Sabtu, 5 Desember 2020
Sabtu, 5 Desember 2020
 
 

Tangani Banjir, Bupati Ciamis Instruksikan BPBD Dirikan Dapur Umum

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menginstruksikan BPBD untuk segera mendirikan dapur umum guna menyediakan konsumsi bagi warga yang terdampak banjir.

Hal itu disampaikan Bupati Herdiat, saat meninjau langsung kondisi para korban banjir di Kecamatan Banjarsari dan Banjaranyar Kabupaten Ciamis, Selasa (27/10/2020).

Hujan deras yang mengguyur menyebabkan air dari Sungai Cikaso di Kecamatan Banjaranyar meluap. Hujan deras juga menyebabkan beberapa anak sungai lainnya meluap.

Akibatnya terjadi banjir terjadi di beberapa titik. Antara lain di Desa Cikaso, Sindangrasa, Tanjungsari, Sukasari, Neglasari, Ciherang dan Banjarsari.

Tetapi, banjir yang terparah terjadi di Desa Cibadak. Kemudian di Desa Ratawangi dan Desa Purwasari Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis.

Ketinggian airnya pun bervariatif. Mulai dari semata kaki sampai setinggi lutut orang dewasa. Beberapa KK terpaksa mengungsi ke rumah kerabatnya. Karena ketinggian air terus bertambah.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Herdiat menyampaikan keprihatinannya yang sangat mendalam atas terjadinya bencana banjir di Kecamatan Banjarsari.

Dapur Umum Untuk Sediakan Konsumsi Korban Banjir

Dalam upaya percepatan penanganan banjir, pemda melalui BPBD Ciamis, Dinas PU, Dinas Perumahan Rakyat, Dinkes, dan lainnya akan hadir memenuhi kebutuhan warga korban banjir.

Herdiat mengatakan bahwa pihaknya telah menginstruksikan untuk segera mendirikan umum dapur umum. Untuk menyediakan konsumsi bagi warga terdampak banjir.

“Kami telah menginstruksikan untuk segera mendirikan dapur umum dan alhamdulillah saat kita cek sudah ada,” katanya.

Sebagai informasi, banjir di Kecamatan Banjarsari terakhir terjadi sekitar tahun 2016. Kejadian bencana banjir kali ini akan menjadi kajian khusus pihak pemkab Ciamis.

“Sebagai upaya pencegahan terjadi banjir lagi. Kita dari pemerintah kabupaten Ciamis akan melakukan kajian khusus. Untuk penanganan ke depannya,” ungkap Herdiat.

Selain itu, Bupati Ciamis ini pun mengimbau masyarakat yang menjadi korban terdampak banjir untuk selalu tetap waspada, menjaga kesehatan dan stamina.

Warga diimbau tetap waspada melihat situasi alam yang belum terprediksi. BMKG pun menerangkan bahwa curah hujan saat ini masih tinggi atau ekstrim.

“Kita semua harus tetap waspada. Saat ini curah masih tinggi atau ekstrim. Saya berharap bencana banjir cepat berlalu,” pungkasnya. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Nakes Terpapar Corona, Pelayanan RSUD Ciamis Tutup 3 Hari

Berita Ciamis, galuh.id - Pelayanan RSUD Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tutup 3 hari. Penutupan ini akibat banyaknya tenaga kesehatan di rumah sakit yang terpapar...

Gara-gara Tanam Pisang, Warga Ciamis Ini Dapat Hadiah Domba

Berita Ciamis, galuh.id - Tanam pisang di Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing, salah satu warganya mendapatkan hadiah domba dari panitia, Rabu (02/12/2020). Pasalnya warga...

Operasi Yustisi di Banjarsari Ciamis, 60 Pelanggar Kena Sanksi Sapu Jalan

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 60 warga terjaring operasi yustisi di depan alun - alun Banjarsari Ciamis. Mereka kedapatan tidak memakai masker saat berkendara. Satgas...

Temukan Kami

48,332FansSuka
214PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Pemain Terbaik FIFA 2020, Alasan Ronaldo Masih Kandidat Terkuat

Penganugerahaan Pemain Terbaik FIFA 2020 segera terselenggara. Pihak FIFA akan mengumumkan pemain terbaik FIFA 2020 pada Kamis 17 Desember 2020. Otoritas tertinggi sepak bola dunia...

Profil Gulf Kanawut, Aktor Tampan Pemain TahrnType: The Series

Profil Gulf Kanawut kini semakin menjadi sorotan para pecinta drama Asia. Namun Gulf kanawut bukan aktor drama Korea, melainkan aktor drama Thailand. Kini bukan hanya...

HP Vivo Y51 Resmi Hadir dengan Spesifikasi Gahar, Cek Harganya!

HP Vivo Y51 resmi hadir pada Kamis, 3 Desember 2020 lalu lewat akun Instagram milik Vivo Indonesia. Kehadiran seri ini sebagai produk terbaru dalam keluarga...

Listrik Gratis Bulan Desember Terbaru, Dapatkan via WhatsApp atau www.pln.co.id

Listrik gratis bulan Desember terbaru bisa kembali masyarakat dapatkan melalui pesan WhatsApp maupun situs PLN www.pln.co.id. Seperti yang telah pemerintah janjikan sebelumnya, bantuan stimulus berupa...

Jadwal Liga Inggris Pekan ke-11: Big Match Tottenham vs Arsenal

Jadwal Liga Inggris pekan ke-11 musim 2020-2021 kembali bergulir Sabtu-Senin (5-7/12/2020), namun satu pertandingan harus ditunda antara Aston Villa vs Newcastle United. Alasan tertundanya laga...