Kamis, 25 Februari 2021
Kamis, 25 Februari 2021
 
 

2 Oleh-oleh Andalan Kota Ciamis

Ciamis, galuh.id – Makanan yang terbuat dari ampas minyak kelapa itu memang identik dengan Ciamis, dimana Ciamis merupakan salah satu penghasil kelapa terbesar di Jawa Barat.

Berikut adalah 2 oleh-oleh andalan Kota Ciamis:

Galendo

Makanan ini terbuat dari saripati minyak kelapa yang mengendap pada waktu pembuatan minyak kelapa, kemudian diolah menjadi makanan yang enak dan gurih.

Sekarang galendo telah dikembangkan baik rasa maupun kemasannya dan pemasarannya pun telah menembus kota-kota besar.

Sale & Keripik Pisang

Salah satu oleh oleh andalan kota ciamis lainnya adalah sale dan keripik Pisang.

Sale dan keripik Pisang ini dibuat dari bahan baku pisang siem.

Diproduksi sebagai produk rumahan yang sudah di pasarkan sampai ke mancanegara. Salah satu produksi Sale & Keripik pisang yang paling terkenal adalah sale keripik pisang “SBY”.

Berasal dari Kampung Karang Layung Desa/Kecamatan Cijeungjing, kabupaten Ciamis, Pernah meraih penghargaan Upakarti Jasa Kepeloporan yang diserahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Mantan Presiden Republik Indonesia (RI) ke 6 ini, kerap datang langsung ke pabrik pisang sale Sukasenang, Cijeungjing Ciamis.

Dia melihat langsung saat memproduksi pisang salenya, bahkan mencicipi pisang sale di tempat produksi.

Menurutnya, pisang sale Ciamis memiliki rasa yang enak dan beda dengan daerah lainnya. Susilo Bambang Yudhoyono selalu datang keluarganya.

Sejak mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono datang ke Ciamis untuk membeli pisang sale, kini Ciamis dikenal dengan kuliner pisang salenya.

Di kota Ciamis, tersedia juga beragam sale pisang, mulai dari sale ambon, sale tipis, sale gulung, sale bulat, dan sale molen.

Juga tersedia keripik pisang dengan beragam rasa, mulai dari rasa keju, moka, manis pedas dan rasa madu. Semuanya menjadi oleh oleh andalan para perantau yang mudik ke ciamis.
(galuh.id/abah)

Loading...

Artikel Terkait

Resahkan Warga, Sarang Tawon Vespa di Pamarican Ciamis Dievakuasi

Berita Ciamis, galuh.id - Sarang Tawon Vespa yang meresahkan warga Ciamis pada Selasa (23/2/2021) malam berhasil dievakuasi. Berlokasi di rumah Syarief (57) warga Desa Bantarsari,...

18 Nakes di Puskesmas Ciamis Positif Covid-19, 1 Orang Terpapar 2 Kali

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 18 tenaga kesehatan atau nakes di Puskesmas Ciamis positif Covid-19. Sebagian diantaranya ada yang sudah menjalani vaksinasi. Bahkan ada seorang...

Laporan Pansus Ranwal Perubahan RPJMD 2019-2024, Bupati dan DPRD Ciamis Beri Persetujuan

Berita Ciamis, galuh.id - Pantia khusus Rancangan Awal (Ranwal) Perubahan melaporkan hasil kajian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah atau RPJMD 2019-2024 Kabupaten Ciamis. Pada Senin,...

Temukan Kami

47,944FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya