Sabtu, 11 Juli 2020
Sabtu, 11 Juli 2020
 
 

Tingkatkan Pengetahuan di Era Digital, SMK Miftahussalam Ciamis Resmikan BI Corner

Ciamis, galuh.id – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan siswa tentang Perbankan di era digital, SMK Miftahussalam Ciamis meresmikan BI Corner dan Teaching Factory, Selasa (5/11/2019).

Bukan itu saja, pada kesempatan yang sama dilakukan Launching Aplikasi Financial Technology MS Digital di SMK Miftahussalam Ciamis.

Dalam acara tersebut, turut hadir Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, serta Kepala BI Kantor Perwakilan Tasikmalaya, Rustamansyah, serta Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Provinsi Jawa Barat wilayah XIII Ciamis.

Kepela Sekolah SMK Miftahussalam, Dadan Apip Hamdan menjelaskan, BI Corner ini merupakan bantuan dari Bank Indonesia (BI).

“Jadi BI Corner ini hadir untuk meningkatkan daya baca di tengah masyarakat, karena saat ini daya baca sedang mengalami penurunan,” katanya.

Selain itu, BI Corner, kata dia, bertujuan untuk meningkatkan daya baca juga bisa lebih tahu secara detail tentang perbankan dan perekonomian di Indonesia.

Selain BI Corner, lanjut Dadan, pihaknya juga meresmikan Teaching Factory. Teaching Factory merupakan inovasi baru di bidang industri saat ini.

Menurutnya, jika siswa akan melakukan praktek di lapangan atau prakerin harus belajar di tempat industri.

Tetapi dengan Teaching Factory, perusahaan industri tersebut ditarik ke sekolah agar bisa mengajarkan anak-anak di sekolah bukan di tempat perusahaan industri tersebut.

“Jadi inovasi ini terbalik, yang biasanya anak-anak prakerin itu menemui perusahaan industri untuk melakukan PKL, namun kali ini perusahaan industri lah yang datang langsung ke sekolah untuk memberikan pembelajaran kepada anak-anak PKL,” jelasnya.

Sedangkan untuk MS Digital, tambah Dadan, ini juga merupakan inovasi digitalisasi terbaru di SMK Miftahussalam, yakni aplikasi bisnis online jual beli menggunakan smartphone android.

“Jadi anak-anak kini bisa bisnis jual beli pulsa, BPJS, tagihan listrik dan sebagainya,” terangnya.

Lanjut Dadan, melalui aplikasi MS Digital ini siswa bisa mengisi Top Up ke Ovo dan Go Pay, serta bisa membeli barang ataupun jajanan dengan transaksi non tunai dengan menggunakan QR Code yang sudah dibuat di warung sekitar sekolah.

Dadan mengaku gembira dengan adanya inovasi-inovasi terbaru di SMK Miftahussalam, terlebih bisa didukung oleh Bank Indonesia untuk memfasilitasi teknologi di era digitalisasi saat ini.

“Saya sangat gembira atas hadirnya raja Bank di Indonesia yaitu Bank Indonesia di tengah-tengah masyarakat Ciamis. Selain itu juga, saya sangat berterimakasih atas hadirnya Wakil Bupati Ciamis untuk meresmikan kegiatan hari ini,” pungkasnya. (GaluhID/Arul)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,382FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

5 Tersangka Kasus Pabrik Narkoba di Tasikmalaya Siap Disidang, 5 Lainnya Masih Buron

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Kasus pabrik narkoba di Tasikmalaya, tepatnya di Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya sudah dilimpahkan dari BNN ke Kejaksaan Negeri Kota Tasikmalaya, Senin,...

Kisah Teguh Ambon dan Alika Putri

Cerpen, galuh.id - Namaku Teguh. Dia memanggilku Teguh Ambon. Yups aku memang berasal dari Ambon. Rasanya seperti mendapat label orang kampung di dahiku....

Gegara Corona, Warung Makan di Panjalu Ciamis Tambah Jam Buka

Berita Ciamis, galuh.id - Gegara Corona (Covid-19) rumah makan di Sriwinangun Panjalu, Kabupaten Ciamis menambah jam buka karena sepinya pembeli yang datang.

ODP Berkeliaran Bebas di Ciamis Akan Ditindak Secara Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Bagi orang dalam pemantauan (ODP) yang tidak melakukan karantina mandiri atau isolasi diri, dan dengan sengaja berkeliaran bebas,...

Disbudpora Himbau Akademisi dan Mahasiswa Lakukan Penelitian di Situs Bersejarah Ciamis

Ciamis, Galuh.ID - Kabupaten Ciamis saat ini memiliki 160 situs peninggalan sejarah yang sudah terdaftar. Jumlah tersebut belum termasuk situs yang tidak terdaftar. Menurut...