Senin, 12 April 2021
Senin, 12 April 2021
BJB

Tangani Banjir, Bupati Ciamis Instruksikan BPBD Dirikan Dapur Umum

Berita Ciamis, galuh.id – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menginstruksikan BPBD untuk segera mendirikan dapur umum guna menyediakan konsumsi bagi warga yang terdampak banjir.

Hal itu disampaikan Bupati Herdiat, saat meninjau langsung kondisi para korban banjir di Kecamatan Banjarsari dan Banjaranyar Kabupaten Ciamis, Selasa (27/10/2020).

Hujan deras yang mengguyur menyebabkan air dari Sungai Cikaso di Kecamatan Banjaranyar meluap. Hujan deras juga menyebabkan beberapa anak sungai lainnya meluap.

Akibatnya terjadi banjir terjadi di beberapa titik. Antara lain di Desa Cikaso, Sindangrasa, Tanjungsari, Sukasari, Neglasari, Ciherang dan Banjarsari.

Tetapi, banjir yang terparah terjadi di Desa Cibadak. Kemudian di Desa Ratawangi dan Desa Purwasari Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis.

Ketinggian airnya pun bervariatif. Mulai dari semata kaki sampai setinggi lutut orang dewasa. Beberapa KK terpaksa mengungsi ke rumah kerabatnya. Karena ketinggian air terus bertambah.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Herdiat menyampaikan keprihatinannya yang sangat mendalam atas terjadinya bencana banjir di Kecamatan Banjarsari.

Dapur Umum Untuk Sediakan Konsumsi Korban Banjir

Dalam upaya percepatan penanganan banjir, pemda melalui BPBD Ciamis, Dinas PU, Dinas Perumahan Rakyat, Dinkes, dan lainnya akan hadir memenuhi kebutuhan warga korban banjir.

Herdiat mengatakan bahwa pihaknya telah menginstruksikan untuk segera mendirikan umum dapur umum. Untuk menyediakan konsumsi bagi warga terdampak banjir.

“Kami telah menginstruksikan untuk segera mendirikan dapur umum dan alhamdulillah saat kita cek sudah ada,” katanya.

Sebagai informasi, banjir di Kecamatan Banjarsari terakhir terjadi sekitar tahun 2016. Kejadian bencana banjir kali ini akan menjadi kajian khusus pihak pemkab Ciamis.

“Sebagai upaya pencegahan terjadi banjir lagi. Kita dari pemerintah kabupaten Ciamis akan melakukan kajian khusus. Untuk penanganan ke depannya,” ungkap Herdiat.

Selain itu, Bupati Ciamis ini pun mengimbau masyarakat yang menjadi korban terdampak banjir untuk selalu tetap waspada, menjaga kesehatan dan stamina.

Warga diimbau tetap waspada melihat situasi alam yang belum terprediksi. BMKG pun menerangkan bahwa curah hujan saat ini masih tinggi atau ekstrim.

“Kita semua harus tetap waspada. Saat ini curah masih tinggi atau ekstrim. Saya berharap bencana banjir cepat berlalu,” pungkasnya. (GaluhID/Evi)

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Warga Karyamukti Ciamis Olah Buah Aren Jadi Kolang Kaling

Berita Ciamis, galuh.id - Bagi warga masyarakat Desa Karyamukti, Banjaranyar Ciamis, bulan puasa atau ramadhan merupakan bulan berkah. Hal tersebut terlihat ketika mereka sibuk...

Air Minum Kemasan Galcia Asli Ciamis Diluncurkan

Berita Ciamis, galuh.id - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meluncurkan produk air minum kemasan Galcia di Joglo Barat Pendopo Bupati Ciamis, Sabtu (10/4/2021). Air kemasan Galuh...

Mudik Lebaran 2021 Dilarang, Tukang Las Asal Ciamis Pasrah

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah pusat kembali memberi himbauan bahwa mudik Lebaran tahun 2021 atau 1442 Hijriah dilarang, demi mencegah lonjakan kasus positif Covid-19. Larangan...

Temukan Kami

47,744FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya