Wisata Sejarah di Ciamis: Situs Astana Gede Kawali

Kawali, galuh.id – Sejarah tidak boleh dilupakan, begitu pula dengan wisata situs sejarah. Salah satu wisata sejarah di Ciamis, Jawa Barat, adalah Situs Astana Gede Kawali. Tempat ini adalah ibukota Kerajaan Galuh yang berdiri sejak abad ke-7.

Situs Astana Gede Kawali berlokasi di Dusun Indrayasa, Kecamatan Kawali, sekitar 21 kilometer ke Utara dari pusat Kota Ciamis. Di Situs Astana Gede Kawali terdapat sejumlah peninggalan arkeologi, di sini para pengunjung dapat menemukan batu prasasti, batu menhir, dan makam.

Salah satu peninggalan sejarah yang menarik adalah sebuah batu berukuran besar di halaman situs budaya Astana Gede Kawali. Namanya Batu Sanghyang Bongkok atau penduduk sekitar menyebutnya batu jubleg yang berarti batu sebagai tapak rumah.

Batu Sanghyang Bongkok di Astana Gede Kawali

Masyarakat sekitar meyakini Batu Sanghyang Bongkok ini memiliki misteri karena konon tak bisa dihancurkan.

Baca Juga: Kisah Batu Sanghyang Bongkok di Astana Gede Kawali Ciamis

Batu tersebut ditemukan pada 2008 ketika pemerintah desa setempat hendak membuat lapangan sepak bola. Lantaran batu itu berada di area yang hendak digunakan sebagai lapangan, maka sejumlah pekerja mencoba menghancurkannya.

Berbagai upaya untuk menghancurkan batu itu sia-sia. Para pekerja sudah mencoba cara manual hingga menggunakan alat berat, namun Batu Sanghyang Bongkok tetap kukuh di tempatnya.

“Kabarnya ada pekerja yang meninggal beberapa hari seusai mencoba menghancurkan batu itu dan mesin alat berat yang akan dipakai untuk meratakan batu dengan tanah mendadak mati,” kata Dudung, warga Kawali.

Batu Sanghyang Bongkok di pelataran Situs Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto: Dok Galuh ID

Ketika mencoba menghancurkan batu tersebut, penduduk sekitar dan para pekerja banyak menemukan benda bersejarah, seperti keramik dan lainnya.

Sisi misterius batu itu kian menjadi ketika ada penduduk sekitar yang mengaku melihat hal-hal gaib di sekitarnya.

Pada malam-malam tertentu, beberapa orang sempat melihat sosok kakek berjubah putih, berjenggot panjang, dan bertubuh bungkuk tengah mengelilingi atau duduk di atas batu tersebut. Sebab itu disebut Batu Sanghyang Bungkuk.

Dudung mengatakan usaha untuk memecahkan batu itu sampai mendatangkan paranormal dan melakukan ritual. Tetapi batu tersebut tak bisa dihancurkan.

Pemerintah desa juga mendatangkan ahli purbakala karena mungkin saja itu batu yang memiliki jejak sejarah. Tapi hasilnya ini hanya batu biasa. Pemerintah kemudian membangun pagar dan atap yang mengelilingi Batu Sanghyang Bongkok yang ada di wisata sejarah di Ciamis ini. (galuh.id/Maisyara)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Serunya Menikmati Pemandangan Situ Mustika Kota Banjar

Berita Banjar, galuh.id - Bagi warga kota Banjar Jawa Barat, nama Situ Mustika Kota Banjar, Jawa Barat menjadi tempat yang tidak asing...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Temukan Kami

49,380FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Hasil dan Klasemen Liga 1 2020, Setelah Tiga Tim Promosi Kompak Raih Poin

Hasil dan Klasemen Liga 1 2020, Setelah Tiga Tim Promosi Kompak Raih Poin Info Liga 1, galuh.id -...

Klasemen Liga 2: Nasib Persewar dan Persatu, Serta Cerita Lain di Wilayah Timur

Info Liga 2, galuh.id – Lanjutan pertandingan Liga 2 Indonesia fase babak pendahuluan sudah memasuki fase akhir. Seluruh tim yang bertanding punya...

Hujan dan Angin Robohkan Pepohonan, Satu Rumah Hancur di Giriharja Kecamatan Rancah

CIAMIS- Hujan dan angin kencang yang terjadi mulai pukul 13.30 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB pada hari ini (26/2) di wilayah Lengkob Cijolang...

Sewindu Bersamamu, Anniversary Balad Galuh Ke-8

Stadion Galuh, galuh.id - Balad Galuh, salah satu supporter PSGC Ciamis merayakan anniversary-nya yang ke-8 tahun. Rencananya puncak acara akan digelar di...

Pemkab Ciamis Terima Bantuan 2,2 Ton Telur Ayam dan 200 Paket Sembako

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah Kabupaten Ciamis menerima bantuan 2,2 ton telur ayam dan 200 paket sembako. Bantuan diterima langsung oleh Bupati...