Selasa, 3 Agustus 2021
Selasa, 3 Agustus 2021
BJB

Benteng SDN 2 Mekarsari Ciamis Ambruk, 1 Rumah Rusak

Berita Ciamis, galuh.id – Benteng pagar Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Mekarsari Cipaku Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk dan menimpa rumah warga.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, pihak sekolah mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Kepala SDN 2 Mekarsari, Hamim, mengatakan ambruknya benteng pagar sekolah akibat guyuran hujan deras. Sekolah mengalami kerugian sekitar Rp 300 juta.

Selain benteng pagar ambruk, bangunan sekolah dasar itu pun lanjut Hamim terancam longsor.

“Material longsoran juga menimpa satu unit rumah warga yang berada di bawahnya hingga mengalami kerusakan yang sangat parah,” ujar Hamim, Jumat (26/3/2021).

Hamim berharap bisa secepatnya pembangunan kembali benteng pagar SDN 2 Mekarsari. Sebab, bangunan sekolah rentan terjadi longsor susulan.

Camat Cipaku, Yayan, mengatakan dari laporan pihak sekolah dan Pemdes Mekarsari, ambruknya benteng SDN 2 Mekarsari terjadi pada Kamis (26/3/2021) sekitar pukul 18.00 WIB.

Benteng pagar sekolah ambruk ketika hujan deras serta dengan adanya angin kencang. “Hingga saat ini belum memutuskan upaya yang akan dilakukan,” kata Yayan.

Namun lanjutnya, untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan serta air bah, sekolah butuh bantuan yang bersifat mendesak. Yaitu berupa bronjong penahan tanah longsor.

“Bila tidak secepatnya menangani dapat berpotensi terjadi longsor susulan. Akibatnya bisa terjadi kerusakan yang lebih parah dan tanah longsor semakin melebar,” ungkap Yayan.

Pihaknya pun telah melaporkan kejadian tersebut ke pemkab Ciamis. Ia berharap kebutuhan sekolah untuk proses antisipasi longsor susulan bisa secepatnya terkabulkan. (GaluhID/Aldi)

Editor : Evi

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan