian. Alhamdulilah fasilitas untuk kebersihan bertambah mudah-mudahan dalam pengangan sampah bisa lebih maksimal,” ujarnya.

Erwan menjelaskan mobil dumptruk pengangkut sampah secara mobile bantuan dari provinsi akan disimpan sebagian di bank sampah.

Sementara dump truk bantuan Kementrian akan disimpan di UPTD Kebersihan dan 1 unit mobil carry bak disimpan di bank sampah induk yang saat ini masih dalam tahap penyelesaian pembangunan.

“Ini semua untuk mensuport semua petugas di lapangan dalam penanganan sampah. Saya titip kepada masyarakat untuk tidak membakar sampah, jika sampah sudah menumpuk silakan hubungi kami, nanti kami angkut,” pungkasnya. (GaluhID/Arul)

loading...

Penulis : Redaksi GaluhID

Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.

Komentar

BERITA SELANJUTNYA