Sabtu, 4 Desember 2021
Sabtu, 4 Desember 2021
More

    Upacara di Sungai Peringati HUT RI ke-75 Digelar warga Ciamis

    Berita Ciamis, galuh.id – Upacara di sungai memperingati Hari Ulang Tahun atau HUT RI ke-75 dilakukan warga Janggala Kelurahan Ciamis, Senin (17/8/2020).

    Karena terjadi pandemi Covid-19 sehingga upacara peringatan kemerdekaan RI ke 75 tidak dilakukan terpusat seperti tahun sebelumnya.

    Sehingga ide kreatif dilakukan warga Janggala Kelurahan Ciamis, yang melakukan upacara peringatan kemerdekaan RI di Sungai Cileueur.

    Sungai diatur sedemikian rupa dengan bebatuan dibentuk persegi sebagai lokasi upacara, dan terdapat tiang bendera dari bambu.

    Menambah unik, map yang biasa digunakan untuk petugas upacara, saat upacara yang digelar di sungai map diganti dengan daun pisang.

    Karena pandemi peserta upacara pun dibatasi yaitu sejumlah 30 orang, dengan menggunakan pakaian hitam putih, serta atribut bernuansa merah putih.

    Tidak lupa peserta serta petugas upacara menerapkan protocol kesehatan dengan menggunakan masker dan antara peserta saling jaga jarak.

    Meskipun dilakukan di sungai dan dilakukan dengan unik serta sederhana, upacara peringatan kemerdekaan tersebut berlangsung dengan khidmat.

    Bahkan warga sekitar yang tidak bergabung di sungai pun antusias, terbukti dengan mengikuti upacara di pinggir sungai.

    Upacara HUT RI ke-75 di Sungai Diawali Dengan Membersihkan Sungai

    Upacara ini pertama kali dilaksanakan warga, karena pada masa pandemi Covid-19 tidak ada upacara memeperingati kemerdekaan seperti tahun sebelumnya.

    Selain itu menurut warga Janggala Kelurahan Ciamis, factor lainnya karena tidak memiliki lapangan yang luas untuk upacara.

    Panitia Pelaksana Himawan Sasongko, menyampaikan sengaja digelar di tengah sungai, karena tempat tinggal warga berdekatan dengan bantaran sungai.

    “Kami sengaja menggelar upacara peringatan kemerdekaan HUT RI ke-75 saat ini di sungai, karena dekat dengan tampat tinggal kami,” jelas Himawan.

    Himawan menambahkan digelarnya upacara kemerdekaan yang digelar di sungai tersebut karena masyarakat menggunakan sungai sebagai salah satu sumber air.

    Kemudian Himawan menambahkan sebelum upacara digelar, warga secara bergotong royong membersihkan sungai, hal tersebut dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran warga.

    “Kami terlebih dahulu membersihkan sungai dengan bergotong royong, sekaligus menumbuhkan kesadaran akan kebersihan lingkungan, terutama dari sampah,” jelas  Himawan.

    Sehingga menurut Himawan upacara di sungai selain menumbuhkan rasa patriotisme juga menumbuhkan kesadaran akan kebersihan lingkungan terutama sungai. (GaluhID/Ardiansyah)

    Loading...

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    302PengikutMengikuti
    5,000PelangganBerlangganan