Sabtu, Juni 15, 2024

Target Pemprov Jabar IKA DAS Citarum Tembus 60 Poin Tahun 2025

Baca Juga
- Advertisement -

Berita Jabar, galuh.id – Target Pemprov Jabar (Pemerintah Provinsi Jawa Barat) Indeks Kualitas Air (IKA) di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum akan menembus skor 60 poin pada Desember 2025.

Sekda Jabar Herman Suryatman mengatakan hal itu saat meninjau kondisi Sub DAS Citepus di Kelurahan Cibadak, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Minggu (9/6/2024).

“Sekarang akan mengoptimalkan kembali yang sudah baik. Kita ketahui sebelumnya, Citarum ini pada kisaran skor 30 poin (cemar berat), sekarang posisi terakhir ada di skor 50,78 poin (cemar ringan),” kata Herman.

- Advertisement -

Ia menjelaskan, saat ini yang menjadi titik fokus yakni menghapuskan budaya masyarakat membuang sampah di aliran sungai serta mengedukasi untuk mengelola sampah dari rumah.

“Tentu bukan hanya struktural, tapi titik beratnya bagaimana kulturalnya (budaya),” ujar Herman.

“Sejauh mana partisipasi masyarakat, RT, RW, kepala desa, camat, dan Forkopimcam bahu-membahu agar IKA Citarum menembus skor 60 poin,” sambungnya.

Herman merencanakan berkeliling ke seluruh cakupan DAS Citarum di 13 kabupaten/kota di Jabar.

Hal itu untuk meninjau dan mendorong Sekda kabupaten/kota ikut berpartisipasi dalam upaya menaikkan skor IKA ke angka 60.

- Advertisement -
- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

Warga Kota Banjar Curhat ke Polisi, Keluhkan Geng Motor

Berita Banjar, galuh.id - Warga Desa Cibeureum, Kecamatan/Kota Banjar, Jawa Barat, ramai-ramai curhat dan mengeluh ke Polisi soal adanya...

Artikel Terkait