Sabtu, 15 Agustus 2020
Sabtu, 15 Agustus 2020
 
 

Wagub Jabar Minta Kades Maksimalkan Program Desa

Berita Jabar, galuh.id – Wagub Jabar meminta kepada para kepala desa (Kades) agar bisa memaksimalkan program desa untuk kesejahteraan masyarakat desa.

Apalagi, kepala desa merupakan jabatan strategis dalam struktur pemerintahan di Indonesia.

Demikian disampaikan Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, saat menghadiri penutupan Musyawarah Cabang (Muscab) II DPC Apdesi Kabupaten Ciamis.

Menurutnya, kepala desa merupakan ujung tombak pembangunan dan alur pembangunan dari pusat hingga ke desa. Maka, kades juga harus memperhatikan desa.

Baca Juga: BUMD di Jabar Harus Jadi Lokomotif Kebangkitan Ekonomi

”Karena memperhatikan desa sama dengan memperhatikan Kabupaten/Kota, Provinsi, dan NKRI,” ujar Kang UU, di Hotel Tyara Ciamis, Selasa (28/7/2020).

Kang Uu pun menyampaikan selamat atas terpilihnya Kades Ciomas Kecamatan Panjalu Ciamis, Yoyo Wahyono, sebagai Ketua DPC Apdesi Ciamis periode 2020-2025.

Ia berharap, ketua terpilih dan tim formasi bisa membawa kemaslahatan bagi warga desa. Terutama dalam meningkatkan pembangunan demi kesejahteraan desa-desa di Tatar Galuh.

Program Desa Dalam 5 Pilar

Wagub Jabar menjelaskan lima pilar utama untuk memajukan desa di Jabar. Pertama, memperhatikan jalan di desa. Kedua, memperhatikan listrik di desa.

Ketiga, menghadirkan irigasi dan air bersih di perdesaan. Keempat, ada pola komunikasi dengan teknologi dan digitalisasi masuk ke desa.

“Terakhir, meningkatkan pendapatan aparatur desa dan masyarakat desa. Itu yang harus diperhatikan agar urbanisasi di desa semakin maju,” ujarnya.

Jabar sendiri memiliki inovasi bernama Desa Juara dengan tiga pilarnya. Yaitu digitalisasi layanan desa, One Village One Company (OVOC), dan Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa).

Desa Mandiri di Jabar Meningkat

Berkat inovasi tersebut, Indeks Desa Membangun (IDM) Jabar terus meningkat. Status Desa Mandiri di Jabar meningkat dari 98 desa pada 2019 menjadi 269 desa pada Juli 2020.

Ketua DPC Apdesi Ciamis Yoyo Wahyono mengatakan, pihaknya berharap Maskara atau Mobil Aspirasi Kampung Juara, semakin masif diberikan ke desa-desa di Jabar, khususnya Ciamis.

”Untuk Maskara kalau bisa diberikan secepatnya. Karena ada ketimpangan. Ada yang sudah dapat ada yang belum,” katanya.

Yoyo menambahkan, bantuan sosial tahap kedua dari provinsi sudah masuk. Ia pun menyampaikan terima kasih dan berharap bansos tahap ketiga semakin cepat. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

FKR-4 Priangan Timur Gelar The Big Reunion di Tasikmalaya

Berita Tasikmalaya, galuh.id - FKR-4 Priangan Timur gelar acara silaturahmi akbar bertitel The Big Reunion bertempat di Saung Sambal Hejo Tasikmalaya, Sabtu...

Izin Legalitas Produk UMKM di Ciamis Harus Cepat, Mudah, dan Murah

Berita Ciamis, galuh.id – Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meminta agar pengurusan atau izin legalitas produk UMKM bisa dikeluarkan bagi pelaku...

Temukan Kami

49,111FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Epic Games Gugat Google dan Apple, Game Fortnite Menghilang

Epic Games gugat Google dan juga Apple karena salah satu game besutan mereka di-remove. Anda bisa cek di Apps atau Play Store,...

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

Tempat Nongkrong di Tasikmalaya Untuk yang Mulai Bosan di Rumah Aja

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Tempat nongkrong di Tasikmalaya berada di lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh transportasi umum. Tempat nongkrong menjadi tujuan...

Hasil Liga Champions: PSG dan RB Leipzig ke Semifinal

Hasil Liga Champions pertandingan 8 besar pada Kamis (13/8/2020) antara Atalanta vs Paris Saint-Germain (PSG). Laga yang digelar di...

HP Xiaomi Redmi Note 7, Smartphone 2 Jutaan Spek Gahar

HP Xiaomi Redmi Note 7 masih menjadi salah satu smartphone terbaik di tahun 2020 ini terutama di masa New Normal. Ekonomi yang...