Sabtu, 28 November 2020
Sabtu, 28 November 2020
 
 

Acara Habib Rizieq di Bogor Menuai Sorotan, Ridwan Kamil Diperiksa Bareskrim Polri

Hubungi Kami

Berita Jabar, galuh.id – Gubernur Jabar Ridwan Kamil telah melakukan klarifikasi kepada penyidik Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) Jakarta Selatan atas acara Habib Rizieq di Bogor.

Klarifikasi tersebut terkait dugaan adanya pelanggaran protokol kesehatan (prokes) kerumunan massa Habib Rizieq yang menuai sorotan di Megamendung, Kabupaten Bogor.

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil melakukan klarifikasi ke penyidik Bareskrim Polri selama kurang lebih tujuh jam.

”Penyidik memberikan pertanyaan seputar aturan penyelenggaraan kegiatan selama pandemi Covid-19,” kata Kang Emil, sapaan akrabnya, dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jumat (20/11/2020).

Kepada penyidik, ia sampaikan bahwa di Jabar aturan penyelenggaraan kegiatan itu berdasarkan kebijakan bupati/wali kota masing-masing karena merupakan daerah otonom.

Selaku pimpinan, ia pun meminta minta maaf atas kesalahannya. Namun secara teknis, tidak semua urusan dan tanggung jawab perizinan kegiatan ada di Gubernur, jelas Emil.

Ia menuturkan perizinan acara itu hanya sebatas penyelenggaraan salat Jumat bersama serta peletakan batu pertama. Pihak TNI pun telah meminta kepada panitia agar mencegah adanya kerumunan.

”Tapi pada saat hari H ada euforia dari masyarakat yang tidak dapat dicegah,” tutur Emil.

Acara Habib Rizieq di Bogor Menuai Sorotan, 5 Orang Positif Covid-19

Ia menegaskan, pemerintah provinsi Jawa Barat pun telah melakukan swab test kepada 400 massa di Megamendung saat itu. Hasilnya, sebanyak 5 orang positif Covid-19.

Hasil dari pengetesan itu menunjukan bahwa kerumunan massa berpotensi menjadi sarana penyebaran Covid-19.

“Kesimpulannya, kerumuman itu membahayakan. Buktinya 5 dari ratusan yang kita periksa lewat swab antigen menunjukan bahwa mereka positif Covid-19,” ungkapnya.

Selain itu, ada juga sejumlah konsekuensi lain dari acara yang menghadirkan ratusan orang tersebut.

Salah satunya adalah pencopotanan jabatan Kapolda Jabar dan pemanggilan para kepala daerah, termasuk Gubernur Jabar oleh Bareskrim Polri.

Secara moril, ia sangat meyakini bahwa semua keputusan dan dinamika yang ada di Jawa Barat adalah tanggung jawab dirinya sebagai gubernur.

”Sehingga dalam kapasitas itu. Apa yang terjadi, positif dan negatif menjadi tanggung jawab saya,” ucap Emil.

Kepala Biro Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jabar mendampingi Ridwan Kamil saat melakukan kalrifikasi kepada penyidik Bareskrim Polri. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Hari Guru Nasional, Johan J Anwari Kenang Jasa Pendidik

Berita Jabar, galuh.id - Hari ini, tanggal 25 November 2020 seluruh guru di Indonesia secara serentak memperingati Hari Guru Nasional.

Bansos Jabar Tahap III Tuntas 100 Persen, 1,9 Juta KRTS Terima Bantuan

Berita Jabar, galuh.id - Pendistribusian bansos Jabar tahap III tuntas 100 persen. Dari sebanyak 1.900.688 KRTS atau Keluarga Rumah Tangga Sasaran penerima...

UMK Jabar 2021 Ditetapkan, Ini Daerah Upah Tertinggi Sampai Terendah

Berita Jabar, galuh.id - Pemerintah daerah provinsi Jabar melalui Keputusan Gubernur (Kepgub) telah menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di wilayah Jawa Barat...

Temukan Kami

48,648FansSuka
214PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Manga One Piece 997, Sanji Terkena Jebakan Black Maria

Manga One Piece 997 akan menjadi penyelesaian misteri yang sebelumnya sempat menjadi perbincangan hangat para penggemar dunia. Pada chapter...

Kasus Covid-19 Meningkat, ASN di Ciamis Dilarang ke Luar Daerah

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis berupaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 dengan mengeluarkan SK Bupati tentang larangan bagi para ASN yang hendak ke...

Spesifikasi OPPO Reno4 Z 5G, HP dengan RAM 8GB

Spesifikasi HP OPPO Reno4 Z 5G memiliki kemampuan dan kinerja yang mumpuni sehingga cocok untuk berbagai kalangan, terutama anak muda.

HP OPPO A15 Resmi Melenggang, Harga 2 Jutaan Saja

HP Oppo A15 sontak membuat public mengejutkan, pasalnya dengan bandrol harga 2 jutaan saja sudah menyuguhkan 3 kamera utama.

Kartu Prakerja Bagikan Hadiah Puluhan Juta, Begini Cara Dapatnya

Kartu Prakerja bagikan hadiah puluhan juta bagi pemilik akun Kartu Prakerja. Ini adalah kesempatan bagi masyarakat, siapa tahu keberuntungan bisa jadi milik...