Senin, 13 Juli 2020
Senin, 13 Juli 2020
 
 

2 Oleh-oleh Andalan Kota Ciamis

Ciamis, galuh.id – Makanan yang terbuat dari ampas minyak kelapa itu memang identik dengan Ciamis, dimana Ciamis merupakan salah satu penghasil kelapa terbesar di Jawa Barat.

Berikut adalah 2 oleh-oleh andalan Kota Ciamis:

Galendo

Makanan ini terbuat dari saripati minyak kelapa yang mengendap pada waktu pembuatan minyak kelapa, kemudian diolah menjadi makanan yang enak dan gurih.

Sekarang galendo telah dikembangkan baik rasa maupun kemasannya dan pemasarannya pun telah menembus kota-kota besar.

Sale & Keripik Pisang

Salah satu oleh oleh andalan kota ciamis lainnya adalah sale dan keripik Pisang.

Sale dan keripik Pisang ini dibuat dari bahan baku pisang siem.

Diproduksi sebagai produk rumahan yang sudah di pasarkan sampai ke mancanegara. Salah satu produksi Sale & Keripik pisang yang paling terkenal adalah sale keripik pisang “SBY”.

Berasal dari Kampung Karang Layung Desa/Kecamatan Cijeungjing, kabupaten Ciamis, Pernah meraih penghargaan Upakarti Jasa Kepeloporan yang diserahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Mantan Presiden Republik Indonesia (RI) ke 6 ini, kerap datang langsung ke pabrik pisang sale Sukasenang, Cijeungjing Ciamis.

Dia melihat langsung saat memproduksi pisang salenya, bahkan mencicipi pisang sale di tempat produksi.

Menurutnya, pisang sale Ciamis memiliki rasa yang enak dan beda dengan daerah lainnya. Susilo Bambang Yudhoyono selalu datang keluarganya.

Sejak mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono datang ke Ciamis untuk membeli pisang sale, kini Ciamis dikenal dengan kuliner pisang salenya.

Di kota Ciamis, tersedia juga beragam sale pisang, mulai dari sale ambon, sale tipis, sale gulung, sale bulat, dan sale molen.

Juga tersedia keripik pisang dengan beragam rasa, mulai dari rasa keju, moka, manis pedas dan rasa madu. Semuanya menjadi oleh oleh andalan para perantau yang mudik ke ciamis.
(galuh.id/abah)

Loading...
loading...

Related Articles

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Temukan Kami

49,367FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Kakek Terjatuh dari Jembatan di Bojong Ciamis, Meninggal di Tempat

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang Kakek terjatuh dari jembatan di Bojong Cijeungjing Ciamis hingga menghembuskan nafas terakhirnya dengan tragis, Senin (13/7/2020).

Jadwal MotoGP 2020: Kembali Mengaspal 19 Juli

Berita Olahraga, galuh.id - Jadwal MotoGP 2020 telah dirilis, jutaan fan bisa menyaksikan para rider dunia kembali mengaspal di seri pembuka pada...

Pernah Jadi Pacar Lee Min Ho, Simak 3 Sosok Wanita yang Bikin Iri

Lee Min Ho adalah aktor Korea yang membintangi drama The King: Eternal Monarch. Selain tampan dan pandai berakting, Lee Min Ho juga...

3 Film Korea Terbaik Gong Yoo

Ada 3 film korea terbaik Gong Yoo yang bisa kita tonton. Pada tanggal 10 Juli lalu, Gong Yoo berumur 41 tahun (42...

Norwich vs West Ham: Empat Gol Antonio Kirim The Canaries Degradasi

Berita Olahraga, galuh.id - Laga pembuka pekan ke-35 Liga Inggris akhir pekan ini, dibuka laga Norwich vs West Ham berjalan menarik dan...