Senin, 8 Maret 2021
Senin, 8 Maret 2021
 
 

Eksotis Alam Gunung Sawal, Sumber Kehidupan Masyarakat Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id – Eksotis Alam Gunung Sawal merupakan surga bagi seluruh flora dan fauna yang dilindungi. Sumber daya alam yang ada di Gunung Sawal bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Banyak hal yang akan ditemui jika menelusuri setiap sudut kawasan hutan gunung yang berada di Tatar Galuh Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.

Gunung Sawal ini menjadi icon Kabupaten Ciamis. Gunung yang berada di ketinggian 1764 mdpl ini meliputi beberapa kecamatan diantaranya Cihaurbeuti, Panumbangan, Sindangkasih, Cikoneng, Sadananya, Cipaku, Kawali dan Panjalu.

Ada yang menjadi perhatian tersendiri dikawasan hutan Gunung Sawal ini yaitu dengan adanya beberapa jenis fauna yang langka. Fauna tersebut diantaranya macan kumbang, meong congkok dan macan tutul yang masih hidup bebas dikawasan hutan ini.

Hutan Alam Gunung Sawal Masih Terjaga Dengan Baik

Selain itu keragaman flora di hutan Gunung Sawal juga masih terjaga dengan baik, banyak jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Karena  keragaman flora dan fauna ini, Gunung Sawal ditetapkan sebagai kawasan Suaka Marga Satwa pada tahun 1979.

Memiliki luas sekitar 5400 hektar, Gunung Sawal juga menyimpan beberapa mata air jernih dan aliran sungai yang menjadi sumber kehidupan.

Aliran sungai Citanduy mengalir di bawah kaki Gunung Sawal. Dari hulu sungai Citanduy, aliran air mengalir ke berbagai sungai yang berada di Kabupaten Ciamis.

Bahkan beberapa air terjun atau yang lebih dikenal oleh masyarakat sunda dengan sebutan “Curug” ada di sekeliling Gunung Sawal.

Sebut saja diantaranya Curug Tujuh Cibolang yang berada di Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu dan Curug Salosin yang berada di Desa Sukahurip, Kecamatan Cihaurbeuti.

Dua Curug tersebut telah menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah.

Selain itu, sumber air yang berada di Gunung Sawal juga mengalir ke sejumlah objek wisata di Ciamis seperti Situ Lengkong, danau yang terletak di Kecamatan Panjalu.

Selain itu juga, Gunung Sawal jadi sumber air untuk Situ Wangi di Desa Winduraja Kecamatan Kawali, Wisata Alam Sungai Cireong di Desa Sukaresik Kecamatan Sindangkasih.  Selanjutnya ada Cadas Ngampar di Desa Gunungsari, Kecamatan Sadananya, dan Karangkamulyan.

Sungai Citanduy untuk Wisata Arum Jeram

Arum jeram makin diminati wisatawan dari luar Kabupaten Ciamis. Salah seorang yang pernah menjajal adrenalin di aliran sungai Citanduy adalah Charly Van Houten, penyanyi mantan vokalis ST12.

Hulu sungai Citanduy berada di Gunung Sawal, muaranya berada di dekat kota Cilacap menuju ke Samudra Hindia membentuk suatu delta yang disebut “Muara Citanduy.”

Bagi Para Petualang, Eksotis hutan alam Gunung Sawal nampaknya menjadi rekomendasi untuk menjajal setiap keindahan yang berada didalamnya.  

Ganasnya alam Gunung Sawal memang bukan untuk ditantang. Sebaliknya, alam justru akan menjadi sahabat yang menyenangkan, manakala setiap insan sepenuhnya menyadari bahwa alam adalah bagian dari kehidupan. (GaluhID/Mata Nagga)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Kerajinan Kayu Buatan Ciamis Tetap Bertahan Saat Pandemi Covid-19

Berita Ciamis, galuh.id - Kerajinan kayu buatan Ciamis tetap bertahan meski berada dalam situasi sulit akibat pandemi Covid-19. Pandemi Corona membuat sejumlah pengusaha gulung tikar...

Askab PSSI Ciamis Gelar Seleksi Timnas U-16 dan U-19

Berita Ciamis, galuh.id - Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Ciamis menggelar seleksi Timnas U-16 dan U-19 tingkat daerah. Kegiatan tersebut bertempat di lapang sepak bola Linggasari...

Penderita Thalassemia di Ciamis Ini Berhasil Jadi Sarjana

Berita Ciamis, galuh.id - Berhasil meraih sarjana, warga Desa Sirnabaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis meskipun menderita thalassemia sejak bayi. Adalah Ulwan Amrulloh, yang berhasil meraih...

Temukan Kami

47,892FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya