Sabtu, 11 Juli 2020
Sabtu, 11 Juli 2020
 
 

Warga Antusias Nonton Film Dokumenter Toleransi Kampung Susuru Ciamis

Ciamis, galuh.id – Komunitas Nonoman Galuh menggelar nonton bareng film dokumenter di Bioskop 3D Perpustakaan Daerah Ciamis, Senin (30/12/2019), film tersebut tentang toleransi keragaman umat beragama masyarakat Kampung Susuru.

Kampung Susuru terletak di Desa Kertajaya, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis. Di kampung itu hidup berdampingan tiga pemeluk agama yaitu Islam, Kristen, dan Sunda Wiwitan.

Tendi Nugraha, ketua penyelenggara mengatakan film dokumenter ini merupakan sebuah karya SMKN 1 Rancah yang telah mendapatkan juara film dokumenter tingkat Jawa Barat antar pelajar SMA, SMK, MA dan sederajat.

“Kegiatan ini menjadi ruang bagi Nonoman Galuh untuk mengapresiasi sebuah karya film dokumenter hasil dari SMKN 1 Rancah yang sudah menjuarai di tingkat jabar. Mudah-mudahan bisa memotivasi bagi sekolah lain untuk berkarya di bidang perfilman,” ujarnya.

Para pemuda Ciamis untuk menyaksikan film ini, kata Tendi, sudah terdata sekitar 150 orang yang akan nonton.

“Alhamdulilah antusias masyarakat dan para pemuda Ciamis sangat bagus dibuktikan dengan data yang daftar selama 3 hari sudah 150 orang. Ini membuat kami semangat untuk mengadakan kembali dengan film-film dokumenter yang lainnya,” ucapnya.

Kegiatan nonton film ini melihat kondisi bangsa Indonesia dengan isu ujaran kebencian dan pelarangan pembangunan tempat ibadah.

“Sehingga kami tergerak untuk mengedukasi masyarakat terutama para pemuda untuk saling menghargai dan menjaga kerukunan antar umat beragama,” tuturnya.

Tendi menegaskan Indonesia dibangun oleh keberagaman suku, ras, agama dan budaya. Perbedaan tersebut selayaknya sudah menjadi hal yang lumrah di Indonesia ini.

“Kita harus menerima perbedaan ini, alangkah indahnya hidup berdampingan saling menghormati dan menghargai, karena hidup damai itu nyaman,” pungkasnya.

Sementara itu, Yat Rospia Brata, Ketua Dewan Kebudayaan Ciamis sekaligus Rektor Universitas Galuh mengapresiasi kegiatan ini.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena jarang-jarang ada kegiatan seperti ini. terima kasih kepada Nonoman Galuh yang sangat-sangat memperhatikan tentang toleransi antar umat beragama,” ucapnya.

Yat mengatakan kreatifitas ini sangat ditunggu-tunggu, ini sebagai pembuktian bahwa Ciamis sangat toleransi terhadap perbedaan dan menjaga kerukunan antar umat beragama.

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini terus berlanjut untuk mewariskan kepada generasi muda Ciamis untuk menerima dan menghargai perbedaan,” pungkasnya. (GaluhID/Arul)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,382FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Hasil Coppa Italia 2020, Kegagalan Juventus Eksekusi Adu Finalti

Berita Olahraga, galuh.id - Hasil Coppa Italia 2020 sungguh sangat mengejutkan publik, dimana Juventus tim yang diunggulkan gagal meraih juara. Cristiano Ronaldo...

HP Vivo Y50 Turun Harga Jadi Rp 3.449.000, Minat?

HP Vivo Y50 sedang melakukan promo diskon sebesar Rp 200.000 untuk setiap pembelian dari Vivo store. HP Vivo ini...

Persiraja Banda Aceh ‘Bajak’ Pelatih Fisik Semen Padang

Info Liga 1, galuh.id - Setelah sukses mendaratkan sejumlah pemain, Persiraja Banda Aceh juga dikabarkan berhasil membujuk eks pelatih fisik Semen Padang, Irwansyah...

Heri Rafni Kotari: Kepemimpinan Herdiat Insya Alloh PSGC Naik ke Liga 1

Kawali, galuh.id - Heri Rafni Kotari (HRK), pelatih PSGC Ciamis mengatakan jika dalam kepemimpinan Herdiat Sunarya, bupati terpilih Kabupaten Ciamis, PSGC akan naik ke...

Karang Taruna Batununggul Desa Mekarmukti Cisaga Gelar Nonton Bareng Film G30S/PKI

Ciamis, Galuh ID - Bulan September berkaitan erat dengan peristiwa bersejarah di Indonesia, yaitu Pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) atau yang lebih dikenal dengan...