Sabtu, 15 Agustus 2020
Sabtu, 15 Agustus 2020
 
 

UN Dibatalkan, Berikut Panduan Kebijakan dari Kemendikbud

Berita Nasional, galuh.id – Berbagai upaya gencar dilakukan pemerintah untuk menekan dan meminimalisir penyebaran wabah virus corona (Covid-19) di tanah air.

Cegah Virus Corona, UN Dibatalkan

Salah satunya di bidang pendidikan, pemerintah mengeluarkan kebijakan dengan meniadakan kegiatan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2020.

Hal ini guna menghindari kegiatan atau aktivitas yang melibatkan banyak orang (siswa) dalam upaya pencegahan merebaknya Covid-19 di lingkungan sekolah.

Pemerintah meniadakan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2020 bagi siswa sekolah di tingkat SD, SLTP, dan SMA. Termasuk Ujian Kompetensi Keahlian bagi siswa SMK.

Kebijakan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran wabah Covid-19 di Indonesia.

Dengan UN dibatalkan tahun 2020, maka keikutsertaan UN tidak lagi menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Selain meniadakan pelaksanaan kegiatan UN, kebijakan ini juga mengatur pelaksanaan kegiatan belajar siswa di rumah selama diliburkan dua pekan.

Selama diliburkan, siswa tetap melaksanakan kegiatan belajar di rumah secara jarak jauh melalui media daring (online).

Edaran ini juga tidak memperbolehkan kegiatan ujian sekolah dan ujian kenaikan kelas dalam bentuk tes yang melibatkan atau mengumpulkan siswa, kecuali yang dilaksanakan sebelum terbitnya SE tersebut.

Ujian sekolah dapat dilakukan dengan portofolio nilai raport dan prestasi siswa yang diperoleh sebelumnya atau memberikan tes dengan menggunakan metode daring.

Sedangkan bagi sekolah yang sudah menyelenggarakan ujian sekolah, edaran ini menyebut, dapat menggunakan nilai ujian sekolah tersebut untuk menentukan kelulusan siswanya.

Pencegahan kerumunan yang melibatkan banyak orang juga berlaku untuk pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sekolah.

Dinas Pendidikan dan sekolah diminta untuk menyiapkan mekanisme sesuai protokol kesehatan guna mencegah mewabahnya Covid-19, termasuk mencegah berkumpulnya siswa dan orang tua di lingkungan sekolah.

PPDB jalur prestasi dilaksanakan berdasarkan akumulasi perolehan nilai rapor serta penilaian prestasi akademik dan non akademik di luar rapor sekolah.

Selain itu, di dalam edaran ini juga mengatur penggunaan Dana Bantuan Operasional sekolah (BOS) atau Dana Operasional Pendidikan.

Dana BOS dapat dipergunakan untuk membiayai kebutuhan pengadaan barang yang berkenaan dengan pencegahan pandemi Covid-19 di lingkungan sekolah.

Barang tersebut diantaranya, alat kebersihan, hand sanitizer, disinfektan, dan masker yang diperuntukan bagi warga di lingkungan sekolah masing-masing.

Dana bantuan operasional sekolah juga dapat dipergunakan untuk membiayai pembelajaran jarak jauh secara online, selama siswa diliburkan. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Awan Tsunami di Meulaboh, Benarkah Pertanda Tsunami dan Gempa?

Awan Tsunami di Meulaboh, kabupaten Aceh Barat pada Senin 10 Agustus 2020 viral di media sosial. Warga Meulaboh mengabadikannya melalui foto dan...

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4, Ini Caranya Biar Lolos

Berita Nasional, galuh.id - Pendaftaran kartu prakerja untuk gelombang 4 sudah bisa dilakukan mulai Sabtu (8/8/2020) kemarin, setelah pemerintah resmi membuka pendaftaran.

Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4 Online, Caranya Login www.prakerja.go.id

Berita Nasional, galuh.id - Daftar kartu Prakerja gelombang 4 online sudah dibuka. Caranya dengan login www.prakerja.go.id yang merupakan situs resmi Prakerja.

Temukan Kami

49,109FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Pilkades Ciamis Ditunda, Apdesi: Banyak Calon Kades Jatuh Sakit

Berita Ciamis, galuh.id -.Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Ciamis akhirnya pasrah pada putusan penundaan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak....

Spesifikasi Redmi Note 8 Pro, HP Xiaomi Murah untuk Gaming Lancar

Spesifikasi Redmi Note 8 Pro dengan berbagai fitur khusus yang bisa membuat pengalaman gaming anda begitu mengesankan. Ya, smartphone...

Spesifikasi Redmi 9A, HP Terbaru Xiaomi Harga di Bawah 2 Juta

Spesifikasi Redmi 9A menarik untuk diulas. HP terbaru dari Xiaomi ini dirilis 13 Agustus 2020 dengan banderol harga kurang dari Rp 2...

Boneka Annabelle Hilang dari Museum, Cek Kebenaranya di Sini!

Boneka Annabelle hilang dari Museum Ilmu Gaib Warren di Connecticut, Amerika Serikat. Sejak Jumat, 14 Agustus lalu orang-orang di Twitter ramai menyuarakan...

Razia Pungli ‘Sair’ Agustusan di Tasikmalaya, Anak-anak Ikut Terjaring

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Pungli dalih Agustusan mulai marak jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI, berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan sumbangan.