oleh

Tingkatkan Pengetahuan di Era Digital, SMK Miftahussalam Ciamis Resmikan BI Corner

 
 

Ciamis, galuh.id – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan siswa tentang Perbankan di era digital, SMK Miftahussalam Ciamis meresmikan BI Corner dan Teaching Factory, Selasa (5/11/2019).

Bukan itu saja, pada kesempatan yang sama dilakukan Launching Aplikasi Financial Technology MS Digital di SMK Miftahussalam Ciamis.

Dalam acara tersebut, turut hadir Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, serta Kepala BI Kantor Perwakilan Tasikmalaya, Rustamansyah, serta Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Provinsi Jawa Barat wilayah XIII Ciamis.

Kepela Sekolah SMK Miftahussalam, Dadan Apip Hamdan menjelaskan, BI Corner ini merupakan bantuan dari Bank Indonesia (BI).

“Jadi BI Corner ini hadir untuk meningkatkan daya baca di tengah masyarakat, karena saat ini daya baca sedang mengalami penurunan,” katanya.

Selain itu, BI Corner, kata dia, bertujuan untuk meningkatkan daya baca juga bisa lebih tahu secara detail tentang perbankan dan perekonomian di Indonesia.

Selain BI Corner, lanjut Dadan, pihaknya juga meresmikan Teaching Factory. Teaching Factory merupakan inovasi baru di bidang industri saat ini.

Menurutnya, jika siswa akan melakukan praktek di lapangan atau prakerin harus belajar di tempat industri.

Tetapi dengan Teaching Factory, perusahaan industri tersebut ditarik ke sekolah agar bisa mengajarkan anak-anak di sekolah bukan di tempat perusahaan industri tersebut.

“Jadi inovasi ini terbalik, yang biasanya anak-anak prakerin itu menemui perusahaan industri untuk melakukan PKL, namun kali ini perusahaan industri lah yang datang langsung ke sekolah untuk memberikan pembelajaran kepada anak-anak PKL,” jelasnya.

Sedangkan untuk MS Digital, tambah Dadan, ini juga merupakan inovasi digitalisasi terbaru di SMK Miftahussalam, yakni aplikasi bisnis online jual beli menggunakan smartphone android.

“Jadi anak-anak kini bisa bisnis jual beli pulsa, BPJS, tagihan listrik dan sebagainya,” terangnya.

Lanjut Dadan, melalui aplikasi MS Digital ini siswa bisa mengisi Top Up ke Ovo dan Go Pay, serta bisa membeli barang ataupun jajanan dengan transaksi non tunai dengan menggunakan QR Code yang sudah dibuat di warung sekitar sekolah.

Dadan mengaku gembira dengan adanya inovasi-inovasi terbaru di SMK Miftahussalam, terlebih bisa didukung oleh Bank Indonesia untuk memfasilitasi teknologi di era digitalisasi saat ini.

“Saya sangat gembira atas hadirnya raja Bank di Indonesia yaitu Bank Indonesia di tengah-tengah masyarakat Ciamis. Selain itu juga, saya sangat berterimakasih atas hadirnya Wakil Bupati Ciamis untuk meresmikan kegiatan hari ini,” pungkasnya. (GaluhID/Arul)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA